Nama : Silvia Jihan Dwi Arind
NIM : 41618010042
Rencana bisnis adalah dokumen tertulis yang menjelaskan
secara terperinci bagaimana suatu bisnis akan mencapai tujuannya. Biasanya
rencana bisnis ini dibuat oleh bisnis baru. Di dalamnya menjabarkan rencana
tertulis dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional.
Rencana bisnis adalah alat mendasar yang dibutuhkan bisnis
startup sebelum memulai operasinya. Biasanya, bank dan perusahaan modal ventura
membuat rencana bisnis yang layak sebagai prasyarat untuk investasi dana dalam
bisnis.
Rencana bisnis yang baik harus menguraikan semua biaya
dan kejatuhan dari setiap keputusan yang diambil perusahaan. Rencana bisnis,
bahkan di antara para pesaing dalam industri yang sama, jarang identik. Tetapi
mereka semua cenderung memiliki elemen yang sama, termasuk ringkasan eksekutif
dari bisnis dan termasuk deskripsi rinci tentang bisnis, layanan dan / atau
produknya. Ini juga menyatakan bagaimana bisnis bermaksud untuk mencapai
tujuannya.
Elemen Rencana Bisnis
Ringkasan eksekutif: Bagian ini
menguraikan perusahaan dan menyertakan pernyataan misi beserta informasi apa
pun tentang kepemimpinan, karyawan, operasi, dan lokasi perusahaan.
Produk dan layanan: Di sini, perusahaan
dapat menguraikan produk dan layanan yang akan ditawarkannya, dan mungkin juga
mencakup harga, masa pakai produk, dan manfaat bagi konsumen. Faktor-faktor
lain yang mungkin masuk ke bagian ini termasuk proses produksi dan manufaktur,
paten apa pun yang mungkin dimiliki perusahaan, serta teknologi yang
dipatenkan. Setiap informasi tentang penelitian dan pengembangan (R&D) juga
dapat dimasukkan di sini.
Analisis Sumber Daya
Manusia : Analisis sumber daya
manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang
yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.
Analisis pasar: Suatu perusahaan
membutuhkan penanganan industri yang baik serta target pasarnya. Ini akan
menguraikan persaingan dan bagaimana faktornya dalam industri, bersama dengan
kekuatan dan kelemahannya.
Strategi pemasaran: Area ini menjelaskan
bagaimana perusahaan akan menarik dan mempertahankan basis pelanggannya dan
bagaimana bermaksud untuk menjangkau konsumen. Ini berarti saluran distribusi
yang jelas harus diuraikan.
Perencanaan keuangan: Untuk menarik pihak
yang membaca rencana bisnis, perusahaan harus memasukkan perencanaan keuangan
dan / atau proyeksi. Laporan keuangan, neraca, dan informasi keuangan lainnya
dapat dimasukkan untuk bisnis yang sudah mapan. Bisnis baru dapat mencakup
target untuk beberapa tahun pertama bisnis dan calon investor.
Anggaran: Setiap perusahaan yang
baik perlu memiliki anggaran. Ini termasuk biaya yang terkait dengan
kepegawaian, pengembangan, produksi, pemasaran, dan pengeluaran lain apa pun
yang terkait dengan bisnis.
Pertimbangan Khusus
Proyeksi Keuangan
Rencana bisnis yang lengkap harus mencakup serangkaian
proyeksi keuangan untuk bisnis. Laporan keuangan proyeksi masa depan ini sering
disebut laporan keuangan pro-forma. Mereka termasuk keseluruhan anggaran,
pembiayaan saat ini dan yang diproyeksikan, analisis pasar, dan pendekatan
strategi pemasarannya.
Daftar Pustaka
Melvin.2020. Contoh Business Plan dan Cara
Membuat Rencana Bisnis
https://www.finansialku.com/membuat-rencana-bisnis-atau-business-plan/
(Diakses pada 06 April 2020)
Anon.2020. Apa itu rencana bisnis?
https://www.wartaekonomi.co.id/read228855/apa-itu-rencana-bisnis
(Diakses pada 06 April 2020)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar