NIM: 41819010057
Nama Usaha: JASTIP BY FE.
Jenis Usaha: Jasa Titip
Jenis Usaha: Jasa Titip
Bagi para pebisnis atau
wirausaha, merupakan suatu kewajiban untuk memproyeksikan usaha yang dimiliki
dengan merencanakannya dengan baik. Maju atau tidaknya suatu usaha, ditentukan
dari perencanaan tersebut. Sebelum menentukan rencana, kelompok bisnis saya menganalisis situasi sebelum mensintesis
wawasan baru, dan kemudian menganalisis temuan yang disintesis sekali lagi
untuk membuat sintesis yang lebih rinci. Seperti halnya bisnis jasa
titip kami yang berbasis online, maka akan langsung muncul pertanyaan. Apakah
untuk memulai bisnis ini harus menunggu modal dari investor atau langsung
“nekat” saja menangkap peluang yang ada di depan mata?
Saya sebagai ketua kelompok
bisnis ini menganggap bahwa peluang adalah hal pertama yang harus di incar
sejak pertama kali terpikirkan ide untuk memulai usaha online. Menurut saya, tak harus tergesa gesa untuk membuka sebuah usaha
online yang besar, dengan membuat sebuah website khusus, ataupun memamerkan setiap
stok produk yang dimiliki dapat dilakukan secara terencana. Bahkan kami dapat
memulai bisnis hanya menggunakan apa yang sudah ada. Diantaranya adalah
teknologi marketplace yang banyak di internet seperti misalnya shopee ataupun
sosial media Instagram. Lewat cara ini, kelompok binis saya tak perlu
terepotkan. Kami dapat hanya menciptakan produk berdasarkan keinginan konsumen
yang harus membayar terlebih dahulu. Saya menganggap peluang usaha online bisa
dimulai bahkan dengan yang tanpa modal besar sekalipun.
Berikut ini saya akan menyertakan
beberapa hal yang menjadi sebuah sebuah rencana bisnis atau business plan pada
bisnis ini.
1. Ringkasan
Eksekutif
Ringkasan
eksekutif bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan
bisnis. Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana
bisnis atau business plan.
Bisnis saya ini
merupakan bisnis dalam bidang jasa. Jasa yang ditawarkan yaitu jasa titipan
pakaian secara online di dalam negeri. Bisnis ini memiliki visi menjadi jasa
titip belanja online yang terpercaya, dan selalu menjaga kepuasan pelanggan.
Sedangkan misi untuk memastikan kondisi pesanan sampai ketujuan dalam keadaan
baik dan tepatwaktu untuk menjaga kepuasan pelanggan.
2. Analisa
Pasar dan pemasaran
Analisis pasar
dan pemasaran bercerita mengenai strategi kita melakukan pemasaran produk.
Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing
plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.
Strategi dalam
bisnis ini berfokus pada pemasaran digital melalui media social. Karena media
sosial adalah cara yang sangat mudah dan hemat biaya untuk menjangkau saat ini
dan pelanggan potensial.
3. Analisis
Produksi
Analisis
produksi menjelaskan sistem operasi bisnis kita. Misal bisnis kita adalah jenis
produksi atau manufaktur, perlu diketahui bagaimana proses dari penerimaan
pesanan, produksi, distribusi barang-barang dan penagihan.
Bisnis jasa
titip ini menawarkan bantuan kepada orangorang yang membutuhkan atau ingin
membeli sesuatu tetapi tidak dapat pergi ke tempat yang diinginkan untuk
membeli sendiri karena berbagai alasan.
4. Analisis
Sumber Daya Manusia
Analisis sumber
daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah
orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.
Orang-orang yang
dibutuhkan yaitu mereka yang dapat menjaga kepercayaan pelanggan dengan menciptakan
suasana dan metode pemasaran yang bisa membuat pelanggan jasa titip beli ini
merasa sentuhan personal dan customized. Jika sukses membentuk suasana seperti
itu, maka ada peluang mendapatkan pelanggan setia, sehingga bisnis ini
berpeluang membukukan pendapatan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.
5. Analisis
Keuangan
Analisis
keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan
pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas
investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage)
dan lainnya.
Misal, produk
yang dititip:
NO.
|
BARANG
|
JUMLAH
|
HARGA
|
HARGA JASTIP
|
KEUNTUNGAN
|
WAKTU/HARI
|
1.
|
Cotton T-shirt
H&M (Khaki Green/Patterned)
|
1
|
Rp. 70.000
|
Rp. 85.000
|
Rp. 15.000
|
-
|
6. Rencana
Pengembangan Usaha
Rencana
pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting bagi seorang
investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat.
Termasuk didalamnya adalah rencana keluar atau exit strategy dari bisnis kita.
Rencana
pengembangan bisnis ini yaitu dengan memberikan pelayanan jasa yang baik. Seperti
cepat dalam membelikan barang titipan dan mengetahui kualitas barang yang
dibeli dengan baik. Lalu mengirimkannya secepat mungkin untuk memaksimalkan
penilaian performa di mata penitip. Tidak lupa untuk tetap menjaga hubungan dan
berkomunikasi dengan baik saat menawarkan jasa dan membuat banyak orang tahu
kalau jasa titip ini memang terpercaya. Selain itu, kami menggunakan media
sosial sebagai ajang promosi untuk mencari tahu barang apa yang tengah naik
daun.
7. Risiko
Usaha
Risiko usaha
adalah hal-hal yang terkait risiko atas bisnis kita, misal risiko operasional,
risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan dan lainnya.
Resiko yang perlu
diwaspadai pada bisnis ini yaitu:
·
Menjadi penalang
Ketika memilih untuk tidak meminta uang muka terlebih
dulu jika ada yang ingin titip beli barang, maka harus siap mengeluarkan modal
cukup banyak untuk menalangi belanjaan pelanggan. Namun jika memang modal tak
banyak, tidak ada salahnya meminta uang pembayaran terlebih dahulu. Hal yang
dapat dilakukan untuk menghindari resiko
ini yaitu memikirkan bagaimana sistem pembayaran yang akan di terapkan.
·
Harga naik
Kenaikan harga ini bisa jadi tidak terprediksi
sebelumnya. Saat sudah terlanjur membanderol harga barang dan mencapai
kesepakatan harga dengan pelanggan, lalu tiba-tiba harga naik. Hal yang dapat
dilakukan yaitu menyiasatinya dengan mendiskusikannya kembali dengan pelanggan
Anda.
·
Sulit mendapat pelanggan
Bisnis jastip bertumpu pada kepercayaan konsumen.
Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen juga bukan perkara yang mudah.
Butuh proses panjang agar konsumen bisa percaya. Hal yang dapat dilakukan yaitu
mengumpulkan testimoni dari pelanggan itu penting dan meluangkan waktu untuk
melakukan pemasaran melalui Instagram maupun Whatsapp.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar