Dibuat oleh : Kresna Wijaya Kesuma (43118010252) @Q28-KRESNA
Pertama-tama yang saya lakukan
untuk melakukan define rencana bisnis yaitu dengan mengetahui apa yang akan saya dan kelompok saya bisniskan dan apa keahlian
yang saya miliki untuk melakukan bisnis. Apakah saya mampu untuk melakukaknnya untuk jangka kedepan dan untuk jangka panjang? Apakah saya sanggup dengan resiko-resiko yang akan terjadi pada saat bisnis itu berjalan?
Dan berikut merupakan pendapat saya tentang
bagaimana melakukan dedine rencana bisnis , yaitu :
Pertama
saya akan melakukan,
1) Ringkasan Eksekutif
Ringkasan eksekutif bercerita
mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis.
Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis
atau business plan. Saya membuat sebuah usaha yaitu menjual makanan khas jepang yang Namanya mentai rice. Dan
Salmon Mentai Rice sendiri adalah makanan sederhana yang biasanya bisa anda
temui di restoran jepang. Salmon Mentai Rice kini menjamur di kalangan industri
makanan jaman sekarang. Berbahan dasar ikan salmon yang merupakan jenis ikan
yang banyak disukai semua kalangan, serta telur ikan dan mayonaise. Selain
salmon mentai rice, banyak olahan makanan berdasar ikan salmon seperti salmon
skin fried, salmon teriyaki tetapi karena makanan olahan ikan salmon biasanya
hanya tersedia di restoran jepang membuat anda tidak bisa menikmati
terus-terusan apalagi buat teman-teman yang tidak ingin keluar rumah atau hanya
ingin makan siang di kampus atau kantor.
2) Analisis
Pasar dan Pemasaran
Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi kelompok pembisnis saya untuk melakukan pemasaran
produk. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran
(marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.
Dan yang kami terapkan dalam hal ini adalah
yang pertama kami akan mencoba ide pemasaran yaitu tidak hanya melakukan
pemasaran melalui dunia nyata saja, kami juga melakukan pemasaran di dunia
online, misalnya melalui situs pertemanan (jejaring sosial) : facebook,
instagram. Sehingga bisa dijangkau dengan mudah oleh para konsumen dan lebih
menghemat waktu, tenaga dalam melakukan pembelian, dan untuk jarak yang jauh
juga lebih hemat biaya menggunakan jaringan internet dibanding harus membeli ke
tempatnya langsung
3) Analisis Sumber Daya Manusia
Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan
dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya
manusia.
Orang orang yang saya butuhkan dalam usaha ini adalah orang yang ahli
dan berkompeten dalam bidang marketing, karena saya baru memulai bisinis ini
dan saya juga membutuhkan orang yang
ahli dalam bidang marketing biasanya cepat dapat menarik konsumen.
4) Analisis Keuangan
Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau
peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point),
pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan
penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.
Contoh :
No
|
Barang
|
Jumlah
|
Harga
|
Harga jual
|
Keuntungan
|
Waktu/hari
|
1
|
Mentai Rice (Salmon)
|
1
|
Rp.35.000
|
Rp.40.000
|
Rp.5.000
|
1
|
5) Rencana Pengembangan Usaha
Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting
bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang
akan kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana keluar .
Rencananya kita
akan menjual lewat online, karena dengan jaman sekarang yang sudah maju dan canggih tak mungkin para semua kalangan
tidak mengetahui cara beli di online, seperti ig,fb dll.
6) Resiko Usaha
Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait resiko atas bisnis kita, misalnya Persaingan juga merupakan sebuah risiko yang
harus dihadapi. Ada banyak bisnis yang bergerak di bidang yang sama dengan
bisnis milik Anda, sehingga risiko yang ada adalah persaingan. Bersainglah
secara sehat agar kedua belah pihak tidak dirugikan. Maka dari saya dan
kelompok membuat usaha usaha Mentai Wijayy ini agar tetap eksis dalam persaingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar