Assalamualaikum,
Selamat malam para rekan pembisnis,
Pertama-tama yang saya
lakukan untuk melakukan define rencana bisnis yaitu dengan
mengetahui apa yang akan saya dan kelompok saya bisniskan dan apa
keahlian yang saya miliki untuk melakukan bisnis. Apakah
saya mampu untuk melakukaknnya untuk jangka kedepan dan untuk jangka panjang? Apakah saya sanggup
dengan resiko-resiko yang akan terjadi
pada saat bisnis itu berjalan?
Dan berikut merupakan
pendapat
saya tentang bagaimana melakukan dedine rencana bisnis , yaitu :
Pertama saya akan melakukan ,
1) Ringkasan Eksekutif
Ringkasan eksekutif
bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis.
Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis
atau business plan. Saya membuat sebuah
usaha yaitu menjual topi polos selain itu tidak
hanya topi polosan saja , selain itu saya menjual topi dengan dibordir atau disablon dengan design free .
Jadi saya membuat usaha topi ini karena topi merupakan barang kegunaan yang
dipakai sehari hari jika berada diluar rumah.
Selain itu Jika saya dan kelompok pembisnis
saya dalam
mencari sponsor dana, ini bisa menjadi satu-satunya bagian yang mungkin dibaca
oleh kreditor atau investor potensial. Jika bagian ini meyakinkan mereka bahwa
perusahaan saya memiliki potensi, maka mereka akan membaca lebih banyak.
Sebelumnya, saya mendaftar Ringkasan Eksekutif terlebih dahulu
karena muncul di awal dokumen, namun saya saat ingin menuliskannya
setelah menyelesaikan keseluruhan rencana, atau setidaknya kembali ke situ dan untuk memodifikasinya.
2)
Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai
strategi kelompok pembisnis saya untuk melakukan pemasaran produk. Dalam tindak
lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi
pemasaran.
Dipasaran
sendiri banyak orang yang suka sekali memkaia topi mulai
dari kalangan para Mahasiswa atau masyarakat lainnya serta para perusaahaan
yang menggunakan topi untuk para karyawannya sebagai identitas logo perusahaan.
Tak lupa juga kami selalu mewarkan produk kami keruang lingkup para mahasiwa
dan ruang lingkup organisasi perusahaan.
3)
Analisis Sumber Daya Manusia
Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang
yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana
pengembangan sumber daya manusia.
Orang orang yang saya butuhkan dalam usaha ini adalah
orang yang ahli dan berkompeten dalam bidang marketing. Karena orang yang ahli
dalam bidang marketing biasanya cepat
dapat menarik konsumen.
4) Analisis
Keuangan
Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau
peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point),
pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan
penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.
No
|
Barang
|
Jumlah
|
Harga
|
Harga jual
|
Keuntungan
|
Waktu/hari
|
1
|
Topi polos
|
1
|
Rp.20.000
|
Rp.25.000
|
Rp.5.000
|
1
|
5)
Rencana Pengembangan
Usaha
Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian
yang dilihat penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat
seberapa besar usaha yang akan kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana
keluar .
Rencananya kita akan menjual lewat online, karena
dengan jaman sekarang yang sudah maju dan
canggih tak mungkin para semua kalangan tidak mnegetahui cara beli di online. Tentunya dengan harga yang beda saya dan para kelompok pembisnis saya juga akan menawarkan ke suatu perusahaan.
6) Risiko Usaha
Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait risiko atas
bisnis kita, misalnya terdiri dari risiko operasional, risiko bisnis, risiko
likuiditas atau risiko keuangan dan lainnya.
Resikonya
yag terdapat dari usaha bisnis
saya yaitu
mungkin ada kesalahan saat
proses bordir topi atau salah warna topi saat proses pemesanan berlangsung .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar