NIM : 41819010078
Saat pembisnis berempati, pelanggan akan merasa bahwa kita peduli dan bersungguh-sungguh dalam melayani. Akhirnya, pelanggan akan menjadi loyal terhadap bisnis kita.
7 Sikap Empati yang Harus Dimiliki Pemimpin Bisnis
1. Menjaga Sikap Yang Baik
Dalam menjalani bisnis yang saya bangun dengan kelompok saya, saya akan bersikap baik dengan pelanggan saya, karena menurut saya itu sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja dan perasaan konsumen saya.
2. Hal Hal Di Luar Bisnis
Masalah yang membebani diluar urusan bisnis tidak akan saya bawa dalam bisnis ini, karena saya harus proesional urusan bisnis harus menjadi utama saat berkumpul dengan anggota kelompok bisnis saya. Karena orang lain bisa menganggap saya tidak lagi memberikan perhatian penuh pada perusahaan.
3. Memperhatikan Kebutuhan Anggota Kelompok
Pemimpin yang berempati akan bersikap dinamis dan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan, karena saya memperhatikan kebutuhan kelompok pembisnis saya. Karena saya tahu kebutuhan anggota kelompok saya juga akan berpengaruh pada usaha bisnis yang saya jalankan
4. Tenang Dalam Menghadapi Masalah
Empati membuat perasaan saya tetap tenang dan rasional saat sedang tertekan. Jika bisnis saya mengalami masalah, saya tetap bersikap dewasa dalam menyikapinya dan menenangkan anggota kelompok saya yang juga stres menghadapinya. Karena berlarut dalam kestresan hanya akan menimbulkan masalah bagi bisnis saya
5. Berani Menanggung Risiko Dalam Kelompok
Karena pemimpin yang memiliki sikap empati tidak akan egois. saya harus berani menanggung risiko yang terjadi di dalam kelompok bisnis saya. Karena saya menginginkan perubahan dalam bisnis saya, maka saya harus siap apabila perubahan tersebut tidak sejalan dengan yang saya dan kelompok saya inginkan.
6. Kesuksesan Adalah Milik Bersama
Pemimpin yang berempati tidak hanya mementingkan kesuksesan pribadi. Orientasi saya adalah kelompok bisnis saya, sehingga kesuksesan yang diraih harus dapat dirasakan oleh semua kelompok bisnis saya.
7. Mengerti Perasaan Kelompok Bisnis
Pemimpin yang memiliki empati harus bisa mengenali perasaan diri sendiri dan juga perasaan kelompok bisnis nya. Saya harus tahu apakah kelompok bisnis saya lagi merasakan kesedihan atau kesenangan, apabila kesedihan maka saya harus menghiburnya.
Saya Juga Memiliki Beberapa Tips Dalam Meningkatkan Kepuasan Bisnis Yang Saya Jalankan Ini :
Saya mengetahui tidak semua percakapan dengan customer saya penting, jadi saya memutuskan pelayanan yang mendesak terlebih dahulu agar lebih bermanfaat dan pekerjaan lebih efisien
2. Menyelesaikan Akar Masalah Di Bisnis Saya
Tidak dapat dipungkiri semua bisnis pasti mempunyai masalah walaupun kita sudah memberikan usaha yang semaksimal mungkin. Disini saya selalu menyelesaikan masalah sampai ke akar akarnya supaya masalah tersebut tidak timbul lagi
3. Meminta Maaf Apabila Melakukan Kesalahan
Saya harus segera meminta maaf serta harus mencari solusi apabila terjadi complain agar masalah tersebut dapat segera terselesaikan.
4. Mempunyai Pendirian
Seorang pemimpin bisnis harus mempunyai pendirian yang tidak mudah goyah, agar tidak membingungkan serta mengarahkan ke solusi yang terbaik. Hal ini lebih efektif dalam menuntaskan permasalahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar