nama : bimo adhi prakoso (@Q12-BIMO)
nim : 41319010027
Apasih yang dimaksud dengan emphaty?
Empati adalah modal bisnis / usaha yang kuat untuk meningkatkan ikatan
kepercayaan antara semua yang terlibat, jika kita sebagai wirausaha
mampu memahami pelanggan kita, maka kita akan memiliki kecerdasan
intuisi untuk menciptakan berbagai inovasi yang memberikan nilai yang
memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah pelanggan kita,
empati ini
akan membantu seorang wirausaha dan perusahaan untuk memahami kebutuhan,
keinginan,dan permintaan pelanggan, lebih jauh lagi dengan empati maka
kita akan menyesuaikan dan memodifikasi bisnis model, produk, jasa
bahkan inovasi kita sesuai kebutuhan, dan permintaan pelanggan.
Empati ini juga dapat melahirkan sebuah bahasa komunikasi yang mampu
menyampaikan inovasi itu kesemuanya termasuk pelanggan kita, marketing
dari sisi perusahaan harus mampu menyentuh sisi emosional dari pelanggan
atau calon pelanggan.
Hal pertama kali yang saya lakukan untuk memulai bisnis saya adalah
observe, pada saat saya masih menjadi montir pemula, banyak sekali yang
menanyakan oli yang bagus untuk mobil dengan harga yang terjangkau.
karena rata" oli yang bagus untuk mobil harganya mahal, dan mereka juga
menanyakan tentang keunggulan oli yang bagus untuk mobil. Lalu bos saya
menyarankan konsumennya untuk memakai oli Shell Helix bagi yang mobil
non diesel dan oli Shell Rimula untuk mobil diesel. Lalu dari situlah
saya memulai ide saya untuk menjual oli Shell tersebut, karena masih
banyak orang yang belum tahu keunggulan oli Shell ini. Dan dari sini
saya sudah melakukan emphaty untuk ide bisnis saya, dengan cara
mengetahui rasanya memakai oli tersebut dan pandangan mereka tentang oli
tersebut.
Lalu yang kedua, banyak yang menanyakan oli yang bagus untuk mobil dari
tahun sekian sampai tahun yang baru. nah dari situ saya mulai mencari
tahu tentang oli tersebut. Karena Shell Helix mempunyai beragam produk
untuk setiap mobil, dari mobil tahun lama hingga tahun yang baru. Saya
sangat ingin tahu tentang kekentalan dari setiap produk oli Shell
tersebut. Setelah saya mengetahui kekentalan oli dari setiap produk oli
tersebut. Mulai dari situlah saya merekomendasikan oli dengan kekentalan
yang sesuai bagi para konsumen yang ingin memakai oli Shell baik
memakai mobil tahun lama ataupun tahun yang baru. Saya memberi arahan
kepada konsumen yang ingin memakai oli Shell. Dengan harga yang
terjangkau dan memberikan efek yang baik bagi mobil. dan saya sudah
melakukan emphaty untuk ide bisnis saya, dengan cara mendengarkan
keluhan ketidaktahuan mereka tentang oli shell dan memberitahukan kepada
konsumen produk oli Shell apa yang baik untuk mobilnya. Serta itu yang
membuat saya memunculkan ide bisnis untuk menjual oli Shell mobil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar