Setiap organisasi memiliki
berbagai sumber daya yang harus dikelola oleh manajemen yang profesional
agar sumber daya tersebut dapat memberikan konstribusi yang paling maksimal
terhadap pencapaian tujuan organisasinya.
4 Fungsi
Dasar Manajemen
Berdasarkan
definisi diatas, jelas bahwa Manajemen dalam sebuah organisasi memiliki 4
Fungsi Dasar yaitu Perencanaan dan Pembuatan Keputusan, Pengorganisasian,
Pimpinan dan Pengendalian yang digunakan untuk mengelola sumber daya
organisasinya sehingga mencapai sasaran yang ditentukan secara efektif dan
efisien. Berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai 4 Fungsi Dasar
Manajemen.
Perencanaan
(Planning)
Dalam
definisi tersebut mengatakan bahwa fungsi dasar pertama dari Manajemen adalah
Perencanaan dan Pembuatan keputusan. Pada dasarnya, Perencanaan atau Planning
adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk
mencapainya. Sedangkan Pembuatan Keputusan adalah bagian dari Perencanaan yang
berkaitan dalam memilih langkah-langkah atau tugas yang harus dilakukan untuk
mencapai sasaran organisasinya. Dalam perencanaan harus memiliki batas waktu
hingga kapan tugas-tugas tersebut harus dilaksanakan dan siapa yang bertanggung
jawab atas tugas tersebut.
Pengorganisasian
(Organizing)
Setelah
membuat perencanaan dan menetapkan langkah-langkah ataupun tugas-tugas untuk
mencapai sasaran organisasi, fungsi manajemen selanjutnya adalah mengorganisir
orang-orang yang tepat dan sumber daya lainnya untuk menjalankan perencanaan
yang ditetapkan. Pada dasarnya, yang dimaksud dengan Pengorganisasian
(Organizing) adalah mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan
dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam
organsasi yang bersangkutan.
Dalam
fungsi Pengorganisasian terdapat pengelompokan kegiatan dan penyusunan Struktur
Organisasi serta menjelaskan fungsi-fungsi dari setiap bagian dan sifat
hubungan antara bagian-bagian tersebut dalam Struktur organisasi tersebut.
Pemimpinan
(Leading)
Setelah
menetapkan Perencanan dan mengorganisir sumber daya yang diperlukan, Fungsi
ketiga Manajemen adalah Pemimpinan (Leading) atau ada yang menyebut fungsi
manajemen ini sebagai Pengarahan (Directing). Pemimpinan (Leading) dalam
Manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang
berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran organisasi.
Seorang Manajer harus dapat menuntun, mengarahkan, menggerakan dan memotivasi
serta mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah
direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran organisasi.
Pengendalian
(Controlling)
Fungsi
Manajemen yang terakhir adalah Pengendalian atau Controlling, Fungsi
Pengendalian ini berkaitan dengan penghimpunan informasi-informasi yang
digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau
perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan
korektif terhadap penyimpangan yang terjadi. Dalam fungsi pengendalian ini,
seorang manajer selalu mengawasi jalannya suatu tugas atau kegiatan yang
terarah ke pencapaian Tujuan Organisasi yang telah ditetapkannya.
Apa
yang dimaksud dengan manajemen organisasi (organizational management)?
Pengertian manajemen organisasi adalah suatu proses perencanaan dan
pengorganisasian serta pengendalian terhadap sumber daya sebuah organisasi
dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan organisasi tersebut
tentunya bisa bermacam-macam.
Manajemen
Organisasi Menurut Para Ahli
Pengertian
manajemen organisasi sebenarnya mengacu pada cara seorang manajer organisasi
untuk memimpin dan mengelola sumber daya perusahaan dengan sedemikian rupa
sehingga terbentuk kerjasama dan koordinasi yang efektif antar tim.
Definisi
manajemen organisasi menurut para ahli adalah:
1.
George R. Terry
Menurut
George R. Terry, organizational management adalah aktivitas pere
perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing),
penggerakan (Actuating), dan pengawasan (Controlling), dimana semua
aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai target organisasi.
2.
Menurut Luther M Gulick
Menurut
Luther M. Gulick, pengertian manajemen organisasi adalah segala hal yang
berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing),
pelengkapan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing),
menyelaraskan/ mengkoordinir (Coordinating), melaporkan (Reporting), dan
menyusun anggaran (Budgeting).
3. Henry
Fayol
Menurut
Henry Fayol, organizational management adalah aktivitas
perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing),
mengkoordinir (Coordinating), dan mengawasi (Controling), dimana
rangkaian aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai goalorganisasi.
4.
Menurut Koontz dan O. Donnel
Menurut
Koontz dan O. Donnel, manajemen organisasi adalah semua aktivitas organisasi
yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing),
melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing), dan mengawasi
(Controlling).
Secara
garis besar definisi manajemen organisasi yang dijelaskan oleh para ahli di
atas terlihat sama. Namun, yang berbeda adalah pada pelaksanaannya, sesuai
dengan visi dan misi masing-masing organisasi.
Daftar
Pustaka
https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-empat-fungsi-dasar-manajemen/
https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-manajemen-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar