ABSTRAK
Di
era modern saat ini dengan perkembangan informasi, berbagai situs jual beli
online sering dijumpai dimana telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang
bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan
secara elektronika.
Maraknya bisnis online tersebut terjadi dikarenakan berkembangnya tingkat pengetahuan manusia dengan mengembangkan bisnis konvensional yang merupakan dasar dalam berbisnis dan berkembangnya teknologi yang membuat peluang usaha semakin besar.
Maraknya bisnis online tersebut terjadi dikarenakan berkembangnya tingkat pengetahuan manusia dengan mengembangkan bisnis konvensional yang merupakan dasar dalam berbisnis dan berkembangnya teknologi yang membuat peluang usaha semakin besar.
KATA KUNCI : BISNIS, BISNIS KONVENSIONAL, E-COMMERCE,WARALABA
PENDAHULUAN
Dengan
perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan
peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin
banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi
informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan
hukum seperti misalnya melakukan jual-beli. Perkembangan internet memang cepat
dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet
membantu kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi, bahkan melakukan
perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan
mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet
menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam
produknya dengan menggunakan media ini.
PEMBAHASAN
bisnis
merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun
pembelian barang dan jasa yang secara konsisten berulang (a series of
activities related to the sale or purchase of goods and services that are
consistently repeated). Menurut Prof.L.R.Dicksee bahwa pengertian
bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh
keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam
terjadinya aktivitas tersebut.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha y
I) Model Konvensional
Usaha konvensional adalah suatu jenis usaha dibidang jasa atau
produksi barang yang dilakukan dengan media promosi konvensional. Media promosi
konvensional dapat berupa spanduk, majalah, iklan koran, brosur, sales dari
pintu ke pintu, televisi dan radio.Demikian beberapa contoh bisnis konvensioanal apa saja yang mampu bersaing dan
masih laris di tengah maraknya bisnis online?
1. Bisnis
rumah makan
Bisnis yang satu ini sepertinya tidak bisa
dilakukan secara online. Bisnis rumah makan merupakan salah satu bisnis
konvensional yang masih laris apalagi didukung dengan menu yang enak dan
variatif juga pelayanan yang ramah
2. Bisnis
kelontongan
Jenis bisnis ini merupakan bisnis yang banyak
dilirik masyarakat dari mulai membuka usaha kelontongan di rumaha hingga toko
besar. Karena kebutuhan sehari-hari adalah kebutuhan setiap orang
3. Bisnis
menjahit baju
Meskipun banyak bisnis fashion online yang
semakin marak. Namun bisnis menjahit pakaian tetap menjadi pilihan bagi
sebagian orang. Dengan alasan baju akan lebih pas dan nyaman digunakan.
Penjahit dan pelanggan tidak mungkin melakukan transaksi secara online. Karena
penjahit membutuhkan ukuran badan customer-nya.
4. Bisnis
bimbingan belajar
Bisnis bimbingan belajar mungkin bisa
dipromosikan secara online. Namun, tidak mungkin antara murid dan guru belajar
online untuk anak-anak yang masih berada di sekolah dasar ataupun menengah
5. Bisnis jasa
salon atau cukur rambut
PRINSIP-PRINSIP
ETIKA BISNIS KONVENSIONAL
Pada
umumnya, prinsip-prinsip yang berlaku dalam bisnis yang baik sesungguhnya tidak
bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari, dan prinsip ini sangat
berhubungan erat terkait dengan sistem nilai-nilai yang dianut di
kehidupan masyarakat.
1. Prinsip
Otonomi
yaitu dan kemampuan manusia
untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasrkan kesadarannya tentang tentang
apa yang baik baginya untuk dilakukan
2. Prinsip
Kejujuran
terdapat tiga lingkup
kegiatan bisnis yang bisa ditujukan secara jelas bahwa bisnis tidak akan bisa
bertahan lama dan berhasil kalau tidak berdasarkan kejujuran.
3. Prinsip
Keadilan
Menuntut agar orang
diberlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai dengan
aturan yang adil dan sesuai kriteria yang sesuai, rasional, objektif serta
dapat dipertanggungjawabkan.
4. Prinsip
saling menguntung (mutual benefit principle)
menuntut agar bisnis
dijalankan sedemikian rupa, sehingga menguntungkan semua pihak.
5. Prinsip
integritas moral
Prinsip ini terutama
dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan
agar tetap menjaga nama baiknya atau nama baik perusahaan.
6. Prinsip
Laba
tidak mungkin jika bisnis
tidak mencari keuntunganngan atau laba, pada kenyataanya
hanya keuntunganlah yang menjadi
satu-satunya motivasi atau daya tarik pelaku bisnis.
II) Model waralaba
Apa yang disebut dengan model bisnis waralaba adalah menggunakan kesuksesan model
bisnis dari perusahaan lain telah sukses. Dalam hal ini kesuksesan pemilik
waralaba menjadi kesuksesan juga bagi sang pewaralaba.sistem waralaba mulai
dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor
melalui pembelian lisensi. Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu
dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu pewaralaba tidak sekadar
menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya. Agar
waralaba dapat berkembang dengan pesat, maka persyaratan utama yang harus
dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang mengikat baik bagi
pengwaralaba maupun pewaralaba.
III) E-Commerce
E-commerce adalah kegiatan membeli atau menjual
produk pada layanan online atau melalui Internet. Perdagangan elektronik
menggunakan teknologi seperti perdagangan seluler, transfer dana elektronik,
manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, pemrosesan transaksi online,
pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem
pengumpulan data otomatis.
Perniagaan elektronik modern biasanya
menggunakan World Wide Web untuk setidaknya satu bagian dari siklus kehidupan
transaksi, meskipun mungkin juga menggunakan teknologi lain seperti e-mail.
Transaksi e-commerce yang khas termasuk pembelian buku online (seperti Amazon)
dan pembelian musik (download musik dalam bentuk distribusi digital seperti
iTunes Store), dan lebih sedikit, layanan inventaris toko minuman keras online
yang disesuaikan / dipersonalisasi. Ada tiga bidang e-commerce: ritel online,
pasar listrik, dan lelang online. E-commerce didukung oleh bisnis elektronik.
KESIMPILAN :
Di Era kemajuan saat ini,Etika bisnis merupakan penerapan tanggung jawab sosial suatu bisnis yang
timbul dari dalam perusahaan itu sendiri. Etika bisnis diartikan sebagai
pengetahuan tentang cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang
memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan secara
ekonomi.
Setiap pebisnis seharusnya melakukan evaluasi terhadap bisnis yang dijalankan, dan akan hal itu pula pebisnis seharusnya meningkatkan kualitas produk maupun jasa, karena kalau tidak dengan hal yang demikian, akan semakin sulit untuk bersaing
Setiap pebisnis seharusnya melakukan evaluasi terhadap bisnis yang dijalankan, dan akan hal itu pula pebisnis seharusnya meningkatkan kualitas produk maupun jasa, karena kalau tidak dengan hal yang demikian, akan semakin sulit untuk bersaing
DAFTAR PUSTAKA
nasution S. (2003)
metode penelitian bisnis. Bandung ;tarsito
Ridwan . (2002) . skala
ekonomi Bisnis, Rineka cipta. ; Jakarta
Budi Untung, Hukum dan Etika Bisnis, ANDI,
Yogyakarta, 2002
· Khairandy, Ridwan. 2000. Perjanjian Franchise
Sebagai Sarana Alih Teknologi. Jakarta: Pusat Studi Hukum UII Yogyakarta
bekerjasama dengan yayasan Klinik Haki
· Mohammad Edris dan Panca
Winahyuningsih, Bisnis Pengantar (Yogyakarta:
UGM, 2002), 85
· Angsa Hamasaah, “Prisip
Etika Bisnis Konvensional” dalam http://angsahamasaahblogspot.com
07/13/02/2010 /prinsip-etika-bisnis-konvensional.html(diakses, 05
Oktober 2016)
· Mohammad Edris dan Panca Winahyuningsih, Bisnis Pengantar, UGM, Yogyakarta, 2002
nama : yorgiganda
BalasHapusnim: 41916120058
artikel yang sangat bermanfaat, yang bisa menuntun kita untuk menjalani dalam berbisnis
Nama : Feralvin Satria Lanusa H
BalasHapusNIM : 41617110045
Cukup menarik.
Fadel Hamka
BalasHapus42317010078
Gagasan yang menarik sih,membuat kita lebih maju
Nama:Arya prenandy bahnan
BalasHapusNIM :42317010015
Menurut saya pribadi artikel ini sangat sangat membatu sekali untuk kita yang ingin pertama kali terjun kedunia bisnis, disitu juga tertera dari pengertian bisnis sampai prinsip-prinsip bisnis yang sangat bisa menuntun kita untuk lebih memahami dunia bisnis dan bisa mengajarkan lebih bakik lagi jika kita ingin menjadi pebisnis diawal-awal
Bisa mengajarkan kita agar lebih baik lagi jika kita ingin terjun kedunia bisnis dan menjadi pengusaha/pebisnis muda, itu maksud saya, terima kasih
Hapusartikel yang membantu dalam mengerti dunia perbisnisan.
BalasHapusArtikel ini sangat bermanfaat bagi para milenial yang ingin berbisnis di era industri 4.0
BalasHapus