Abstrak
Seiring perkembangan dan pesatnya persaingan dalam
berwirausaha menuntut wirausahawan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
mengembangkan produk atau jasa yang dimilikinya dalam rangka menyelaraskan
kebutuhan konsumen yang semakin beragam dan tanpa batas. Kreativitas diartikan
sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru. Inovasi merupakan salah
satu proses mengubah peluang menjadi gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.
Kata kunci : Kreativitas
, Inovati, Kewirausahaan
Kreativitas dan Inovasi
Kreativitas
adalah inisiatif terhadap suatu produk atau proses yang bermanfaat, benar,
tepat, dan bernilai terhadap suatu tugas yang lebih bersifat heuristic yaitu
sesuatu yang merupakan pedoman, petunjuk, atau panduan yang tidak lengkap yang
akan menuntun kita untuk mengerti, mempelajari, atau menemukan sesuatu yang
baru (Ernani Hadiyati, 2011)
Inovasi merupakan
penerapan secara praktis gagasan kreatif. Inovasi tercipta karena adanya
kreativitas yang tinggi. Inovasi adalah kemampuan untuk membawa sesuatu yang
baru ke dalam kehidupan. Inovasi adalah kemampuan untuk membuat
kombinasi-kombinasi atau melihat hubungan-hubungan baru antara unsur, data,
variabel, yang sudah ada sebelumnya (Herulono M).
Menurut Herulono M, Ada beberapa alasan yang menjadikan
inovasi sangat penting. Di antaranya adalah:
1.
Teknologi berubah sangat cepat seiring adanya
produk baru, proses dan layanan baru dari pesaing, dan ini mendorong usaha
entrepreneurial untuk bersaing dan sukses.
2.
Efek perubahan lingkungan terhadap siklus hidup
produk semakin pendek, yang artinya bahwa produk atau layanan lama harus
digantikan dengan yang baru dalam waktu cepat, dan ini bisa terjadi karena ada
pemikiran kreatif yang menimbulkan inovasi.
3.
Konsumen saat ini lebih pintar dan menuntut
pemenuhan kebutuhan. Harapan dalam pemenuhan kebutuhan mengharap lebih dalam
hal kualitas, pembaruan, dan harga. Oleh karena itu skill inovatif dibutuhkan
untuk memuaskan kebutuhan konsumen sekaligus mempertahankan konsumen sebagai
pelanggan.
4.
Dengan pasar dan teknologi yang berubah sangat
cepat, ide yang bagus dapat semakin mudah ditiru, dan ini membutuhkan metode
penggunaan produk, proses yang baru dan lebih baik, dan layanan yang lebih
cepat secara kontinyu.
5.
Inovasi bisa menghasilkan pertumbuhan lebih
cepat, meningkatkan segmen pasar, dan menciptakan posisi korporat yang lebih
baik.
Menurut Jordan E. Ayan dalam bukunya Bengkel Kretivitas,
mengungkapkan cara mengembangkan kreativitas, yaitu dengan cara C.O.R.E :
1. Cari tahu, kita selalu bertanya ketika mendapatkan permasalahan dan berfikiran untuk menjadi lebih jalan keluarnya.
2. Oleh keterbukaan, bersikaplah terbuka pada hal-hal baru,
merki terasa aneh dan janggal.
3. Kamu harus berani melawan arus, melakukan untung-untungan bahkan jadi bahan tertawaan.
4. Teruslah bersemangat dalam melakukan sesuatu, kreativitas kamu akan muncul dengan sendirinya.
Pentingnya memiliki
kreatifitas dan inovatif untuk mencapai sukses
Tidak semua
orang mampu memiliki pemikiran yang kreatif, nah bagaimana cara agar dapat
memunculkan kreatifitas yang berbeda dari orang lain dan tidak monoton.
Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir anda
selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi dan
terbelenggu dengan hal yang merupakan rutinitas membosankan.
Kesimpulan
Kreativitas meliputi terbuka terhadap pengalaman, suka
memperhatikan melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa, kesungguhan,
menerima dan merekonsiliasi sesuatu yang bertentangan, tole-ransi terhadap
sesuatu yang tidak jelas, inde-penden dalam mengambil keputusan, berpikir dan
bertindak dan lainnya.
Inovasi yang meliputi menganalisi peluang, apa yang harus
dilakukan untuk memuaskan peluang, sederhana dan terarah dimulai dari yang kecil,
berpengaruh secara parsial terhadap variabel kewirausahaan.
Daftar Pustaka
Ernani,
hadiyati. 2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap
Kewirausahaan Usaha Kecil. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL.13,
NO. 1, MARET 2011: 8-16. Universitas Gajayana Malang (diunduh tanggal 22 Maret
2018) dalam http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18240/18108
Herulono,M. Kewirausahaan
1 Modul 4 : Berpikir Kreativitas dan Inovasi. Universitas Mercu Buana
Nadia,
sasmita. 2016. Berpikir Kreatif dan Inovatif. Universitas
Negeri Yogyakarta. Dalam http://staffnew.uny.ac.id/upload/198807082014042002/pendidikan/materi-kewirausahaan-02.pdf (diunduh
tanggal 22 Maret 2018)
Nama : Riki Saefulloh
BalasHapusNM : 41617110029
sangat penting bagi entrepreneur berfikir kreatif dan inovatif kalau tidak ada kreatif dan inovatif bisa saja usaha anda hanya berdiri sebentar saja.
Nama: Suhardianto Noor
BalasHapusNim: 43217120172
Saya sangat setuju dengan artikel tersebut, karena dalam dunia wirausaha, wirausahawan harus bisa berpikir secara kreatif dan inovatif supaya bisa mencapai kesuksesan.