@L05-Vaizar , @proyek-L04 , @startup-L02
ABSTRAK
Tidak Banyak orang mengetahui bagaimana sistem
bisnis yang dominan cocok dia lakukan maupun dari segi jenis bisnis,Bagaimana
pun seorang pebisnis startup seharusnya sudah mengetahui Langkah Langkah yang
demikian.
Kata Kunci : Model bisnis
Rumusan Masalah
Bagaimana seseorang mengetahui passionnya dalam
menjalan kan bisnis tersebut
bagaimana bisa memanfaatkan situasi maupun
prospek dari bisnis yang akan mau dijalankan.
bagaimana Mengenal E-commerce,waralaba,dan
konvensional
Pendahuluan
Suatu model
bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi
menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai , baik itu
ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Istilah model bisnis, karena
itu, dipakai untuk ruang lingkup luas dalam konteks formal dan informal untuk
menunjukkan aspek inti suatu bisnis, termasuk mencakup maksud dan tujuan,
apa-yang-ditawarkan, strategi, infrastruktur, struktur organisasi,
praktik-praktik niaga, serta kebijakan-kebijaan dan proses-proses operasional.Menjalankan
sebuah bisnis, terlebih bagi para pemula, merupakan sebuah tantangan
tersendiri. Niat saja belum tentu cukup untuk membuat semua berjalan sesuai
harapan. Seorang wirausahawan sejatinya merencanakan semuanya dari awal, bahkan
sejak saat menentukan model bisnis (business model) yang akan
diterapkan.
Pembahasan
Ada beberapa tipe atau model
bisnis yang dijalan/dilakukan oleh seseorang hal ini juga disebut sebagai
sistem dalam memotori suatu usaha
I) Model Konvensional
Usaha konvensional adalah suatu jenis usaha
dibidang jasa atau produksi barang yang dilakukan dengan media promosi
konvensional. Media promosi konvensional dapat berupa spanduk, majalah, iklan
koran, brosur, sales dari pintu ke pintu, televisi dan
radio.Demikian beberapa contoh bisnis
konvensioanal apa saja yang mampu bersaing dan masih laris di tengah maraknya
bisnis online?
1.
Bisnis rumah makan
Bisnis yang satu ini sepertinya tidak bisa dilakukan secara
online. Bisnis rumah makan merupakan salah satu bisnis konvensional yang
masih laris apalagi didukung dengan menu yang enak dan variatif juga
pelayanan yang ramah
2.
Bisnis kelontongan
Jenis bisnis ini merupakan bisnis yang banyak dilirik masyarakat
dari mulai membuka usaha kelontongan di rumaha hingga toko besar. Karena
kebutuhan sehari-hari adalah kebutuhan setiap orang
3.
Bisnis menjahit baju
Meskipun banyak bisnis fashion online yang semakin marak. Namun
bisnis menjahit pakaian tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang. Dengan
alasan baju akan lebih pas dan nyaman digunakan. Penjahit dan pelanggan tidak
mungkin melakukan transaksi secara online. Karena penjahit membutuhkan ukuran
badan customer-nya.
4.
Bisnis bimbingan
belajar
Bisnis bimbingan belajar mungkin bisa dipromosikan secara
online. Namun, tidak mungkin antara murid dan guru belajar online untuk
anak-anak yang masih berada di sekolah dasar ataupun menengah
5.
Bisnis jasa salon atau
cukur rambut
II) Model waralaba
Apa yang disebut dengan model
bisnis waralaba adalah menggunakan
kesuksesan model bisnis dari perusahaan lain telah sukses. Dalam hal ini
kesuksesan pemilik waralaba menjadi kesuksesan juga bagi sang pewaralaba.sistem
waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer
kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Perkembangan kedua dimulai pada
tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu
pewaralaba tidak sekadar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk
memproduksi produknya. Agar waralaba dapat berkembang dengan pesat, maka
persyaratan utama yang harus dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang
mengikat baik bagi pengwaralaba maupun pewaralaba.
III) E-Commerce
E-commerce adalah kegiatan
membeli atau menjual produk pada layanan online atau melalui Internet.
Perdagangan elektronik menggunakan teknologi seperti perdagangan seluler,
transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, pemrosesan
transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen
persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Perniagaan elektronik modern
biasanya menggunakan World Wide Web untuk setidaknya satu bagian dari siklus
kehidupan transaksi, meskipun mungkin juga menggunakan teknologi lain seperti
e-mail. Transaksi e-commerce yang khas termasuk pembelian buku online (seperti
Amazon) dan pembelian musik (download musik dalam bentuk distribusi digital
seperti iTunes Store), dan lebih sedikit, layanan inventaris toko minuman keras
online yang disesuaikan / dipersonalisasi. Ada tiga bidang e-commerce: ritel
online, pasar listrik, dan lelang online. E-commerce didukung oleh bisnis
elektronik.
Kesimpulan :
Di Era kemajuan saat
ini,setiap pebisnis seharusnya melakukan evaluasi terhadap bisnis yang
dijalankan, dan akan hal itu pula pebisnis seharusnya meningkatkan kualitas
produk maupun jasa, karena kalau tidak dengan hal yang demikian, akan semakin
sulit untuk bersaing
Daftar
Pustaka
nasution S. (2003) metode penelitian bisnis.
Bandung ;tarsito
Ridwan . (2002)
. skala ekonomi Bisnis, Rineka cipta. ; Jakarta
Nama: Mochamad Zakaria
BalasHapusNim : 41115120047
Mohon di tunjukan cara untuk pengusaha waralaba yang ingin melebarkan sayapnya ke usaha e-commerce agar usahanya bisa berkembang lebih baik,,
Dan bagaimana caranya untuk pengusaha yang belom mengerti tentang teknologi e commerce dan mengantisipasi ketakutan tentang resiko resiko e commerce
Erice Prastya
BalasHapus41915110011
Sekarang usaha e-commerce bersaing dengan ketat dengan usaha jenis konvensional dan waralaba. Bahkan usaha konvensional dan waralaba perlahan menggunakan sistem e.commerce dalam keberlangsungan usahanya. Karna sekarang konsumen lebih memilih yang simpel dan praktis.
Chris Marenda
BalasHapus41817110144
Saya sudah menjalankan bisnis e commerce, tapi masih tahap awal, boleh di share bagaimana cara untuk membuat duatu e commerce tersebut tetap ramai pengunjung, dan dapat meningkat dr sisi pengunjung ?
Terima kasih
Chris Marenda
BalasHapus41817110144
Saya sudah menjalankan bisnis e commerce, tapi masih tahap awal, boleh di share bagaimana cara untuk membuat duatu e commerce tersebut tetap ramai pengunjung, dan dapat meningkat dr sisi pengunjung ?
Terima kasih
Anang Suryana
BalasHapus41217110077
Dalam menjalankan bisnis e-commerce, review dan ulasan dari pelanggan sangat bet pengaruh terhadap perkembangan bisnisnya. Bagaimana menanggapi customers yang terkadang usil atau memberikan tanggapan yang buruk terhadap bisnis e-commerce kita, padahal kita sudah memberikan pelayanan yang maksimal?
Nur harwati
BalasHapus41916110086
Diera digital sekarang bisnis waralaba harus bisa mencari celah untuk mempertahankan pelanggan ya misalnya menaikkan mutu serta kualitas atau dengan media digital sebagai promosinya,kita masih membutuhkan barang waralaba karena terkadang kita harus langsung mendapatkan barang tampak harus menunggu barang tersebut datang semisal bolpint
Terima kasih