Sepatah kata
Sepinya mall dan supermarket diasumsikan
sebagian pengamat ekonomi dan pelaku ekonomi sebagai semakin melemahnya daya
beli masyarakat. Isu tersebut semakin di goreng oleh beberapa politikus sebagai
gambaran ekonomi kita yang terpuruk dan susahnya hidup saat ini, tapi apakah
hal itu benar?
E commerce saat ini memang tidak bisa 100 persen
menyediakan barang yang dibutuhkan konsumen tapi 10 tahun lagi siapa yang bisa
menjamin. Produsen sudah banyak mengubah pola penjualan langsung ke konsumen
melalui e commerce. Sekarang giliran retil modern dan toko konvensional yang
harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman jika tidak ingin tinggal sejarah
saja.
Kata kunci:
E-commerce , teknologi internet
Pembahasan:
E-commerce
E-commerce adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti
internet atau televisi, www, atau jaringan computer lainnya. E-dagang dapat
melibatkan transfer dana 4elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce menurut martin kütz dalam rustamaji
adalah pertukaran barang dan jasa antara (biasanya) organisasi independen dan /
atau orang-orang yang didukung oleh penggunaan sistem ict (information & commucation
technology) yang komprehensif dan infrastruktur jaringan yang standar secara
global.
Sistem e-commerce bertumpu pada resources
internet dan jaringan komputer lain untuk menunjang setiap langkah dalam proses
tersebut di atas
1. Business – to - consumer
commerce
Pertama, strategi yang berkaitan dengan
penarikan minat konsumen.
Kedua, strategi yang berkaitan dengan penjagaan
loyalitas konsumen. sedangkan tip-tip agar business-to-consumer commerce sukses
adalah jagalah kesederhanaan, berikan nilai tambah, mudahkan cara pembelian,
tunjukkan sertifikasi keamanan, menjaga privasi pelanggan, berikan harga
terendah, mudahkan akses, berinomor bebas pulsa, usahakan tepat waktu, berilah
jawaban secepatnya, gunakan penjawab otomatis, lakukan konfirmasi, berikan
pengiriman terendah, dan sertakan garansi kepuasan.”
2. Business – to - business
commerce
Menurut (kastner, 1997) dalam prihastono
(2010).business – to - business commerce adalah situs perdagangan partai.
Contoh: perusahaan penjaul produk ke perusahaan lain. Hubungan jaringan bisnis
dengan perusahaan lain diperlukan untuk menjalin dan menjual produk disebut supply
chain supply chain management (scm) adalah konsep manajemen yang
mengintegrasikan manajemen dengan proses rantai persediaan. Tujuan dari scm
adalah untuk meminimalkan biaya, meningkatkan keuntungan, memperbaiki kinerja,
dan memberi nilai tambah untuk bersaing.
Pentingnya e-commerce
Pentingnya
e-commerce adalah :
1. Orang
yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya
membutuhkan akses internet dan interface-nya
menggunakan web browser
2. Menjadikan
portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi
menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan
membangun basis
komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar
tempat jual beli dan
sebagai pusat informasi(release,product review,
konsultasi, etc)
3. Pengelolaan
yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan
konvensional dan virtual : Responsif (respon
yang cepat dan ramah), Dinamis,
Informatif dan komunikatif
4. Informasi
yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis
5. Model pembayaran : kartu kredit atau transfer.
Contoh Kasus
Dalam hal ini contoh kasus mengenai proses
transaksi pembelian sebuah barang dalam E-Commerce melalui aplikasi situs
www.e-bay.com dengan penjelasaanya sebagai berikut, Ebay.com adalah pusat
jual-beli dan lelang barang atau jasa online terbesar didunia, semua orang dari
seluruh dunia dapat membeli atau menjual di ebay, karena banyaknya pengguna
ebay sebanyak 200 juta orang pada juni 2006 (sama dengan populasi negara
terbesar kelima didunia setelah indonesia 220 juta orang) anda dapat menemukan
hampir barang atau jasa apapun di ebay. Disini kami beritahu langkah-langkah
dalam transaksi die bay, pertama pembeli harus mengetahui situs yang akan
dipilih sebagai tempat transaksi seperti www.e-bay.com, setelah kita mengunjungi
situs terlihat tampilan depan halaman situs tersebut dimana kita terlebih
dahulu harus melogin. Apabila kita belum menjadi menjadi member didalam situs
tersebut kita harus register melalui form yang tersedia disitus tersebut.
Setelah kita mendaftarkan diri kita die bay kita harus menunggu verisifikasi
dari ebay di email kita. Setelah kita mendapat balasan dari ebay kita bisa
verifikasi di situs ebay tersebut.
Sebelum kita mendaftarkan di ebay kita harus
mempunyai alat transaksi pembayaran yang disebut dengan Paypal. Dimana paypal
berfungsi sebagai alat pembayaran terbesar di dunia dan dipakai oleh ebay.
PayPal menyatakan pembeli yang menggunakan PayPal dapat melakukan komplain
dalam waktu 45 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika
barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di beritahukan penjual
Daftar Pustaka
Ade, Kemal, dan Sularto, Lana. “Introduction To
E-Commerce.” Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma :
Jakarta, Januari, 2001.
Abdul Kadir, “ Pengantar Sistem Informasi.” Andi
Yogyakarta : Yogyakarta, 2003.
http://forum.indo-onlines.com/lofiversion/index.php/t139.html
http://kulino.dinus.ac.id/file.php/1/moddata/forum/5/425/04b-pengembangan-aplikasi-e-commerce_1_.ppt
www.e-bay.com
http://www.sentralweb.com/script.php?halaman=berita&klik=lihat&artid=13
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar