@L05-Vaizar , @proyek-L07 , @startup-L02
Abstrak
Pentingnya manajemen bisnis dalam usaha karena pelaku usaha membutuhkan
pengaturan yang efekstif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Untuk mengolah
yang ada dalam usahany harus menggunakan prinsip manajemen. jika tidak memakai
prinsip menajemen maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut
tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik.
Kata kunci
Manajemen dalam Organisasi,Manejemen dalam
bisnis
Rumusan Masalah
Apakah yang menjadi peran penting Manajemen
dalam sebuah Organisasi maupun Bisnis?
bagaimana mengatur skema manejemen dalam
organisasi maupun bisnis Supaya mencapai keberhasilan
Pendahuluan
Dalam menjalankan bisnis,
seseorang perlu mendalami tentang ilmu manajemen. Manajemen bisnis inilah yang
dapat membantu Anda dalam mengelola dan menjalankan
bisnis secara benar dan tepat agar dapat mencapai target-target
yang ditetapkan. Tanpa adanya hal tersebut, usaha atau bisnis Anda bisa
berantakan dan terlantar.manajemen berperan untuk menetapkan tujuan atau
sasaran yang hendak dicapai oleh organisasi, lalu merencanakan cara terbaik
demi mencapai tujuan tersebut. Tergantung dari skala perusahaan, perencanaan
ini bisa biasanya dilakukan selama beberapa kali, yakni untuk kepentingan
perusahaan secara keseluruhan
Pembahasan
Kata Manajemen berasal dari
bahasa inggris yaitu manage, atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan yaitu
mengendalikan atau mengelola.
Definisi Manajemen adalah suatu seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses perencanaan, pengorganisasian, dan mengelola sumber daya manusia dengan cara efektif dan efisien.
Definisi Manajemen adalah suatu seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses perencanaan, pengorganisasian, dan mengelola sumber daya manusia dengan cara efektif dan efisien.
Konsep
Manajemen Bisnis
Dalam berbisnis
tentu menjadi poin penting yang sangat berperan dalam kesuksesan untuk para
pebisnis. Terlepas dari status sebagai pemula atau senior, manajemen
bisnis yang baik akan mampu membawa bisnis ke arah yang lebih baik juga.
Selain itu ketahanan akan segala jenis tantangan dan hambatan juga bisa menjadi
faktor penting dalam berjalannya bisnis Anda. strategi dalam berbisnis pun
harus bisa disusun untuk bisa mengetahui tren di pasaran sehingga bisnis tetap
bertahan.
Mengingat
rencana bisnis adalah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, mala
semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan
pemasarannya pun harus terencana secara sempurna. Jangan abaikan target
pencapaian jangka pendek hingga jangka panjangnya sehingga hal ini bisa
berpengaruh terhadap tata kelola dan manajemen bisnis yang akan Anda
jalankan. Perencanaan secara keseluruhan dengan detil dan matang akan membuat
gambaran dari bisnis bisa lebih tampak nyata yang membuat Anda lebih mudah
dalam menjalankannya.
Komponen
Penting Dalam Menyusun Manajemen Bisnis
·
Deskripsi
usaha jelas
Apapun bisnis yang akan Anda
jalankan, pastikan untuk memiliki deskripsi nya secara jelas yang mampu
dipahami secara mudah dan jelas oleh semua orang. deskripsi bisnis ini harus
mencakup bentuk usaha, produk nantinya yang akan dijual atau penawaran jasa,
untung dan rugi, biaya operasional, harga yang dipatok hingga sistem kerjanya.
Sertakan visi dan misi perusahaan serta tujuan yang ingin dicapai. Jangan lupa
deskripsikan juga terkait manajemen inti, lokasi usaha, konsep dari manajemen,
target pasar hingga keunggulan yang dimiliki.
·
Lakukan analisa pesaing
Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan analisa
terhadap pesaing untuk bisnis Anda. Hal ini ditujukan agar Anda bisa
menciptakan suatu strategi yang tepat untuk bisnis Anda. Lakukan analisa serta
pengamatan mendalam sehingga bisa mengetahui dari segi kelemahan dan kekuatan
pesaing.
·
Strategi pemasaran
Dengan strategi pemasaran yang
baik, maka besaran potensi untuk mendapatkan kesuksesan di pasaran bisa
didapatkan. Pastikan merencanakan manajemen bisnis anda dengan tepat mulai
dari biaya, promosi produk, tempat, target promosi hingga media untuk
berpromosi. Rencanakan seluruh anggaran secara rinci sehingga Anda bisa
menghitung segala kemungkinan yang ada.
·
Laporan keuangan
Jangan sampai Anda menyepelekan
perihal laporan keuangan perusahaan Anda karena hal ini merupakan hal yang
sangat penting. Pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Laporan keuangan
tidak melulu rumit dan kompleks, namun Anda bisa membuatnya secara sederhana,
asalkan mampu mencakup semuanya. Peng
elolaan anggaran juga menjadi
faktor penting agar laporan keuangan senantiasa baik. Rencanakan anggaran
secara teliti keseluruhannya sehingga Anda bisa mudah membuat laporan
keuangannya. Selalu jujur dan transparan ketika membuat laporan keuangan
sehingga kemajuan dan perkembangan usaha bisa tampak.
·
Menjaga kualitas produk dan jasa
Produk atau jasa yang Anda tawarkan
menjadi poin penting dalam perjalanan manajemen bisnis. Dengan memiliki produk
yang berkualitas dan jasa yang membuat banyak konsumennya puas, maka bisa
dipastikan konsumen Anda bisa lebih loyal dan setia. Namun jangan sampai karena
loyalitas konsumen tersebut membuat Anda menjadi puas diri sehingga kualitas
produk atau jasa yang dijual menjadi semakin berkurang. Pertahankan semua
kualitasnya sehingga Anda bisa tetap dipercaya oleh konsumen.
Manejemen organisasi didalam
bisnis
Proses yang menyangkut upaya yang
dilakukan untuk meng antisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan
penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan
organisasi.Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan.
- Menetapkan
tujuan dan target bisnis
- Merumuskan
strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
- Menentukan
sumber-sumber daya yang diperlukan.
- Menetapkan
standar / indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target
bisnis.
Fungsi Pengorganisasian
proses yang menyangkut bagaimana
strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam
sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan
organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi
dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi
Pengorganisasian
vengalokasikan sumber daya,
merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang
diperlukan.Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis
kewenangan dan tanggungjawab.Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan
pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.
Fungsi Pengarahan dan
Implementasi
vProses implementasi program agar
dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi
agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh
kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Mengimplementasikan proses ke
pemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat
bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
Memberikan tugas dan penjelasan
rutin mengenai pekerjaan,Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
Fungsi
Pengawasan dan Pengendalian
Proses
yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah
direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai
dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam
lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
kesimpulan
Manajemen
yang baik akan selalu membawa keberhasilan dalam setiap bisnis maupun dalam
berorganisasi. Manejemen dapat di Analogikan sebagai Pondasi, yaitu hal yang
paling utama untuk dibenahi
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar