Oleh :
1. Almira Septemi Yuna
2. Yulia Puspitasari
3. Rebekka Oktavia Nainggolan
Abstrak
Saat kita memutuskan
untuk terjun dalam dunia usaha tentunya kita mengharapkan usaha yang kita
dirikan dapat bertahan dan berkembang dengan prospek yang positif. Nah nasib
sebuah perusahaan akan berhasil atau tidak,sangat dipengaruhi oleh kemampuan
perusahaan memasarkan produknya sehingga dapat mencetak laba. Dalam tahap
inilah Manajemen Pemasaran memegang peranan
penting, agar perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang
menguntungkan pada tingkat kuantitas yang diharapkan serta mampu mengatasi
tantangan dari para pesaing dalam pemasaran.
Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud
dengan manajemen pemasaran?
2. Peranan, fungsi dan
strategi dalam manajemen pemasaran?
3. Hal apa saja yang
harus dimiliki oleh seorang manajer pemasaran ?
Pendahuluan
Kegiatan
pemasaran berbeda dengan penjualan, transaksi
ataupun perdagangan. Menurut William J. Stanton, pemasaran adalah suatu
system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
Dengan
pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa
yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Peran manajer pemasaran
dibutuhkan, dengan tugas dari manajer pemasaran adalah memilih dan melaksanakan
kegiatan pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang
dapat membantu dalam pencapaian tujuan organisasi.
Sedangkan
menurut Philip Kotler, manajemen pemasaran adalah yang bertugas sebagai
penganalisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang
ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai
tujuan.
Pembahasan
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
adalah suatu proses dan manajeral yang membuat individu atau kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau
segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari
produsen sampai konsumen.
Peran
Pemasaran
Peranan
pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan
konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan
kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran
adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan
harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara
efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang
prisip kepuasan pelanggan.
Dalam
pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan
pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep
penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran
global.
1. Konsep produksi
Disini
tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen
dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli
mereka.
2. Konsep produk
Tugas manajemen disini adalah membuat produk
berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam
penampilan dengan ciri – ciri terbaik.
3. Konsep penjualan
Konsep
penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi
harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep pemasaran
Konsep
pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari
penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang
diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5. Konsep pemasaran sosial
Konsep
pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan
kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan
yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para
pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan
masyarakat.
6. Konsep Pemasaran Global
Pada
konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor-
faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang
mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak
yang terlibat dalam perusahaan.
Konsep
Pemasaran Inti
1. Pasar sasaran dan segmentasi
2. Tempat pasar, ruang pasar, dan metamarket
3. Pemasar dan calon pelanggan
4. Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
5. Produk, tawaran, dan merek
6. Nilai dan kepuasan
7. Pertukaran dan transaksi
8. Relasional dan jaringan kerja
9. Saluran pemasaran
10. Rantai pasokan
11. Persaingan
12. Lingkungan pemasaran
13. Program pemasaran
Strategi
Pemasaran
Hellriegel
D &Slocum JW mengemukakan 2 jenis strategi pemasaran, yaitu :
1. Market penetration strategy, yang berupaya
untuk meningkatkan pemasaran pada pasar yang sekarang ada melalui produk yang
sekarang telah ada pula. Kegiatan yang dilakukan meliputi upaya meningkatkan
jumlah pembelian dari produk, mencoba menarik konsumen yang sekarang
menggunakan produk dari kompetitor/pesaing atau malahan sekaligus membeli
kompetitor tersebut.
2.
Market development strategy yaitu
upaya mencari pasar baru dari produk yang sudah ada. Tiga kegiatan utama
mencari pasar baru ini adalah menemukan pasar secara geografis (contoh : buka
cabang di daerah lain), menemukan target market baru (contoh : video yang
tadinya untuk presentasi ilmiah kemudian dipasarkan untuk hiburan dalam rumah
tangga) serta menemukan penggunaan baru dari produk yang ada (misalnya mobil
niaga diubah menjadi mobil keluarga).
Fungsi
Manajemen Pemasaran
Fungsi
manajemen pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan produk,
komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service. Semua
kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan
kebutuhan konsumen.
Seseorang
yang memanajemen pemasaran adalah manajer pemasaran. Tugas manajer pemasaran
memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam rangka peningkatan profit
perusahaan. Diantara tugas manajer pemasaran yaitu selalu harus dapat
menganalisiss kesempatan kedepan, membuat rumusan dan melaksanakan kegiatan
yang dimaksudkan untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
Tujuan
Umum
Target
secara umum dari manajer pemasaran sama dengan tujuan dari perusahaan yaitu
memperoleh laba sebesar-besarnya. Laba merupakan suatu hasil yang digunakan
sebagai alat ukur keberhasilan perusahaan. Meskipun demikian, laba tidak hanya
berasal dari kegiatan penjualan. Manajer pemasaran harus dapat memberikan
kepuasan terhadap konsumen atau pelanggan untuk memperoleh hasil laba yang
tinggi.
Tujuan
Khusus
Secara
khusus tujuan manajer pemasaran adalah untuk mencapai tujuan umum atau tujuan
keseluruhannya. Maka dari itu unutk memperoleh laba yang setinggi-tingginya
perlu dicapai tujuan khusus manajer pemasaran sebagai berikut :
Adanya
peningkatan kualitas produk.
Memperlebar
pangsa pasar.
Memperoleh
laba dalam jangka pendek.
Untuk
mewujudkan itu semua, diperlukan beberapa kriteria yang setidaknya harus
dimiliki oleh seorang Manager Pemasaran. Hal ini meliputi kompetensi dan skill
bagi seorang Manager Pemasaran. Berikut ulasannya:
Pengetahuan
1. Ilmu
Administrasi dan Manajemen
2. Layanan
Pelanggan dan Personal
3. Bahasa
Inggris
4. Penjualan
dan Pemasaran
Keterampilan
1. Aktif
Belajar
2. Aktif
Mendengarkan
3. Berpikir
Kritis
4. Pemahaman
Membaca
5. Kepekaan
Sosial
Kemampuan
1.
Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk
menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan
jawaban yang masuk akal.
2.
Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk
mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai
dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi
matematika).
3.
Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk
mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan
kalimat lisan
4.
Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk
mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat
memahami apa yang disampaikan
5.
Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk
berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan
6.
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk
membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
7.
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk
mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat
mengerti.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar