Bagi
Pemula Bisnis, perencanaan bisnis penting untuk diperhatikan
Abstrak
Dalam Memulai suatu
usaha bisnis banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk wajib mengetahui
lagkah-langkah manajemen dan strategy bisnis agar bisnis dapat terus kokoh
sehingga dapat bersaing dalam era globalisasi,
Kata
kunci :
Perencanaan bisnis,
Strategy bisnis, organisasi bisnis
Pendahuluan:
Pada era globalisasi
yang terus berkembang , Para pengusaha harus terus memperbanyak strategy bisnis
yang tepat agar dapat terus bersaing, Dalam melakukan bisnis perlu dilakukan perencanaan yang
terstruktur sehingga terdeskripsi beberapa aspek penting, yaitu manajemen,
keuangan, dan pemasaran, serta hal yang berkaitan dengan resiko yang dihadapi.
Menurut Mujahidin (2005) ada tujuh uraian pokok yang perlu direncanakan sebelum
melakukan bisnis;
a.
organisasi bisnis,
b.
lingkungan bisnis,
c.
perencanaan manajemen
d.
perencanaan sumber daya manusia
e.
perencanaan pemasaran,
f.
perencanaan keuangan,
g.
perencanaan kebutuhan teknologi dan
jaminan resiko
.
Perencanaan
diatas cukup luas jangkauannya sehingga memungkinkan bisnis yang dijalankan
akan mencapai tahapan internasional jika rencana bisnis diatas dilakukan dengan
baik, selain perencanaan yang matang tahap awal memulai bisnis yaitu mempunyai
ide bisnis yang kompetitif dan mempunyai keunggulan dalam cakupan internasional
Pembahasan
Milton Friedman dalam A Sonny Keraf
(1998: 128) dalam supono (2011) menyatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan
bisnis adalah mengejar keuntungan sebesar-besarnya dengan seefisien mungkin,
selain itu bisnis adalah kegiatan ekonomi bukan kegiatan sosial sehingga
keberhasilan suatu bisnis tidak diukur berdasarkan keterlibatan sosialnya.
Apabila kegiatan bisnis hanya untuk bisnis semata-mata, maka dalam jangka
panjang perusahaan tersebut akan gulung tikar dan tidak mampu mempertahankan
eksistensinya. Hal ini disebabkan oleh gencarnya persaingan usaha di dunia
bisnis, sehingga mereka yang dapat menerima dan menyesuaikan diri dengan
permintaan pasarlah yang akan memenangkan kompetisi.
Sebelum
memulai suatu bisnis ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan
rencana bisnis yang akan dikembangkan menurut Mujahidin (2005) :
a.
Menyiapkan template perencanaan
bisnis yang sesuai dengan cakupan yang dibutukan
b.
Melakukan survey dan riset untuk
mendapatkan informasi yang luas
c.
Mengemas perencanaan bisnis secara
menarik sehingga mampu memberikan keyakinan pada pihak lain
d.
Konsultasi dengan para pakar sesuai
dengan bidang bisnis yang kebutuhan
e.
Menerangkan strategi yang berkaitan
dengan rencana promosi dan iklan
f.
Menerangkan proyeksi aliran kas
bulanan selama satu tahun
g.
Melakukan modifikasi perencanaan
bisnis disesuaikan dengan perubahan kondisi
h.
Tidak berpikir terlalu optimis
terhadap estimasi penjualan yang tinggi, dan juga estimasi biaya yang rendah
i.
Tidak terlalu menekankan pada
proyeksi jangka panjang, tapi lebih berfokus pada proyeksi
Sedangkan
dalam tahapan perencanaan bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
diantaranya:
·
Nama
bisnis yang dipilih, dimana nama ini harus spesifik dan representatif dengan
ruang usaha yang dilakukan serta bercirikan global.
·
Deskripsi
umum binis Deskripsi umum bisnis menjelaskan proses bisnis secara umum.
·
Keunggulan
bisnis dibanding dengan competitor Serta dilanjutkan dengan penjelasan keunggulan
bisnis yang akan dilakukan dibandingkan dengan kompetitor lain.
Studi kasus
PERUSAHAAN SUSU KEDELAI “SARI ALAMI”
Perusahaan
Susu Kedelai “SARI ALAMI” direncanaka bertempat di Perumahan Telang Indah Gg. 3
Blok G no. 2 milik Sugiarto. Struktur organisasinya terdiri dari pimpinan
kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian yang dibantu pekerja. Bagian-bagian
itu antara lain ; bagian produksi, bagian pengadaan bahan baku, bagian
keuangan, dan bagian pemasaran.
Usaha
ini dipilih karena prospek pengolahan kedelai menjadi susu kedelai
sekarang ini cukup menjanjikan, kandungan gizi yang terkandung didalamnya
memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan manusia serta mudah dalam pembuatanya.
Hanya dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya
keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu
kedelai.
Susu
kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dibungkus plastik ukuran ½
kg. Pada plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “SARI
ALAMI”. Sasaran pasar poduk susu kedelai ini utamanya adalah mahasiswa
kampus universitas Trunojoyo dan Masyarakat sekitar Kamal-Bangkalan. Tempat
penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Pertanian atau di
Kopma, di toko atau warung-warung di sekitar perumahan Telang-Kamal-Bangkalan,
atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat. Adapun harga jual dari produk
susu kedelai ini adalah Rp. 3.000 @ ukuran plastik ½ kg.
Promosi
akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat
strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di
kampus dan media internet sebagai sarana e-business.
Peluang
pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat
budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu
daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite
hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan
karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang
tinggi.
Total
biaya usaha ini adalah Rp. 15.298.625 perbulan dan penerimaan per bulan Rp.
18.300.000 , sehingga pendapatan perbulannya adalah Rp. 3.001.375. Dengan
R/Cratio sebesar 1,197 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk
dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan
(R/C ratio > 1).
Kesimpulan
Dalam pembuatan perencanaan bisnis harus
memperhatikan hal-hal penting. Sebelum membuat perencanaan bisnis harus
terlebih dahulu menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu
lingkungan ekonomi, lingkungan industri, lingkungan global karena dengan
mengetahui kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan,
kekurangan, kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita bangun.
Daftar pustaka
Mujahidin,2011, PERENCANAAN BISNIS ORGANISASI,
LINGKUNGAN BISNIS,MANAJEMEN, DAN SUMBER DAYA MANUSIA, jurnal teknik informasi
Universitas Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Supono boedyo,2011, PERANAN MODAL SOSIAL DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN DAN BISNIS
, Jurnal ekonomi dan kewirausahaan Universitas Selamet
Riyadi Surakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar