@J09-Amanda (Amanda Afrilla)
@J18-Sacharissa (Sacharissa Alifa)
@J30-Resa (Resa Dara Yusita)
@proyek-J07, @Startup-J04
ABSTRAK
Sangat
di perlukan sekali manajemen dalam berbisnis. Ini dikarenakan dalam berbisnis
kita membutuhkan pengorganisasian, pengawasan, pergerakan, serta pengendalian
atau pengawasan terhadap kinerja bawahan kita. Maka dari itu, dalam dunia
bisnis kita membutuhkan manajemen yang baik, agar perusahaan kita bisa berjalan
dengan baik, dan tidak kacau balau kedepannya.
Keywords: Perlunya manajemen
dalam berbisnis
PENDAHULUAN
Manajemen adalah
suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan
usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Dimana di dalamnya terdapat macam atau jenis personalia, staffing procces,
perencanaan sdm, penentuan kebutuhan jabatan, pengembangan sumber-sumber
penawaran personalia, penarikan dan seleksi karyawan, seleksi karyawan, proses
seleksi karyawan, latihan dan pengembangan karyawan, kompensasi, factor yang
mempengaruhi tingkat upah, metode pengupahan, upah intensif. Tujuannya adalah
untuk memperbaiki efektifitas kerja dalam mecapai hal – hal yang telat di
tetapkan.
PEMBAHASAN
Pengertian
Manajemen
Secara umum, manajemen dapat
diartikan sebagai seni pengorganisasian, yang menyusun perencanaan, membangun
sebuah organisasi dan pengorganisasian, pergerakan, dan mepengendalian atau
pengawasan dalam sebuah perusahaan. Dengan kata lain, manajemen adalah suatu
ilmu pengetahuan yang dimana dalam ilmu tersebut kita dapat belajar mengapa dan
bagaimana manusia saling bekerja sama.
Secara etimologis, pengertian
manajemen adalah sebuah seni yang dimana pelaksanaannya untuk mengatur, dimana
dalam prosesnya untuk mendapatkan tujuan dalam berorganisasi, sebagai usaha
bersama dengan beberapa orang dalam organisasi tersebut.
Pengertian
manajemen menurut para ahli
1. Lawrence A. Appley
Manajemen
adalah seni untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan oleh orang lain atau
usaha orang lain.
2. James A.F.Stoner
Manajemen
adalah suatu proses perencanaan, pegorganisasian, leadership, serta
pengendalian upaya dari anggota orgaisasi tersebut serta penggunaan sumber daya
yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah
ditetapkan organisasi seelumnya.
Fungsi,
dan unsur-unsur dalam manajemen :
1. Fungsi
a. Perencanaan
– bertujuan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan untuk
memenuhi tujuan perusahaan tersebut.
b. Pengorganisasian
– pembagian tugas menjadi lingkup yang lebih kecil dalam sebuah devisi.
c. Pengarahan
– mengarahkan anggota kelompok agar kelompok yang diarahkan dapat mencapai
sasaran sesuai dengan apa yang telah direncakan dari awal.
2. Unsur-unsur manajemen
a. Manusia
(SDM) – untuk menjalkan tujuan perusahaan
b. Uang –
keuntungan yang didapat dari tujuan tersebut
c. Bahan
– bahan yang dibutuhkan untuk dijual dipasaran
d. Mesin –
kemudahan untuk proses produksi barang
e. Metode
– penetapan cara pelaksanaan kerja
f. Pasar
– pemasaran barang yang dihasilkan dari perusahaan
3. Tujuan manajemen
a. Tujuan
social
b. Tujuan
organisasional
c. Tujuan
fungsional
d. Tujuan
individual
Tingkatan
manajemen
1.
Manajemen
tingkat atas (top management)
Tingkat manajemen yang paling tinggi, dimana
tugasnya bertanggung jawab langsung teraadap seluruh aktivitas organisasi.
Contohnya : presdir direktur, dewan direksi, dll.
2.
Manajemen
tingkat tengah (middle management)
Manajemen yang berada di tengah-tengah, dimana
tugasnya untuk mengembangkan rencana sesuaidengan tujuan dan arahan yang telah
direncanakan oleh top manajer dan memberi tahukan kepada top manajer pada
setiap devisi. Contohnya : kepala pengawas, kepala departemen dan lain-lain.
3.
Manajemen
tingkat bawah (lower management)
Manajemen yang berada paling bawah , dimana
tugasnya memimpin dan mengawasi langsung tenaga-tega oprsional. Contohnya :
mandor, supervisor, kepala keksi, dll.
Alasan
dibutuhkan manajemen dalam perusahaan
Alasannya karena, seluruh
pekerjaan dan tugas dalam organisasi sangat beragam sehingga sangat perlu
diperlukan adanya pembagia tanggung jawab dalam menyelasaikan tugas, pedoman
pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi dan yang terakhir manajemen yang
baik dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki.
KESIMPULAN
Secara umum aktifitas
menajemen ada dalam setiap organisasi yang diarahkan untuk mencapai tujuan
organisasi secara efektif dan efisien. Terlebih dalam kegiatan manajemen
organisasi, untuk mengelola organisasi bisnis diperlukan pengelolaan atau manajemen
serta orang yang bertanggung jawab yang disebut manajer. Manajemen adalah proses
merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan
pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi
untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar