LUTVIYANTI TAMARA
@J14-Lutviyanti
@Proyek-J05
@Startup-J09
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk memberi pencerahan serta
penjelasan singkat betapa pentingnya Komunikasi serta Kepemimpinan yang baik
dalam berwirausaha. Diharapkan dapat dipahami dan bermanfaat kepada para
pembaca.
Kata kunci: Kewirausahaan, Berwirausaha, Motivasi, Komunikasi
LATAR BELAKANG
Dalam
berwirausaha ada beberapa point penting yang bisa dijadikan sebagai acuan
sukses untuk kedepannya yaitu cara berkomunikasi serta cara berkepimpinan. Tidak
harus baik tapi harus tepat agar para client tidak kecewa dan mendapatkan
feedback yang baik. Disini point saya ingin menjelaskan tentang kedua cara
tersebut, untuk mempersingkat mari kita mengenali pengertiannya.
Apa
itu 2K?
Apa itu Komunikasi?
Apa itu Kepemimpinan?
Apa itu Komunikasi?
Apa itu Kepemimpinan?
PEMBAHASAN
2K
yang saya maksud disini sudah tertera di judul yaitu Komunikasi dan
Kepemimpinan.
Komunikasi
menurut Oxford Dictionary adalah pengiriman atau tukar menukar informasi, ide,
dan lain sebagainya. Itu artinya komunikasi bermakna bahwa proses
pemberitahuan, mendengar serta memahami. Apabila Anda dapat melakukan dengan
baik, anda bisa mendapatkan timbal balik yang bermanfaat. Ada penggalan kata :
“Untuk mengelola bisnis dengan baik, pasarkanlah sesuatu untyk masa depan. Agar bisa menguasai masa depan, kuasailah informasi sebanyak-banyaknya melalui komunikasi yang efektif.”
Cara Berkomunikasi efektif itu mudah, dengan cara bertanya dan berbicara seperlunya dengan bahasa yang baik dan benar, memperhatikan tata cara dan sopan santun.
Berkomunikasi yang efektif harus diikuti dengan perilaku jujur, sehingga dapat membantu seorang wirausaha di dalam mengembangkan karir masa depannya. Jika tidak dapat berkomunikasi maka tidak mungkin bagi seorang wirausahawan dapat memperoleh kesempatan berbisnis, baik untuk menciptakan ide-ide, gagasan, maupun cara mengembangkan usahanya.
“Untuk mengelola bisnis dengan baik, pasarkanlah sesuatu untyk masa depan. Agar bisa menguasai masa depan, kuasailah informasi sebanyak-banyaknya melalui komunikasi yang efektif.”
Cara Berkomunikasi efektif itu mudah, dengan cara bertanya dan berbicara seperlunya dengan bahasa yang baik dan benar, memperhatikan tata cara dan sopan santun.
Berkomunikasi yang efektif harus diikuti dengan perilaku jujur, sehingga dapat membantu seorang wirausaha di dalam mengembangkan karir masa depannya.
Sedangkan kepemimpinan
adalah proses mengarahkan perilaku orang lain ke arah pencapaian suatu tujuan
tertentu. Kepemimpinan merupakan cara/gaya dalam berwirausaha, yang diharuskan
ada pada seorang pemimpin.
Ada beberapa tipe dalam gaya kepemimpinan dalam berorganisasi:
Pada dasarnya tipe kepemimpinan, bukan suatu hal yang mutlak untuk diterapkan
http://umarstain.blogspot.co.id/2009/04/komunikasi-dalam-kewirausahaan.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/kepemimpinan-dalam-berwirausaha/
http://belajarpsikologi.com/tipe-tipe-kepemimpinan/
Ada beberapa tipe dalam gaya kepemimpinan dalam berorganisasi:
1. Tipe Kepemimpinan Kharismatis
2. Tipe Kepemimpinan Paternalistis/Maternalistik
3. Tipe Kepemimpinan Militeristik4. Tipe Kepemimpinan Otokratis (Outhoritative, Dominator)
5. Tipe Kepemimpinan Laissez Faire
6. Tipe Kepemimpinan Populistis
7. Tipe Kepemimpinan Administratif/Eksekutif8. Tipe Kepemimpinan Demokratis
5. Tipe Kepemimpinan Laissez Faire
6. Tipe Kepemimpinan Populistis
7. Tipe Kepemimpinan Administratif/Eksekutif8. Tipe Kepemimpinan Demokratis
KESIMPULAN
Pandai berkomunikasi berarti pandai mengorganisasikan buah pikiran ke dalam bentuk-bentuk ucapan yang jelas. Berkomunikasi harus diikuti dengan perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seorang wirausaha dalam mengembangkan karir masa depannya.
Dalam berwirausaha komunikasi dan kepemimpinan harus seimbang dan sesuai, agar mendapat feedback yang baik. Karena komunikasi di dalam berbisnis akan mendapatkan kesempatan sukses jika disertai dengan perkembangan teknologi.
Pada dasarnya tipe kepemimpinan, bukan suatu hal yang mutlak untuk diterapkan
Oleh karena itu dalam aplikasinya, tinggal bagaimana kita menyesuaikan gaya kepemimpinan yang akan diterapkan dalam keluarga, organisasi/perusahan sesuai dengan situasi dan kondisi yang menuntut diterapkannnya gaya kepemimpinan tertentu untuk mendapatkan manfaat.
DAFTAR PUSTAKA
http://umarstain.blogspot.co.id/2009/04/komunikasi-dalam-kewirausahaan.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/kepemimpinan-dalam-berwirausaha/
http://belajarpsikologi.com/tipe-tipe-kepemimpinan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar