Oleh :
1. Lucia Debby Gracela Sihombing @L31-Lucia
2. Maulani Nurtilawah @L32-Maulani
3. Tania Salzabila Fajrin @L37-Tania
@Startup-L11 , @Proyek-L04
Abstrak
e-commerce (perdagangan
elektronik) memiliki konten yang melibatkan data / sistem / manajemen secara
otomatis. Industri ini akan melibatkan transaksi seperti transfer dana,
pemasaran online, jual beli , dan lain sebagainya.
kata kunci
e-commers, perdagangan, jual beli
Pendahuluan
Menurut pendapat Raymond E. Glos
dalam bukunya “Business : Its Nature and Environment: An Introduction” Bisnis
adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung
di dalam bidang perindustrian dimana sebuah perusahaan atau organisasi
melakukan perbaikan-perbaikan standar serta kualitas produk mereka. Dalam
berbisnis kita ingin memiliki keuntungan yang lebih (besar) dengan mudah,
cepat, dan praktis. Dijaman era modern seperti ini banyak saingan antara
pembisnis. Teknologi di Indonesia kini semakin canggih dan berkembang pesat,
contohnya dalam hal berbisnis yang bisa kita kenal e-commerce. E-commerce yang artinya
transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet.
Permasalahan
1. Apa
itu E-commerce?
2. Apa
sajakah yang termasuk dalam 5-C?
3. Apa
yang mempengaruhi faktor pendukung E-commerce?
4. Apa
saja manfaat E-commerce?
5. Apa
saja kelebihan dan kekurangan E-commerce
Pembahasan
E-commerce (perdagangan
elektronik), adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transimisi
dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet (Rebecca, 2016). Dalam
hal ini e-commerce memiliki konten yang melibatkan data / sistem / manajemen
secara otomatis. Industri ini akan melibatkan transaksi seperti transfer dana,
pemasaran online, jual beli , dan lain sebagainya. E-Commerce menurut Martin Kütz adalah
pertukaran barang dan jasa antara (biasanya) organisasi independen dan / atau
orang-orang yang didukung oleh penggunaan sistem ICT (Information & Commucation Technology)
yang komprehensif dan infrastruktur jaringan yang standar secara global..
E-commerce dengan
"5-C-model"
Pendekatan
lain untuk menjelaskan, apa itu E-Commerce, berasal dari model 5-C (Zwass
2014). Ini mengidentifikasi E-Commerce oleh domain aktivitas yang denominasi
dimulai dengan huruf "C":
1.
Commerce
(Perdagangan)
·
Di pasar elektronik ada pencocokan antara
pelanggan dan pemasok, penetapan persyaratan transaksi, dan fasilitasi
transaksi pertukaran.
·
Dengan perpindahan yang luas ke sistem
perusahaan yang didukung Web dengan kemampuan yang relatif seragam dibandingkan
dengan sistem warisan, hubungan rantai pasokan universal telah diciptakan
2.
Colaboration
(Kolaborasi)
·
Web adalah jaringan yang luas, atau jaringan,
hubungan antara rms dan individu.
·
Kolaborasi formal atau lebih sedikit
diciptakan atau muncul di Web untuk mempertemukan orang-orang yang terlibat
dalam pekerjaan pengetahuan dengan cara yang membatasi batasan
·
uang, waktu, batas nasional, dan organisasi
pembebasan.
3.
Communication (Komunikasi)
·
Sebagai media interaktif, Web telah
memunculkan beragam produk media.
·
Media universal telah menjadi forum untuk
ekspresi diri (seperti di blog) dan presentasi diri
·
M-Commerce yang berkembang pesat memungkinkan
konektivitas dalam konteks,
·
dengan produk dan iklan yang sensitif terhadap
lokasi.
·
Dalam domain komunikasi, Web juga berfungsi
sebagai saluran distribusi produk digital
4.
Connection (Koneksi)
·
Platform pengembangan perangkat lunak yang
umum, banyak di antaranya berada di domain open-source, memungkinkan spektrum
yang luas untuk memanfaatkan manfaat perangkat lunak yang sudah dikembangkan,
yang tentunya lebih sesuai dengan perdagangan dan kolaborasi mereka.
·
Internet, sebagai jaringan jaringan yang mudah
bergabung dan di luarnya relatif mudah untuk mengukir jaringan pribadi virtual,
merupakan jaringan telekomunikasi universal, yang sekarang berkembang luas di
domain mobile.
5.
Computation (Komputasi)
·
Infrastruktur internet memungkinkan pembagian
sumber daya komputasi dan penyimpanan berskala besar, sehingga mengarah pada
penerapan gagasan komputasi utilitas yang sudah berumur puluhan tahun.
Faktor Pendukung E-Commerce
Menurut Nimda (2016)
faktor-faktor yang mendukung e-commerce yaitu:
1. Cakupan
yang luas
2. Proses
transaksi yang cepat
3. E-Commerce
dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan
pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
4. E-Commerce
dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
5. E-Commerce
dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman
dan akurat.
Manfaat E-Commerce bagi konsumen atau pelanggan
Beberapa manfaat yang bisa
didapatkan oleh konsumen dari e-commerce (Sora, 2016), diantaranya:
1. Dimana
saja dan kapan saja
Konsumen dapat
bertransaksi kapan saja dan tentunya dapat membeli produk yang di inginkannya
kapan saja, selama ada koneksi internet.
2. Lebih
banyak pilihan produk dan jasa
Produk yang
ditampilkan dalam website e-commerce tentunya akan banyak pilihan, sebab untuk menupdate
informasi mengenai produk dapat dilakukan dengan mudah.
3. Harga
yang relatif lebih murah
Dapat dilihat
dan coba bandingkan biasanya harga dari produk yang ditawarkan di website
e-commerce relatif lebih murah di bandingkan dengan produk yang ditawarkan di
toko-toko fisik.
4. Ketersediaan
informasi
Tersedianya
informasi yang akurat mengenai informasi atau spesifikasi produk yang di
inginkan.
5. Memberikan
perbandingan harga saat berbelanja
Semakin
banyaknya e-commerce sehingga dapat memungkinkan konsumen untuk mencari produk
yang dicarinya dari beberapa website perusahaan dan nantinya konsumen akan
menentukan harga terbaik.
6. Kesempatan
berpartisipasi
Konsumen dapat
memberikan testimoni atau komentar mengenai pelayanan dan produk yang sudah
dibelinya. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Manfaat E-Commerce bagi perusahaan
Beberapa manfaat yang bisa
didapatkan oleh perusahaan dari e-commerce (Sora, 2016), diantaranya:
1. Buka
sepanjang waktu
Seperti situs
atau web e-commerce yang dapat beroperasi setiap waktu selama 24 jam sehari dan
tentunya setiap hari. Dapat disimpulkan hal seperti ini dapat meningkatkan
jumlah konsumen dan pesanan yang diterima akan semakin bertambah.
2. Melewati
batasan geografis atau jangkauan global
Toko fisik
tentunya akan dibatasi oleh wilayah geografis. Dengan menggunakan e-commerce
maka seluruh penjuru dunia dapat dikatakan wilayah untuk menjalankan bisnis.
Karena dengan e-commerce perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan jangkauan
yang lebih luas.
3. Dapat
memperoleh konsumen melalui pencarian di internet
Situs atau web
e-commerce perusahaan bisa saja ditemukan oleh konsumen jika mereka
mencarinya di internet dan tentunya hal ini akan menjadi salah satu keuntungan
yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam berbisnis karena pelanggan baru akan
berdatangan.
4. Biaya
promosi yang relatif rendah
Tentunya hal
seperti ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan dalam
mempromosikan produknya kepada para konsumen.
5. Mencari
produk menjadi lebih cepat dan akurat
Misalnya pada
situs atau web e-commerce perusahaan konsumen dapat mencari produk dengan cara
menklik katalog atau tombol menu yang telah disediakan di websitenya atau bisa
juga menggunakan kotak pencarian, sehingga konsumen dapat menemukan produk yang
diinginkannya.
6. Dapat
memberikan informasi yang akurat dan up to date
Tentunya informasi
akan semakin lengkap dan lebih mudah disampaikan kepada para konsumen. Biasanya
informasi tersebut berisi spesifikasi mengenai produk-produk yang dijual oleh
perusahaan. Informasipun dapat di update kapan saja jika ada pemberitahuan atau
penjelasan yang baru mengenai produk yang dijual kepada konsumen.
Kelebihan E-Commerce
Menuruh Cahyo (2015) ada tiga
aspek kelebihannya, yaitu:
1. Kelebihan
bagi organisasi
·
Dapat memperluas pasar hingga pada taraf
global/International
·
Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian,
pengambilan dan pengelolaan
·
Meningkatkan Brand perusahaan
·
Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan
yang lebih baik
·
Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
2. Kelebihan
bagi pelanggan
·
Dapat memberikan layanan tanpa ada batasan waktu
1 x 24 jam
·
Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam
pengiriman
·
Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat
membandingkan harga satu dengan lainnya
·
Dapat melakukan review komentar terkait produk
·
Dapat memberikan informasi lebih cepat
3. Kelebihan
bagi masyarakat
·
Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual
beli
·
Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga
seharusnya dapat lebih terjangkau
·
Dapat membantu pemerintah dalam pemberian
pelayanan publik
Kekurangan E-Commerce
Menurut Cahyo (2015) sementara
kekurangannya dalam dua aspek, yakni:
1. Kekurangan
dari segi teknis
·
Jika emplementasi buruk maka dapat terjadi
kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem yang ada
·
Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak
sangatlah cepat
·
Jika terjadi kendala pada bandwidth, maka dapat
terjadi kegagalan TI
·
Kesulitan dalam integrasi sistem
·
Terjadi masalah pada kompatibilitas sistem
2. Kekurangan
dari segi non-teknis
·
Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah
sistem E-Commerce
·
Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang
terhadap situs E-Commerce
·
Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi
dalam setiap transaksi secara online
·
Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
·
Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat
cepat
·
Masih belum murah dan amannya akses Internet
pada suatu negara tertentu.
Kesimpulan
E-commerce merupakan
transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. Dijaman era
modern E-commerce sudah bukan barang yang asing lagi, banyak pembisnis yang
menggunakan jasa e-commerce. E-commerce mempermudah kita dalam berbisnis,
sehingga bisnis bisa berjalan mudah dan praktis. Namun, disisi lain E-commerce
mempunyai beberapa kekurangan salah satunya mahalnya biaya dalam pembuatan
sebuah sistem E-commerce.
Daftar Putaka
Introduction to E-Commerce:
Combining Business and Information Technology 1st edition © 2016 Martin Kütz
& bookboon.com
Cahyo, 2015. Kelebihan dan
Kekurangan E-commerce. Nurulfikri.ac.id. dalam http://www.nurulfikri.ac.id/index.php/id/artikel/item/667-kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce.
Diunduh 5 April 2018
Armstrong, 2017. Apa Itu
E-commerce dan Untungnya Bagi Kita. Kompasiana.com. dalam https://www.kompasiana.com/hasanjoearmstrong/apa-itu-e-commerce-dan-untungnya-bagi-kita_58ff0cbf1fafbdfb72be8e0d.
Diunduh 5 April 2018
Nimda, 2012. Apa itu E-commerce.
Unpas.ac.id. dalam http://www.unpas.ac.id/apa-itu-e-commerce/.
Diunduh 5 April 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar