ABSTRAK
Dalam berbisnis,
komunikasi yang baik adalah suatu kebutuhan dalam berinteraksi dengan para
relasi. Dimana dengan berlatih komunikasi dimulai melalui jiwa kepemimpinan
yang terlebih dahulu dibangun.
Kepemimpinan dan komunikasi adalah dua hal yang sangat berkaitan erat, ditambah dengan dibutuhkannya dua hal tersebut dalam dunia bisnis. Melalui komunikasi, dapat terjalin hubungan yang baik antar relasi dalam berbisnis. Lalu bagaimana caranya membangun karakter kepemimpinan dan berkomunikasi dalam berwirausaha? Mari lihat pada penjelasan dibawah ini.
Kepemimpinan dan komunikasi adalah dua hal yang sangat berkaitan erat, ditambah dengan dibutuhkannya dua hal tersebut dalam dunia bisnis. Melalui komunikasi, dapat terjalin hubungan yang baik antar relasi dalam berbisnis. Lalu bagaimana caranya membangun karakter kepemimpinan dan berkomunikasi dalam berwirausaha? Mari lihat pada penjelasan dibawah ini.
KATA KUNCI
Komunikasi, bisnis,
kepemimpinan
PENDAHULUAN
Dalam kehidupan
bermasyarakat, khususnya bisnis, model kepemimpinan dan bagaimana seseorang
berkomunikasi adalah salah satu unsur yang sangat penting. kepemimpinan
menuntut seseorang dalam mengembangkan potensi dan memperbaiki cara seseorang
dalam bersikap.
RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana
etika dalam berkomunikasi?
2.
Bagaimana
kepemimpinan dapat meningkatkan kualitas komunikasi?
PEMBAHASAN
Komunikasi melibatkan
dua atau lebih manusia, sebab ketika berkomunikasi terjadi proses pengiriman
dan penerimaan pesan dari komunikator kepada komunikan. Komunikator dapat menyampaikan
pesan kepada komunikan melalui berbagai media, bergantung tujuan serta target
yang ditentukan. Setelah pesan tersampaikan, feedback dari komunikan yang
menerima pesan diperlukan. Sebab melalui feedback yang diberikan komunikan,
komunikator dapat mengetahui apakan komunikasi berjalan dengan efekti atau
tidak, atau apakah pesan berhasil tersampaikan dengan baik atau tidak. Dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar’ karangan
Dedy Mulyana, Bernard Berelson dan Gary A. Steiner menyatakan bahwa komunikasi
merupakan sebuah tindakan atau proses transmisi informasi, gagasan, emosi,
ketrampilan, dan semacamnya.
Komunikasi
dengan kepemimpinan sangat erat hubungannya. Seorang pemimpin harus memiliki
wawasan yang luas, jujur, bertanggung jawab , berani dalam mengambil keputusan,
dan ia juga harus mempunyai keahlian berkomunikasi yang sangat baik. Karena
komunikasi dapat menentukan berhasil atau tidaknya seorang pemimpin dalam
menjalankan tugasnya. Setiap pemimpin pasti memiliki bawahannya dimana bawahannya
tersebut akan mengeluarkan gagasan/ide yang akan dipaparkan. Sehingga seorang
pemimpin tersebut dapat mengambil keputusan berdasarkan gagasan/ide tersebut.
KESIMPULAN
Komunikasi dalam sebuah
kepemimpinan merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam mencapai
keberhasilan tujuan yang akan diraih oleh suatu organisasi. Oleh karena itu
seorang pemimpin hendaklah piawai dalam berkomunikasi baik itu verbal maupun
non verbal. Komunikasi yang baik akan akan mampu meningkatkan motivasi,
sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan hal ini akan
mampu meningkatkan kinerja serta control kerja juga akan terlaksana dengan
baik.
DAFTAR PUSTAKA
Rivai, dan Veithzal. 2004. Kepemimpinan dan Prilaku
Organisasi.( Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada.)
Syarif, Abdullah.
2014. Peranan Komunikasi Dalam
Kepemimpinan. Jakarta
Moedjiono Imam. 2002. Kepemimpinan dan
Keorganisasian. (Yogyakarta
: UII. Press.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar