Membangun Kreativitas untuk Mencapai Kesuksesan
Abstrak
Artikel ini menjelaskan tentang tahapan dalam
kreativitasagar menjadi suksesdalam berwirausaha, menjelaskan pengertian
kreativitas, inovasi dan menjelaskan jenis-jenis inovasi
Kata
Kunci
Kreativitas, Tahapan Kreativitas, Jenis Inovasi
Pendahuluan
Seiring perkembangan dan pesatnya persaingan dalam
berwirausaha menuntut wirausahawan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
mengembangkan produk atau jasa yang dimilikinya dalam rangka menyelaraskan
kebutuhan konsumen yang semakin beragam dan tanpa batas. Memasuki abad 21
sebagian besar “ futurist” menyebutkan bahwa perusahaan semakin
lama cenderung semakin bertambah ramping. Itu dimaksudkan agar perusahaan dapat
bekerja secara lebih efisien dan fleksibel, sehingga dapat mengikuti setiap
boptimal. Terlebih lagi pada kondisi pasar yang terpilah-pilah menurut Alfin
Tofler, pasar masal telah terpecah dan berubah menjadi pasar kecil menuntut berbagai
spesialisasi model, warna, jenis produk, ukuran dan sebagainya. Dari situllah
tercipta era persaingan bebas.
Pembahasan
kreativitas
Untuk menjadi sukses berwirausaha yang kreatif,
seseorang tidak dapat melakukannya begitu saja. Ada proses yang harus dilalui.
Proses kreativitas melibatkan adanya ide-ide baru, berguna, dan tidak terduga
tetapi dapat diimplementasikan. Tahap yang biasa dilalui dalam suatu
kreativitas yaitu :
a) Persiapan (Preparation)
Meletakkan
dasar pemikiran, mempelajari latar belakang masalah, seluk beluk dan
problematikanya.
b) Penyelidikan (Investigation)
Melakukan
penyelidikan terhadap hal-hal yang akan dikembangkaan
c) Transformasi (Transformation)
Berkaitan
dengan proses konversi/perubahan dari data sumber ke data tujuan.
d) Penetasan (Incubation)
Mengeluarkan
atau mendapatkan ide, gagasan baru, pemecahan masalah, penyelesaian, cara
kerja, jawaban baru dan lain-lain.
e) Penerangan (Illumination)
Memberikan
uraian yang jelas pada persoalan yang ada sehingga menjadi semakin terang pokok
persolan dan pemecahannya.
f) Pengujian (Verification)
Melakukan
pengujian kecil maupun besar dengan alat bantu uji statistik, matematik,
historis, maupun diskriptif.
g) Implementasi (Implementation)
Mengimplementasikan
semua yang telah diperoleh agar semakin menunjukkan hasil yang semakin baik dan
sempurna.
Dari beberapa poin di atas tentunya kreativitas itu
sangat penting dan modal utama yang harusdimiliki seorang wirausahawan .
Karena tanpa kreativitas produk yang dihasilkan akan kalah saing dan tidak
mampu bertahan untuk menghadapi persaingan pasar.
Inovasi
Inovasi merupakan penerapan secara
praktis gagasan kreatif. Inovasi tercipta karena adanya kreativitas yang
tinggi. Inovasi adalah kemampuan untuk membawa sesuatu yang baru ke dalam
kehidupan. Inovasi adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi atau
melihat hubungan-hubungan baru antara unsur, data, variabel, yang sudah ada
sebelumnya.
Secara etimologis,
inovasi berasal dari bahasa Latin: in + novus, novare. In berarti masuk,
novus berarti baru yang kata kerjanya menjadi novare, memperbaharui.
Inovasi terdiri dari empat jenis, diantaranya penemuan,
pengembangan, duplikasi dan sintesis.
- Penemuan.
Kreasi suatu produk, jasa, atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konsep ini cenderung disebut revolisioner.
- Pengembangan.
- Duplikasi.
- Sintesis.
Contoh
Kasus
Reza Nurhilman adalah pemuda di
balik populernya “keripik setan” Maicih. Berpikir out of the box, Reza memulai
bisnis keripik singkong super pedas ini sendirian pada usia 23 tahun. Dia
mendirikan UKM ini dengan menggandeng produsen keripik lokal di Bandung.
Bermodal awal Rp 15 juta, Reza
memasarkan produknya dari mulut ke mulut dan memanfaatkan situs jejaring sosial
Twitter. Dia lalu menerapkan pola keagenan yang disebutnya “jenderal” untuk
lebih dapat menjangkau konsumen.
Kesuksesan Maicih bahkan
menginspirasi orang lain untuk membuat produk serupa. Ada yang mengambil
singkong sebagai bahan baku. Ada pula yang mengambil bahan lain untuk dijadikan
keripik, seperti ubi.
Yang menakjubkan, pengusaha keripik-keripik pedas itu rata-rata berusia
muda, dan sukses. Mungkin mereka terinspirasi kreatifitas Reza dalam memasarkan
Maicih hingga ke luar kota.
DAFTAR PUSTAKA
Suryana, 2001, Kewirausahaan.
Jakarta: Salemba Empat
Sahlan Sulaiman,
Wasman, Multi, 1998 Dimensi Sumber Kreatifitas Manusia. Bandung
,Sinar Baru.
Frinces, Heflin. 2004. Kewirausahaan dan Inovasi
Bisnis, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Penerbit Darusalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar