@Startup-L13, @Proyek-L01
1. Devi Yanti Naibaho, @L36-Devi
2. Daffa Aziz Tandjung, @L38-DAffa
3. Lestari Febrina Tanjung, @L39-Lestari
4. Naqi Min Gil, @L40-Naqi
Abstrak
Kata motivasi
akhir-akhir ini sering digunakan, baik itu seorang artis, buku-buku populer,
seminar-seminar, bahkan seorang wirausahaan. Seorang entrepreneur selalu
memiliki motivasi dalam diri mereka untuk memotivasi mereka untuk tetap maju
dan pantang menyerah.
Motivasi akan menguatkan ambisi, meningkatkan inisiatif dan akan membantu dalam mengarahkan energi kita untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dengan motivasi yang benar kita akan semakin mendekati keinginan kita. Biasanya motivasi akan besar, bila orang tersebut mempunyai visi jelas dari apa yang diinginkan. Ia mempunyai gambaran mental yang jelas dari kondisi yang diinginkan dan mempunyai keinginan besar untuk mencapainya.
Motivasi akan menguatkan ambisi, meningkatkan inisiatif dan akan membantu dalam mengarahkan energi kita untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dengan motivasi yang benar kita akan semakin mendekati keinginan kita. Biasanya motivasi akan besar, bila orang tersebut mempunyai visi jelas dari apa yang diinginkan. Ia mempunyai gambaran mental yang jelas dari kondisi yang diinginkan dan mempunyai keinginan besar untuk mencapainya.
Kata Kunci
:
motivasi berwirausaha, inisiatif dan proaktif, sukses dan berprestasi.
Pendahuluan
Motivasi adalah
dorongan dalam diri kita yang membuat kita bertindak. Motivasi adalah sebuah
proses yang membuat kita memulai, dan motivasi membimbing kita untuk melakukan
hal yang sesuai dengan tujuan tertentu, dan mempertahankannya sampai tujuan itu
tercapai. Bangun kejelasan dalam diri Anda sendiri. Apakah Anda memiliki impian
untuk menjadi orang hebat, karyawan hebat, pengusaha hebat, atau apapun juga.
Motivasi dapat dikembangkan dengan menemukan kebutuhan bersifat fisik,
keamanan, mental, psikologi, sosial dan ekonomi dalam lingkungan kerja dan
kewirausahaan serta menciptakan kondisi bagi pemenuhan kebutuhan yang
memotivasi dengan menciptakan suatu keinginan untuk bekerja keras/giat,
berprestasi dan sukses.
1.
Permasalahan
a. Apa pengertian motivasi dalam
berwirausaha ?
b. Apa Pola Pikir Bertumbuh atau Pola
Pikir Mati dalam membangun motivasi berwirausaha ?
c. Bagaimana motivasi mencapai sukses
dan berprestasi dalam berwirausaha ?
d. Contoh seorang entrepreneur
2.
Pembahasan
A. Apa itu Motivasi ?
Perkataan “MOTIVASI”
berasal daripada perkataan Bahasa Inggris yaitu “MOTIVATION“. Kata motivasi
berasal dari akar kata "motive" atau "motiwum" yang berarti
'a moving cause' yang berhubungan dengan 'inner drive, impulse, intension'.
Kata "motive" atau "motif" ini bila berkembang menjadi
motivasi, artinya menjadi 'sedang digerakkan atau telah digerakkan oleh
sesuatu, dan apa yang menggerakkan itu terwujud dalam tindakan'. Motivasi
adalah sebuah proses yang membuat kita memulai, dan motivasi membimbing kita
untuk melakukan hal yang sesuai dengan tujuan tertentu, dan mempertahankannya
sampai tujuan itu tercapai.
You miss 100% of the shots you don’t take.
–Wayne Gretzky
B. Apa Pola Pikir Bertumbuh atau Pola
Pikir Mati dalam membangun motivasi berwirausaha ?
Dalam buku yang berjudul Mindset,
Carol S. Dweck menjelaskan bahwa manusia menjalankan kehidupannya dengan salah
satu dari dua pola pikir ini. Apakah dia merasa bahwa kehidupannya sudah
takdir, ia tidak bisa, ia tidak berbakat, ia tidak percaya diri, ia hanya bisa
begitu dan tidak bisa seperti orang lain, yang mana ini disebut dengan pola
pikir mati. Ia merasa segala hal di dunia ini harga mati. Jika sudah A ya akan
A selamanya. Sedangkan orang yang menjalankan kehidupannya dengan pola pikir
bertumbuh adalah ia merasa apapun di dunia ini bisa asal ia tahu caranya, ia
bisa mengembangkan dirinya untuk bisa mencapai apa yang ia inginkan. Asal ada
niat, maka apapun bisa dipelajari, apapun bisa dicapai.
I think anything is possible if you have the mindset and the will and
desire to do it and put the time in. – Roger Clemens
C. Motivasi Mencapai Sukses dan Berprestasi
dalam Berwirausaha
Motivasi berkaitan dengan suatu tujuan, dengan kata
lain motivasi berfungsi
sebagai pendorong usaha dalam pencapaian prestasi. Hal ini berarti motivasi berprestasi
sangat diperlukan oleh seorang wirausahawan untuk memajukan usahanya. Oleh sebab itu, dengan memiliki motivasi berprestasi dalam menjalankan
wirausaha seorang wirausahawan akan mampu berpikir inovatif, dan kreatif serta
memiliki semangat juang (motivasi berprestasi) dalam mengembangkan usaha yang
dirintisnya.
Beberapa cara
menumbuhkan motivasi dalam berwirausaha :
1. Dengan
paksaan (by force) atau melalui perintah atau instruksi bersifat memaksa.
2. Dengan
persuasif (persuasion) melalui cerita-cerita yang menarik, sehingga subyek
terpikat dan atas kemauan sendiri meniru gambaran tentang keberhasilan orang
lain.
3. Dengan
stimulasi (stimulation) melalui gambaran dan petunjuk, sehingga subyek tertarik
dan timbul inisiatif sendiri untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan minat
dan kemampuannya.
4.
Belajar dari konsep 3M yaitu : Mulai dari yang kecil, Mulai
dari diri sendiri dan Mulai saat ini juga.
Only those who have learned the power of
sincere and selfless contribution experience life’s deepest joy: true
fulfillment. – Tony Robbins
Contoh Entrepreneur Muda Sukses Meski Masih Kuliah di
Indonesia.
1) Hafiza Elfira
Menempuh pendidikan di Universitas
Indonesia, Depok merupakan tantangan sendiri bagi mahasiswi berusia 22 tahun.
Tidak hanya pintar dalam bidang akademis, Hafiza memiliki otak bisnis ketika
masih kuliah. Berawal dari sebuah social entrepreneur di bawah Nalacity
Foundation, wanita ini gemar memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu penderita
kusta. Namun,dalam waktu yang cukup panjang dia berhasil membuat bisnis
manik-manik yang laris di pasaran. Hasilnya ratusan juta rupiah bisa dia ambil
selama kuliah.
2) Yasa Singgih
Anda tidak akan percaya dengan hasil yang
diraihnya pada umur yang masih muda, yaitu sekitar 20 tahun pada 23 April 2016
nanti. Ya, meski masih memiliki umur yang relatif muda Yasa telah berhasil
menjalani banyak sekali bisnis, antara lain konsultan, properti, dan fashion
dengan brand Men’s Republic. Pria lulusan Bina Nusantara ini
sudah terbiasa berbisnis sejak usia 15 tahun, ketika ayahnya diklaim memiliiki
penyakit jantung. Never too young to become a billionaire! Menjadi
jargon yang selalu memotivasinya untuk maju dan mengembangkan bisnis.
3) Nicholas Kurniawan
Kaskus memiliki jaringan yang kuat
sehingga mudah dalam pemasaran, hal tersebut sangat dirasakan oleh Nicholas.
Berawal dari ekonomi keluarga yang terpuruk dan terbelit banyak hutang, dia
akhirnya mencari cara untuk menekuni bisnis. Terbukti ada bisnis MLM, makanan,
dan mainan pernah dia coba sebelum beranjak ke Kaskus. Hingga pada suatu saat
dia menceburkan dirinya untuk berjualan di Kaskus sebagai Eksportir ikan hias.
Tidak tanggung-tanggung omset yang dapat dia peroleh berkisar ratusan juta
rupiah dalam satu bulannya.
Kesimpulan
Ada dua tipe orang
kalau kita lihat dari cara ia termotivasi. Yang pertama adalah ia termotivasi
kalau ingin mencapai sesuatu. Yang kedua adalah orang yang termotivasi jika
akan kehilangan sesuatu atau akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Begitu
pula seorang
Wirausahawan mereka harus memilih menjadi tipe pertama atau
kedua, yang dimana mereka
harus mempunyai motivasi tinggi dalam prestasi demi mencapai tujuan yang
diinginkan.
Daftar Pustaka
Damayanti, Retno. 2015. KEWIRAUSAHAAN: MOTIVASI
BERPRESTASI KEWIRAUSAHAAN. Dalam http://retnoengineteacher.blogspot.co.id/2015/05/v-behaviorurldefaultvmlo_25.html.
Diakses 06 Maret 2018.
Setiawan, Agus. Apa
dan Bagaimana Membangkitkan Motivasi dalam Diri. Dalam http://aquariuslearning.co.id/motivasi-apa-dan-bagaimana-membangkitkan-motivasi-dalam-diri/.
Diakses 06 Maret 2018.
M.G. WI ENDANG NP. 2012.
Analisis Faktor Motivasi Berwirausaha. Jurnal
Profit, Volume 6, Nomor 1, Juni 2012. Dalam http://ejournalfia.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/136.
Diunduh 06 Maret 2018.
Jati, Waluya. 2009. Analisis
motivasi wirausaha perempuan (wirausahawati) di kota malang. HUMANITY, Volume IV, Nomor 2, Maret 2009:
141 – 153. Dalam http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/820/3006.
Diunduh 06 Maret 2018.
Aidha, Zuhrina. 2016. PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
MAHASISWA
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA. Jurnal
JUMANTIK Vol. 1 No.1 Nopember 2016.
@L11-Aldy
BalasHapus@Startup-L04
Mengapa kita takut untuk melangkah dalam melakukan suatu hal dan mengapa terkarang kita enggan dalam merubah pola pikir kita?
@L08-Rizky
BalasHapus@Startup-L04
Gak ada yg mau di komentarin, bagus semua.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus@L20-Nabila
BalasHapus@Startup-Nabila
artikel ini sangat membantu dan menarik sehingga memotivasi saya untuk lebih bersemangat dalam berwirausaha
@L32-Maulani
BalasHapus@Starup-L11
Artikel ini sangat bermanfaat, lalu menurut kalian bagaimna para wirausaha tersebut menghadapi persaingan sekarang yang semakin berkembang?
@L26-Alvian
BalasHapus@Startup-L10
Menurut saya pemaparan dari kelompok ini sudah bagus, mereka kompak dalam memaparkan materi. Tetapi sayang nya presentasi kelompok ini kurang lengkap karna salah satu anggota nya tidak ada
@L17-Humairoh, @Startup-L06
BalasHapusMenurut anda seberapa besar pengaruh orang disekeliling kita untuk memulai berwirausaha?
Artikel ini baik dan hampir dikatakan dapat memotivasi kita semuanya. Menurut kalian bagaimana supaya kita tetap termotivasi pada saat usaha kita sedang mengalami penurunan? Karena terkadang banyak hal hal ketika kita berwirausaha yg dapat membuat kita down khususnya kegagalan
BalasHapus@L13-Huda
BalasHapus@Startup-L05
Menurut anda cara paling efektif untuk memotivasi agar seseorang mau berwirausaha itu seperti apa?