1 . FEMALE DAILY
Female Daily adalah sebuah web dan aplikasi yang memberikan
informasi seputar wanita dan kecantikan dan merupakan forum untuk para wanita
berbagi pegalaman mengenai segala hal yang wanita butuhkan seperti make up dan
perawatan kulit.
Ide untuk mendirikan startup bisa didapatkan dari mana
saja, salah satunya berasal dari hobi. Female Daily
merupakan salah satu startup yang berangkat dari hobi blogging yang dilakukan
Hanifa Ambadar dan Affi Assegaf. Semula mereka berdua mengerjakan Female Daily
secara paruh waktu di sela-sela kesibukan mereka sebagai karyawan.
Sejarah
Female Daily.com
Pada tahun 2005, Female Daily mulanya adalah sebuah blog
pribadi dengan konten fashion dan kecantikan yang dikelola oleh Hanifa.
Kemudian pada Desember 2006, Hanifa menemukan blog Affi – yang ternyata kakak
kelasnya sewaktu di SMA – yang saat itu bekerja di MAC Cosmetics. Setelah
perbincangan yang cukup intensif berbulan-bulan, tepat pada April 2007 Affi
bergabung dengan Female Daily untuk bersama-sama membesarkan blog ini.
Ketika itu mereka berdua sudah mengamati potensi dari
sebuah blog pribadi yang bisa menjadi bisnis atau media yang sangat berpengaruh
seperti yang sudah terjadi di luar negeri seperti blog Stylebubble dan Bryanboy. Bahkan saat mereka masih mengerjakan
Female Daily secara paruh waktu pun sudah mendatangkan klien dan penghasilan
dari iklan. Berawal dari pengalaman itu muncul gagasan untuk menjadikan Female
Daily lebih profesional bukan sekedar blog pribadi.
Setelah memutuskan untuk menjadi lebih fokus pada tahun
2009, Hanifa dan Affi mengubah Female Daily menjadi tidak hanya membahas
fashion dan kecantikan saja, melainkan juga merambah topik lainnya yang masih
terkait dunia wanita termasuk shopping, parenting, anak-anak, dan keluarga.
Visi Female Daily adalah “To be the company that best understand women,
empower women, and connect women to each other” yang artinya
“Menjadi perusahaan yang paling memahami wanita, memberdayakan wanita,
dan menghubungkan wanita satu sama lain”.
Lima
strategi bisnis Female Daily.com
Beberapa strategi mengapa Female Daily.com yang semula
merupakan blog pribadi kini bisa menjadi media yang mendulang kesuksesan
sedemikian rupa.
1.
Milikilah passion dalam menulis dan hayatilah
passion tersebut. Hanifa menekankan kembali bahwa ia mendirikan Female Daily
lebih karena hobi dan passion dalam menulis segala hal mengenai fashion dan
kecantikan, bukan semata-mata hanya karena adanya peluang bisnis. Inilah yang
menjadikan Female Daily memiliki “jiwa” dalam bahasa penyampaiannya.
2.
Gaya kepenulisan yang berorientasi pada
pembaca dan berdasarkan pengalaman pribadi. Female Daily menyadari bahwa
pembaca adalah aset utamanya. Kesadaran ini yang membuat gaya kepenulisan
Female Daily senantiasa menggunakan sudut pandang pembaca. Bukan hanya itu,
agar lebih mengakrabkan diri, tulisan-tulisan yang tersedia di Female Daily
juga mendapatkan sentuhan personal karena hasil dari pengalaman pribadi.
3.
Selain memperhatikan kualitas tulisan, perhatikan
juga kualitas visual. Untuk membuat media yang menarik perhatian pengunjung,
Female Daily menyadari bahwa kualitas konten mereka bukan hanya berasal dari
tulisan, melainkan juga visualitas berupa foto dan video. Untuk membuat foto
dan video yang bagus demi memperkaya tulisan-tulisannya, Female Daily sengaja
memproduksi foto dan videonya sendiri agar mendapatkan kualitas yang
diinginkan.
4.
Sediakan
fasilitas bagi pembaca untuk berkontribusi. Lagi-lagi Female Daily menyadari
benar bahwa pembaca merupakan aset utama sehingga perlu diperlakukan istimewa
dengan menyediakan mereka fasilitas untuk turut berekpresi dan berbagi. Salah
satu wujudnya adalah beauty review platform bernama Reviews
Female Daily yang memudahkan pengunjung untuk mengetahui hasil review
mengenai kecantikan seperti skincare dan make up yang sesuai dengan usia, jenis
kulit, dan warna kulit mereka. Ada juga Forum
Female Daily yang memudahkan pengunjung mendapatkan informasi
mengenai kecantikan, fashion, kesehatan, keuangan, karir, travelling,
pernikahan, dan lainnya dari sesama pembaca.
5.
Membangun komunitas yang khas dan
memperkuatnya dalam kegiatan online juga offline. Dalam pandangan Female Daily,
melakukan networking dan menambah koneksi merupakan nilai tambah dari sebuah
bisnis media. Sampai tulisan ini diturunkan tercatat ada lebih dari 150.000
pengguna terdaftar Female Daily dimana mereka saling berbagi pengalaman,
memberikan rekomendasi produk, dan lainnya. Bukan sebatas di dunia maya, Female
Daily juga mempertemukan mereka dalam kegiatan-kegiatan offline.
Pendapatan Female Daily
Selama
ini Female Daily menghasilkan pendapatan melalui :
· content
creation, seperti : sponsored post, video blog dan newsletter
· content
marketing & community engagement, seperti : event sponsorhip, forum
sponsorship, online activation, dan influencer identification
· display
ad, seperti : banner dan mobile ads
· community
insight, seperti : data mining, brand & competitor research, consumer
insight/survey, dan forum group discussion
Untuk
mengoptimalkan pendapatan, Female Daily memiliki tim sales tersendiri yang
gencar untuk mengajak para pemilik brand atau digital agency untuk bekerjasama.
(Pengunjung situs
Female Daily)
Penghargaan Female Daily
· Best
Blog Award 2007
· SWA
Magazine 100 Digital Entrepreneurs 2012
· SWA
Magazine Young N Cool Entrepreneurs 2013
· Winner
of Kartini 2.0 Indonesian Women Digital Award 2013
· Endeavor
High Impact Entrepreneur Candidate 2014
· Winner
of British Council International young Craetive Entrepreneur 2011
· The
Marketeers 100 Most Influential Youth Women Netizen 2012
Female Daily kini berada di bawah badan hukum PT. Daily
Dinamika Kreasi dengan memiliki 7,8 juta pageview per bulan, 1,5 juta
pengunjung unik per bulan, 26 pegawai tetap, dan 10 pegawai paruh
waktu/freelance. Female Daily juga membuat aplikasi mobile baik untuk pengguna
Android maupun iOS.
Daftar
Link:
2. BRIDE STORY
BrideStory adalah situs
direktori pernikahan di mana para calon pengantin bisa memperoleh referensi
unik seputar konsep pernikahan. Sejumlah referensi tersebut biasanya berasal
dari pinterest dan bisa dipilih
sesuai dengan kategori atau inspirasi warna yang diminati. Setelah puas
menelusuri informasi mengenai referensi yang menarik, maka selanjutnya calon
pengantin bisa memperoleh informasi mengenai vendor jasa pernikahan yang
menyediakan jasa dengan pilihan tema yang menarik.
BrideStory masih terus mengembangkan fitur dan layanan
agar bisa memfasilitasi hubungan antara para calon pengantin dengan keberadaan
vendor penyedia jasa pernikahan.
Sejarah BrideStory
Kevin
yang menjadi pendiri startup BrideStory sebelumnya mencari berbagai referensi
bisnis, Kevin menemukan fakta bahwa di tahun 2008 pendapatan yang diperoleh
dari bidang pemasangan iklan digital di Indonesia hanya 0.4 % saja. Nilai ini
tentu sangat kecil bila di bandingkan dengan pemasukan dari iklan digital di
Eropa dan Amerika Serikat yang sudah mencapai angka 15%.
Rasa
optimis kalau Indonesia juga bisa memiliki persentase belanja iklan digital
yang besar membuat Kevin bekerjasama dengan sejumlah rekannya untuk membentuk
digital marketing starup bernama
Magnivate. Keberhasilan Magnivate selama 4 tahun berdiri membuat perusahaan
periklanan dan kehumasan terbesar di dunia yang berasal dari Inggris memutuskan
untuk mengakuisisi Magnivate pada tahun 2012. Sejak diakusisi, nama Magnivate
pun berganti menjadi XM Gravity.
Di tengah keberhasilan sebagai pimpinan XM Gravity, Kevin
malah memutuskan untuk mundur dari perusahaan digital marketing yang sudah
dibesarkannya selama bertahun-tahun tersebut. Kevin malah memilih untuk
merintis bisnis baru di bidang pernikahan dengan startup yang dinamainya
BrideStory. Kevin
memang bukan pemain lama di bidang bisnis pernikahan. Namun ia mendapatkan
banyak bantuan dari sang istri Nastassya Saputra yang terlebih dahulu sudah
menekuni profesi sebagai wedding planner. Ada banyak informasi yang diperoleh
Kevin terkait dengan potensi bisnis pernikahan di Indonesia. Dengan
memanfaatkan informasi dan riset tentang bisnis pernikahan maka Kevin sepakat
untuk membuat konsep baru yang segar bagi BrideStory. Kevin
sempat menemukan fakta bahwa sejumlah startup yang menjalani bisnis di bidang
pernikahan memperoleh penghasilannya dari pemasangan iklan yang dilakukan oleh
vendor penyedia jasa pernikahan. Model bisnis seperti ini dimodifikasi oleh
Kevin agar bisa memberikan sentuhan referensi yang lebih menarik bagi para
calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.
3 Strategi Bisnis Bridestory
Dengan bertambahnya jumlah calon pengantin yang berkunjung
ke Bridestory (550,000+ calon pengantin per bulan!), jumlah vendor yang
terdaftar di Bridestory ini juga
semakin bertambah. Melihat pertumbuhan ini, para vendor ingin mengetahui
cara-cara untuk membuat profil mereka lebih menarik sehingga dapat memukau para
calon pengantin.
1. Pajang Produk Terbaik di Etalase Toko
Produk-produk yang bagus merefleksikan standar bisnis Anda dan dapat menarik perhatian para pelanggan jika dipajang secara atraktif. Pelanggan cenderung tidak masuk ke toko yang menjual barang yang sudah lama dan terlihat tidak menarik, maka kebanyakan dari penjual sangat peduli dengan inovasi dan tampilan visual. Oleh karena itu, menampilkan project terbaru di profil Anda adalah salah satu cara untuk membangun profil yang baik dan menarik para pelanggan.
2. Pilih Lokasi yang Bagus
Lokasi yang bagus juga berpengaruh terhadap jumlah pelanggan yang mengunjungi toko. Maka dari itu, selalu ada harga premium untuk membuka toko di area strategis.
3. Berikan Customer Service yang Luar Biasa
Terakhir, dengan memberikan customer service yang luar biasa, Anda dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan para pengunjung. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah kecepatan pelayanan Anda - para pengunjung akan pindah ke toko lain apabila harus menunggu lama untuk dilayani.
Penghargaan
yang diraih BrideStory
Penghargaan yang pernah diperoleh Kevin antara lain
adalah Wira Muda Kreatif Indonesia 2012, finalis International Young Creative
Entrepreneur tahun 2010 dan 2012 serta Entreprenur of The Year 2013 dari Ernst
and Young’s Prestigious Award. Sejumlah penghargaan tersebut tentu menjadi
bukti eksistensi dan dedikasi Kevin Mintaraga di bidang bisnis digital.
Daftar
Link:
3.FABELIO
Fabelio adalah situs belanja online yang menjual furniture. Fabelio.com
yang memposisikan diri sebagai furniture dengan design-centric
products ini berusaha menyelesaikan masalah atau gap tersebut.
Berkolaborasi dengan berbagai furniture designer berbakat, Fabelio.com
menyediakan variasi furnitur berdesain indah, variatif, dan berharga terjangkau
karena operasinya dijalankan secara online! Fabelio.com memberdayakan local
designers, sekaligus pengrajin dari Jawa Tengah. Local
designer seringkali mendesain produk tanpa tahu kemana memasarkannya,
dan pengrajin seringkali membuat furnitur tanpa mengerti desain yang bagus. Dua
elemen ini dipertemukan dengan sebuah marketplace yang bringing
furniture to the next level. Kalau startup asli
Indonesia ini suatu saat benar-benar bisa disrupting furniture
market di tingkat regional, atau bahkan di global
Sejarah Fabelio
Fabelio yang didirikan awal tahun 2015 dan memutuskan
untuk bergerak di ranah furnitur memang tergolong baru di dunia e-commerce.
Namun karena bidang atau kategori baru yang dipilih inilah kemudian banyak
orang bertanya, mengapa mereka beritiga memilih ranah furnitur? Ternyata mereka
bertiga memilih bidang furnitur bukan tanpa alasan. Menurut Christian sendiri, ia dan teman-temannya
mengambil ranah futnitur di bisnis e-commerce ini karena ingin tampil beda.
Namun di balik alasan Christian ada sebuah asumsi dan latar belakang yang kita
hingga membuat mereka yakin memilih ranah ini. Alasan yang kuat tersebut adalah
latar belakang mereka yang sangat mendukung. Sebagai
informasi bahwa Marsel sudah lama menggeluti bidang desain furnitur dan bahkan
sudah punya perusahaan desain sendiri. Sedangkan Krisnan dan Christian
sebelumnya sudah berkecimpung di dunia e-commerce karena pernah
bekerja di Rocket Internet, Food Panda, Lazada dan Zalora. Dengan mantap akhirnya mereka
bertiga pada bulan Mei 2015 mendirikan e-commerce Fabelio di bawah
bendera PT Tiga Elora Nusantara. Mereka pun segera membangun tim dengan
tanggung jawab yang berbeda. Tim yang dibentuk sendiri terdiri dari bagian
pemasok, pemasaran, teknologi informasi dan desain. Setelah desain diberikan
maka para pemasok akan bekerja menyiapkan material dan tenaga produksi. Saat
ini sendiri Fabelio telah memiliki 25 pemasok dengan spesialisasi
masing-masing seperti produksi furnitur kayu jati, mahoni, pinus, kayu solid,
khusus pembuat sofa, dan seterusnya. Produk yang dijual Fabelio sendiri dibuat
dari bahan baku asli 100% kayu Indonesia.
Perkembangn Fabelio
Sampai detik ini pertumbuhan e-commerce Fabelio terpantau
cukup pesat. Bagaimana tidak di tiga bulan pertamanya saja mereka mencatata
pertumbuhan 200%. Untuk menarik konsumen, Christian menggratiskan biaya kirim
untuk area Jabodetabek. Selain itu Fabelio juga memberikan garansi 6 bulan.
Konsumen yang datang ke Fabelio sendiri menurut Christian bervariasi, ada yang
personal yaitu ibu-ibu rumah tangga hingga korporat seperti kantor, restoran,
hotel dan kafe.
Setelah sukes di Jabodetabek, tiga sekawan ini tak mau
kehilangan momentum untuk terus tancap gas. Buktinya, pada bulan Oktober
2015 mereka ekspansi ke pasar Surabaya. Lalu bulan Februari 2016
Fabelio membuka showroom di Jakarta dan Surabaya. Tak hanya itu,
Fabelio juga mulai aktif menjual aksesori seperti bantal kursi hingga
wallpaper art.
Daftar
Link:
4. BERRY KITCHEN
BerryKitchen
adalah sebuah startup online catering dengan konsep yang unik dan sukses
menjalankan bisnisnya di Indonesia. Ordernya telah mencapai 1000-1200 pax/hari.
Total karyawannya mencapai sekitar 65 orang.
Tidak seperti catering biasa, dapur BerryKitchen dikelola
secara profesional dan higienis, dikepalai oleh seorang Chef yang merupakan
partner bisnis Cynthia. Menariknya
model bisnis BerryKitchen ternyata tidak mudah untuk dikelola. Ada 3 aspek
sulit yang harus dikelolanya sekaligus : Logistik, Dapur dan Teknologi.
Meskipun hampir menyerah dalam menjalankannya, ia tetap teguh untuk trial &
error hingga akhirnya berhasil menemukan celah dan merapikan sistem bisnisnya.
Sejarah Berry Kitchen
Cynthia memulai BerryKitchen sejak akhir 2012. Sebelumnya
Cynthia bekerja di berbagai perusahaan seperti Groupon, YCAB Foundation, RCTI.
Dulu pada saat bekerja di kantor, Cynthia selalu mendapatkan makan siang. Namun
ia agak pemilih soal makanan dan kurang cocok dengan makanan yang didapatkannya
dari kantor. Jadi, makanannya sering tidak habis dan terbuang sia-sia,
kebetulan teman-temannya juga demikian. Cynthia ingin mencari catering diluar
kantor, namun sulit untuk menemukan yang menunya cocok, tidak ada minimum order dan
juga tidak ada delivery fee.
Kebetulan
sebelumnya Cynthia bekerja di Groupon dan ingin membuat bisnis online karena
merasa peluangnya besar. Selain itu, Cynthia saat itu melihat kategori makanan
masih hijau pasarnya, pemainnya belum ada dan dengan modal yang dimilikinya
paling mungkin adalah membuat bisnis makanan. Itulah awalnya muncul ide membuat
BerryKitchen.
Kelebihan Berry Kitchen
Berry Kitchen tidak hanya menyediakan menu makan siang
atau makan malam yang sama untuk semua pelanggannya. Setiap harinya terdapat 15
jenis menu baru yang dapat dipilih secara personal sesuai dengan selera dan
kebutuhan masing-masing pelanggan. Waktu makan tentu akan menjadi lebih seru
dan berkesan bersama dengan menu-menu variatif yang ditawarkan oleh Berry
Kitchen. Tak
hanya itu saja, Berry Kitchen juga menjamin kualitas bahan baku dan proses
pemasakan menu secara maksimal. Berry Kitchen melakukan pemilihan bahan baku
terbaik yang kemudian di proses oleh para chef Berry Kitchen yang profesional
dibawah pengawasan SOP (Standar Operation Procedure) yang ketat untuk
senantiasa menjamin kestabilan rasa dan higienitas menu catering dan bento
Berry Kitchen.
Daftar
Link :
https://www.maxmanroe.com/berry-kitchen.html
5.OLX
OLX Indonesia (sebelumnya
bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta
jasa secara daring.
OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau
bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga
lowongan kerja.
OLX merupakan pasar iklan baris online lokal yang dapat diakses melalui
internet dan juga melalui aplikasi pada ponsel. OLX saat ini telah berada di
106 negara di dunia, Angola, Argentina, Bangladesh, Brazil, India, Indonesia,
Portugal, Poland, Peru, Romania, Hungary, Bulgaria, Panama, Switzerland, South
Africa, Kenya, Nigeria, Thailand, Philippines, dan lainnya.
Sejarah OLX
OLX pertama kali dibentuk pada Maret 2006 oleh wiraswastawan internet
Fabrice Grinda dan Alex Oxenford, sekarang OLX telah dimiliki oleh Global Media
dan perusahaan digitalNaspers.
Naspers adalah grup media besar asal Afrika Selatan yang mulai masuk
pasar Indonesia lewat investasi di Tokobagus dan juga akuisisi Multiply yang
sudah berhenti beroperasi tahun lalu. Menurut pernyataan dari Naspers ketika
berinvestasi di OLX, sebagai grup, Naspers akan mengakuisisi atau mendirikan
sebuah komunitas internet di negara secara spesifik, sebelum mengembangkan
operasinya dengan masuk ke layanan-layanan seperti e-commerce, komunikasi dan
konten.
OLX yang sebelumnya adalah Tokobagus.com merupakan situs online
classified terbesar di Indonesia. OLX menyediakan media yang mudah, cepat dan
gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk
mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan
sehari-hari. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat
rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan
lowongan kerja dan layanan lainnya.
Kelebihan dan Kekurangan OLX.co.id
Kelebihan
OLX Indonesia menyediakan berbagai pilihan barang dan
jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh
daerah di Indonesia. Selain itu, apabila ingin melakukan kontak dengan penjual
yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi
terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa
yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga
maksimum dan minimum. OLX Indonesia juga tersedia dalam bentuk Mobile Version
dan Official Application for Android. Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan,
kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan
yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan”
buka “diharuskan”. Jadi, apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi
tambahan, anda tidak perlu membayar sepersenpun.
Kekurangan
Kekurangan
Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat
besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.
Penghargaan
Banyak penghargaan yang didapatkan platform marketplace ini
diantaranya “Gold Brand Champion 2013 of
Most Widely Used Brand” dari majalah MarkPlus Insight dan Marketeers, “Situs
e-commerce terbaik kategori online shopping Top Brand Award 2012” dari Frontier
Consulting Group dan majalah Marketing, Situs e-commerce terbaik (“The Great
Performing Website”) kategori Communication, dalam “Digital Marketing Award
2012” dari majalah Marketing, dan lembaga survei independen SurveyOne.
Daftar link:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar