Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari
toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang
memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia,
Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina.
Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, dll.
Saat ini Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile app, yaitu Zalora Mobile App yang dapat didownload pada Smartphone berbasis android. Zalora Android App ini memungkinkan para pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notification untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh informasi fashion terkini. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, peringkat dan ulasan produk.
Lebih jauh lagi, kemampuan built-in dari OS Android menjadikan tampilan animasi Zalora Android App lebih menarik, salah satunya ketika para pengguna akan menambahkan dan menyimpan belanjaan ke dalam shopping cart. Beragam pilihan metode pembayaran pun semakin memudahkan aktivitas belanja online pelanggan yang mendownload aplikasi ini.
Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, dll.
Saat ini Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile app, yaitu Zalora Mobile App yang dapat didownload pada Smartphone berbasis android. Zalora Android App ini memungkinkan para pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notification untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh informasi fashion terkini. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, peringkat dan ulasan produk.
Lebih jauh lagi, kemampuan built-in dari OS Android menjadikan tampilan animasi Zalora Android App lebih menarik, salah satunya ketika para pengguna akan menambahkan dan menyimpan belanjaan ke dalam shopping cart. Beragam pilihan metode pembayaran pun semakin memudahkan aktivitas belanja online pelanggan yang mendownload aplikasi ini.
Sistem Penjualan
Sistem penjualan pada Zalora
merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah
individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda
dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk
seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan.
Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun
internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah :
1. Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa
dan Bali. untuk pulau Sumatera dan Kalimantan dikenakan biaya pengiriman
apabila pembelian dibawah Rp 200.000. Sedangkan wilayah Indonesia Timur dan
Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.
2. Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3. 30 hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan
Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja via telepon dengan nomor : 021-29490100
- Senin s.d Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
- Sabtu : 09.00 - 13.00 WIB
email : help@zalora.co.id
2. Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3. 30 hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan
Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja via telepon dengan nomor : 021-29490100
- Senin s.d Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
- Sabtu : 09.00 - 13.00 WIB
email : help@zalora.co.id
Cara Pembelian
- Masuk
ke http://www.zalora.co.id.
- Pilih
kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang
diinginkan.
- Pada
halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk
memasukkan barang ke tas belanja.
- Jika
Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke
Pembayaran untuk melakukan transaksi.
- Anda
akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di
ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA,
Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
- Di
halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah
kolom yang wajib diisi.
- Kolom
Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat
tujuan pengiriman pesanan Anda.
- Kolom
Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan
(cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit).
- Kolom
Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan
sudah sesuai.
- Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.
Keamanan
Pihak zalora memberikan keamanan
terhadap proses pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui
Transfer ATM, dan jika masih tidak percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu,
pihak zalora memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung
apabila barang telah sampai. Zalora menjamin keamanan dari data yang di input
oleh costumer. ZALORA memastikan bahwa
informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi
pribadi Anda dengan cara:
- Membatasi
akses ke dalam informasi pribadi Anda
- Mengurus
dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer
yang tidak memiliki izin
- Secara
aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi
membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi
ZALORA menggunakan teknologi 128 - bit SSL (secure sockets
layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda. 128-bit SSL encryption
bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun
untuk rusak, dan ini adalah standar industri. Untuk lebih lengkapnya dapat
dilihat pada http://www.zalora.co.id/privacy-policy/.
Daftar Pustaka:
Maulyn, Fannisa. 2014. Zalora http://fannisamaulyn95.blogspot.co.id/2014/11/zalora.html.
Diakses tanggal 20 Agustus 2017.
Verdiaty, Yulita. 2012. Analisis We E Comerce Zalora. http://yulytaverdianti.wordpress.com/2013/07/08/analisis-we-e-commerce-zalora/.
Diakses tanggal 20 Agustus 2017
Zalora. 2017. Privacy Policy. http://www.zalora.co.id/privacy-policy/.
Diakses tanggal 20 Agustus 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar