Dibuat Oleh: Marselina Umasugi
Memiliki usaha butik yang sukses tentu menjadi dambaan kita sebagai pelaku usaha di bidang pakaian tersebut. Demi menggapai tujuan tersebut maka kita harus berusaha sekuat tenaga dalam menjalankan usaha yang kita miliki
tersebut agar cepat sukses.
Salah satu yang bisa kita lakukan untuk tujuan itu adalah dengan terus melakukan pengembangan usaha menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Biasanya, kita yang baru berkecimpung dalam usaha ini kebanyakan terlalu santai dan kurang produktif.
Karena dalam usaha ini kita biasanya hanya mengandalkan butik sebagai satu-satunya alat untuk mendapatkan pembeli. Kita jarang sekali melakukan promosi atau bahkan melakukan pengenalan terhadap usaha kita kepada orang lain yang belum pernah mengenal usaha kita.
Akhirnya kegiatan kita hanya menunggu pembeli, dari waktu ke waktu kita hanya menunggu seperti itu tanpa berfikir untuk melakukan inovasi pengembangan usaha apapun. Dalam kaitannya dengan pengembangan usaha, sebenarnya ada beberapa strategi yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan tujuan usaha.
Kita dapat melakukan strategi pengembangan usaha butik yang sederhana namun terarah dan sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Lalu strategi apa yang bisa kita lakukan, berikut penjelasan lengkapnya mengenai cara membuat usaha butik maju dan ramai!
Salah satu Contoh Strategi Pengembangan Usaha Butik yang bisa kita
lakukan adalah strategi menjemput bola yaitu kita bukan hanya menunggu
pembeli datang ke butik kita tetapi kita mencoba membaca butik kita ke
hadapan mereka yang sedang membutuhkan.
Dalam strategi ini kita akan memanfaatkan teknologi dan kecenderungan kebutuhan masyarakat yang menginginkan kemudahan, kenyamanan dan pelayanan penuh. Beberapa hal yang perlu di lakukan dalam strategi ini yaitu sebagai berikut:
Dalam strategi ini kita akan memanfaatkan teknologi dan kecenderungan kebutuhan masyarakat yang menginginkan kemudahan, kenyamanan dan pelayanan penuh. Beberapa hal yang perlu di lakukan dalam strategi ini yaitu sebagai berikut:
1. Membuka gerai toko online
Yang pertama merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat dimana masyarakat
sekarang cenderung lebih membutuhkan proses yang mudah dalam berbagai
hal begitu pun dalam hal berbelanja berbagai kebutuhan pakaian. Maka
dari itu kita bisa menggunakan sistem jual beli online yaitu dengan
membuka toko online untuk memperluas jangkauan konsumen.
Dengan menyediakan gerai toko online berarti kita mempermudah masyarakat
untuk membeli produk butik yang kita sediakan langsung dari rumah
mereka hanya dengan menggunakan perangkat yang tersambung dengan
internet. Dengan begitu orang yang jauh tidak perlu datang ke butik
kita.
Melalui sistem belanja online seperti itu berarti kita sudah bisa
menerapkan sistem jual beli yang diantar sampai tempat. Sistem jual beli
ini juga bisa kita sinergikan dengan menggunakan lebih banyak kemudahan
misalnya menggunakan aplikasi belanja yang bisa diunduh dan di pasang
di perangkat seluler.
2. Menerapkan sistem antar sampai rumah
Untuk daerah pedesaan yang belum memungkinkan kita bisa menerapkan
sistem COD (bayar di tempat). Dengan sistem tersebut maka pelanggan bisa
melakukan belanja dengan pesan singkat atau telepon untuk memesan
barang untuk kemudian bisa kita antar ke rumah.
3. Melengkapi alternatif cara pembayaran
Untuk masalah pengiriman tersebut kita bisa bekerja sama dengan penyedia jasa kurir yang ada di kota kita. Dengan demikian maka kita memiliki alternatif sistem pembayaran yang lebih banyak dan dapat memberikan lebih banyak kemudahan.
Jika mungkin, kita juga bisa menyediakan sistem belanja dengan sistem pembayaran yang lebih beragam. Jika perlu, mungkin kita bisa menyediakan sistem cicilan atau angsuran untuk produk-produk tertentu dengan persyaratan konsumen tertentu.
3. Melengkapi alternatif cara pembayaran
Untuk masalah pengiriman tersebut kita bisa bekerja sama dengan penyedia jasa kurir yang ada di kota kita. Dengan demikian maka kita memiliki alternatif sistem pembayaran yang lebih banyak dan dapat memberikan lebih banyak kemudahan.
Jika mungkin, kita juga bisa menyediakan sistem belanja dengan sistem pembayaran yang lebih beragam. Jika perlu, mungkin kita bisa menyediakan sistem cicilan atau angsuran untuk produk-produk tertentu dengan persyaratan konsumen tertentu.
4. Meningkatkan sistem promosi
Selanjutnya, untuk mendukung strategi tersebut kita bisa menerapkan
sistem promosi yang lebih intensif dan tertarget. Kita dapat
mengkombinasikan sistem promosi konvensional dengan sistem promosi
modern di internet untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
Sebagai contoh, selain promosi melalui media lokal kita juga bisa menggunakan media promosi online untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi menggunakan internet. Dengan begitu potensi calon pembeli akan lebih luas lagi dari sebelumnya.
Sebagai contoh, selain promosi melalui media lokal kita juga bisa menggunakan media promosi online untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi menggunakan internet. Dengan begitu potensi calon pembeli akan lebih luas lagi dari sebelumnya.
5. Membuka cabang usaha
Terakhir, kita dapat melengkapi strategi ini dengan membuka cabang usaha
di daerah lain. Cabang usaha ini bisa kita prioritaskan untuk daerah
yang potensi penjualannya lebih besar terlebih dahulu. Dengan begitu
dari waktu ke waktu kita bisa mencapai pelanggan yang lebih banyak dan
itu berarti usaha kita akan lebih berkembang lagi.
Mode
busana tidak pernah berhenti berputar dan berkembang, begitu pula dengan
industri busana yang terus berlomba untuk mempengaruhi konsumennya. Berbagai
macam kiat dan strategi membidik pasar terus digali oleh para pengusaha, semua
bertujuan agar produk busananya dapat diterima oleh masyarakat. Industri busana
yang semakin beragam, membuat masyarakat semakin mudah untuk menentukan pilihan
sesuai dengan kesempatan dan keinginan yang dibutuhkannya. Distro merupakan
salah satu alternatif tempat belanja busana yang sedang digemari oleh kawula
muda. Selain desain busananya yang eksklusif, warna dan jumlah produk yang
terbatas membuat busana disini banyak diminati. Oleh sebab itu strategi
membangun industri busana yang tepat sangat diperlukan untuk dapat
mempertahankan dan mengembangkan usaha kreatif ini.
Strategi Pemasaran
1. Inovasi menjadi lebih modern
Ini adalah fokus utama dari berbagai butik ketika pertama menajalankan bisnis, kita harus mencoba membuka pasar yang lebih luas bagi produk fashion.
Bahkan selain melakukan demi mengembangkan bisnis butik, kita juga harus
melakukan perluasan bisnis ke bidang-bidang lain dalam dunia fashion.
2. Perbaikan sistem manajemen
Demi mencapai pasar mancanegara. Oleh
karena itu sebagai pengusaha butik kita perlu untuk memperbaiki sistem manajemen dalam
bisnis kita agar siap bersaing dalam kompetisi fashion terutama di luar
negeri.
3. Pemasaran yang gencar
Selain dengan manajemen yang baik, Fashion juga harus melakukan
strategi pemasaran yang gencar agar produk yang kita kembangkan semakin diminati
terutama untuk pasar dalam negeri. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia,
seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makassar dan kota-kota lainnya.
Daftar Pustaka:
Anonim. 2017. http://www.bisnishack.com/2014/09/5-strategi-pemasaran-dian-pelangi.html Diakses tanggal 19 Agustus 2017
Anonim. 2016. http://usaha-sukses-untung-besar.blogspot.co.id/2015/10/contoh-strategi-pengembangan-usaha-butik.html Diakses tanggal 19 Agustus 2017
��
BalasHapus