@E29-Nike
Oleh : Nike Meiske Emeli
Sedikit
Nakal Banyak Akal
Mojok.Co
adalah salah satu media online atau situs yang berisikan humor. Mojok.co pertama kali diluncurkan
pada 28 Agustus 2014 dan dipunggawani oleh 6 orang yakni diantaranya Putut EA,
Arlian Buana, @rifqidab @macan_remrem dan @buluhijau.
Berawal dari obrolan di klinik buku KBEA, muncul ide pada Maret 2014. Mojok.co kini berusia satu tahun.
Berawal dari obrolan di klinik buku KBEA, muncul ide pada Maret 2014. Mojok.co kini berusia satu tahun.
Mojok.co tumbuh menjadi media segar yang tengah digandrungi masyarakat. Arlian Buana, salah satu pendiri dan kini jadi Pimpinan Redaksi Mojok.co. Dalam rangka ulang tahun pertamanya, Mojok.co meluncurkan 50 tulisan terbaik Mojok dalam bentuk buku. Banyak yang berubah ketika dalam format buku dan online, beberapa kata harus disensor seperti kata djancuk. Tulisan paling banyak pengunjungnya hingga kini di Mojok.co adalah milik Iqbal Aji berjudul “Surat Terbuka Kepada Pemilih Jokowi Sedunia”, hingga kini diklik 1 jutaan tangan viewers.
Makin
banyaknya media online dan derasnya arus informasi melalui media sosial memang
bisa membuat kita mendapatkan beragam informasi dengan mudah. Namun, banyak
media yang menyajikan informasi dan gaya yang serupa, sehingga membuat pembaca
jenuh. Berangkat dari kondisi tersebut, Arlian Buana dan lima orang rekannya terpikir untuk membuat
sebuah situs yang menyajikan konten dengan sudut pandang yang berbeda.
“Kebanyakan portal hiburan yang ada di Indonesia cenderung terjebak dalam
kedangkalan,” jelasnya.
Mojok.co adalah media
selow yang mewadahi tulisan para penulis yang punya energi serta kreativitas
berlebih. Sebuah media alternatif dengan konten segar dan menghibur. Media
untuk bersenang-senang dan bergembira bersama. Mojok.co saat ini menerbitkan
lima artikel per hari, dengan pilihan tema yang beragam (22 rubrik berbeda).
Konten di Mojok.co adalah kiriman dari para kontributor. Email: redaksi@mojok.co.
Mojok.co,
media alternatif yang muncul dari kejenuhan terhadap media mainstream. Mojok.co
mencoba memberikan pandangan dari kacamata yang mungkin hanya terlintas di
kepala sebagian kecil orang. Mojok.co tidak hanya menyediakan konten berupa
artikel, portal ini juga menampilkan komik dan video.
Kebanyakan dari artikel di
Mojok.Co mengulas isu-isu politik dalam negeri. Ada pula yang mengangkat isu
religi, dan berita-berita hangat lainnya. Situs yang berpusat di Yogyakarta ini
pun mengajak para pembacanya untuk turut berkontribusi menuliskan cerita-cerita
yang ‘Sedikit Nakal Banyak Akal’, sebuah tagline yang
menggambarkan konten situs Mojok.Co.
Konten Kreatif dan Kurasi Ketat
Menurut
Arlian, ujung tombak utama dari Mojok.co adalah konten kreatif. Meski begitu,
tidak sembarang konten bisa masuk dengan mudah di situs ini. Setiap hari mereka
menerima lebih dari 10 naskah dan hanya satu yang dipilih. Tidak hanya konten
lucu atau mengandung ide segar saja, namun juga harus disertai dengan argumentasi
yang memadai.
Terkait
pendanaan, Mojok.co masih beroperasi secara bootstrap. Sayangnya, Arlian enggan
menjelaskan tentang proses monetisasi mereka. Ia hanya mengatakan strategi bisnis
mereka dilakukan dengan content creation dan community engagement. Meski
mengklaim belum memiliki kompetitor langsung, sejumlah situs, seperti Hipwee dan Nyunyu.com akan menjadi
kompetitor tidak langsung mereka. Menurut Similar Web,
situs Mojok.co sendiri berada di peringkat 3.733 di Indonesia.
Menurut Aditya Rizki, IT staff Mojok.Co,
kini jumlah pengunjung situs Mojok.Co mencapai rata-rata 10.000 pengunjung per
harinya, dengan jumlah klik (pageview) hingga 50.000. Bahkan pada saat-saat
tertentu, pengunjung bisa mencapai 50.000 per hari, dengan jumlah klik
lebih dari 100.000.
Mojok.co telah sukses menjadi
situs yang banyak dikunjungi, khususnya bagi mereka yang gemar bacaan berakal
dan penuh humor. Situs yang satu ini banyak menawarkan artikel-artikel yang cerdas
dalam membuat candaan, namun tak sembarang berucap. Singkat kata, hiburan yang
‘pintar’ bagi para pembacanya.
Mojok.co
kini tumbuh menjadi media yang menjadi rujukan bagi segenap insan yang sudah
tiada tahan dengan aneka tulisan di media mainstream yang hanya menampilkan
sudut pandang yang itu-itu saja. Singkatnya, Mojok kini bertranformasi
menjadi media yang sangat luar biasa.
Mojok.co
juga memiliki nilai bisnis yang jelas dengan para penulis. Terlihat dari
kejelasan bahwa Mojok.co berani memberi apresiasi berupa honor. Meski demikian,
Mojok.co membebaskan para penulisnya mempublikasikan ulang hasil tulisan yang
telah masuk, pada media lain. Penantian seminggu setelah tulisan dimuat,
barulah penulis boleh mempublikasikan pada media lain, angkanya tidak
berlebihan mengingat memang apresiasi yang ditawarkan Mojok.co sepadan dan juga
para penjaga gawang yang menyeleksi tulisanmu, sudah wara-wiri tingkat
nasional.
Tetapi, kini Mojok.co resmi
ditutup setelah 2,5 tahun menyajikan beragam opini publik dengan gaya tulisannya
yang khas, usil, nyentrik dan terkadang menggelitik. Penutupan Mojok.co sendiri
pertama kali diumumkan pada 28 Februari 2017. Melalui akun Facebook pribadinya,
Puthut EA, orang yang kerap disebut sebagai Kepala Suku di Mojok.co (Pimpinan
Redaksi), mengumumkan bahwa situs tersebut akan ditutup pada 28 Maret 2017. "Tanggal
28 Maret, Mojok telah dimatikan (shut down). Kami merasa Mojok sudah memenuhi
cukup syarat untuk ditutup. Selama 2,5 tahun, Mojok sudah berusaha mengambil
ruang kecil di sebuah sudut gelap literasi kita. Soal apakah berhasil atau
tidak, saya kira itu bukan urusan dan bukan penilaian kru Mojok," tulisnya
di kolom status.
Puthut tak menjelaskan perihal
penutupan situs Mojok.co secara terang-terangan kepada publik. Bahkan dalam
artikel terakhirnya yang berjudul 'Rahasia Kenapa Mojok Harus Ditutup' pun ia
tak mau memberikan kejelasan mengenai alasan kenapa situs tersebut ditutup. Dalam
unggahannya di Facebook saat mengumumkan penutupan, ia hanya menulis
"Mojok didirikan dengan kegembiraan dan akan diakhiri dengan cara yang
sama.
"Saat ini alamat Mojok.co
sudah tak bisa diakses kembali. Halaman tersebut kini menampilkan latar
berwarna hitam disertai tulisan warna-warni "Mojok: Dimulai dengan
Gembira, Diakhiri dengan Bangga". Di Twitter, tagar #MojokBubar juga
banyak dikicaukan oleh warga internet hingga menjadi trending topic hari ini.
Padahal sejak berdiri 28 Agustus
2014, Mojok.co diketahui telah memiliki lebih dari 200 orang penulis, 800
artikel dan 300.000 pembaca bulanan. Total pengunjung per bulannya bahkan
menyentuh angka 2.000.000 pageview disertai puluhan ribu pengikut di Facebook
dan Twitter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar