1.
Pendahuluan
Berbagai varian makanan dan minuman telah
bermunculan, beraneka ragam dan beraneka rasa. Namun diantara jenis yang
beragam, makanan dan minuman tersebut hanya memperhatikan segi penampilan dan
rasa,
tanpa memperhatikan kandungan gizi di dalamnya. Tentu hal ini sangat merugikan. Di butuhkan novasi untuk membuat sebuah minuman yang menarik, bercita rasa, serta mengandung gizi.
tanpa memperhatikan kandungan gizi di dalamnya. Tentu hal ini sangat merugikan. Di butuhkan novasi untuk membuat sebuah minuman yang menarik, bercita rasa, serta mengandung gizi.
Makanan kesehatan adalah makanan dan minuman yang
dikonsumsi secara teratur bisa meningkatkan derajat kesehatan yang optimal,
semula pemanfaatannya ditujukan untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit
degeneratif dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun sesuai perkembangannya
makanan dan minuman kesehatan dimanfaatkan pula sebagai pendamping dari
pengobatan medis dalam membantu proses penyembuhan suatu penyakit. Salah satu
solusi yang mungkin dapat ditawarkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan
mencegah timbulnya berbagai penyakit adalah dengan mengkonsumsi minuman
kesehatan.
Waroeng Milkshake bukanlah warung milkshake biasa,
karena disini saya membuat milkshake ini berbeda dengan milkshake lainnya,
yaitu dengan menggunakan susu yang berkualitas tinggi serta memiliki gizi yang
baik sebagai bahan utamanya. Dan tak lupa saya menggunakan pewarna dan bubuk
rasa yang berkualitas baik pula sehingga tidak menimbulkan penyakit dalam tubuh
apabila dikonsumsi secara terus menerus.
2.
Konsumen
Konsumen saya
adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu saya memulai promosi dari
daerah sekitar tempat tinggal saya serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa
di kampus, karena saya menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam
suatu kelompok.
3.
Memulai Bisnis
Dalam memulai
bisnis ini, sebelumnya saya mencoba menjadi konsumen milkshake. Setelah saya
telah lama menjadi konsumen maka tercetuslah ide saya untuk menjadi produsen
milkshake dan bukan hanya sekedar
menjadi konsumen milkshake. Maka hal yang pertama saya lakukan adalah:
-
Mengetahui seluk
beluk tentang milkshake dan cara pembuatannya.
-
Ide untuk
menciptakan inovasi milkshake yang berbeda dengan yang dipasaran.
4.
Keuntungan Bisnis
Karena sesuai
dengan iklim di Indonesia yang memiliki iklim tropis maka kebanyakan masyarakat
Indonesia sangat menyukai minuman yang dingin dan segar. Maka dengan
menjalankan bisnis waroeng milkshake ini, banyak sekali konsumen yang menyukai
produk dari waroeng milkshake.
5.
Kendala Bisnis
Sesuai dengan
brandnya, maka Waroeng milkshake adalah warung yang menyediakan produk
milkshake dengan berbagai macam topping dan cita rasa yang beragam, maka
terkadang saya sesekali menemukan kesulitan – kesulitan dalam menciptakan inovasi
topping dan cita rasa yang baru.
6.
Sistem Pemasaran
Sistem pemasaran
yang saya lakukan yaitu dengan menggalakkan promosi di berbagai media social,
seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi
kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
7.
Kunci Sukses
-
Berani Memulai
-
Berani
Berinovasi
-
Mampu
mengidentifikasi peluang pasar
8.
Analisa Ekonomi
Ø Biaya Produksi (Alat)
Nama Barang Harga
Tempat es batu
(2 buah) : Rp.150.000
Blender : Rp.350.000
Total : Rp.500.000
Ø Biaya Produksi (Bahan)
Susu Bubuk : Rp.170.000
Gula Pasir : Rp.50.000
Gelas Plastik
&Tutup Gelas : Rp.50.000
Sedotan : Rp.30.000
Aneka Topping : Rp.500.000
Total : Rp.700.000
Ø Pendapatan Bulan Pertama
Jumlah Penjualan x Harga Produk
100 gelas x Rp.15.000
Total : Rp.1.500.000
Ø Keuntungan Bulan Pertama
Total Pendapatan - Modal Awal
Rp.1.500.000 - Rp.1200.000
Total :
Rp.300.000
9.
Penutup
Pada dasarnya
minuman Milkshake ini adalah minuman enak dengan harga yang merakyat dan dapat
dikonsumsi oleh siapa saja, dari anak-anak sampai orang tua. Apalagi
pembuatannya dibuat secara higienis dan menggunakan bahan-bahan yang
berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar