1. Latar belakang
A. Fashion
Fashion adalah salah satu kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Fashion dibutuhkan oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Di era modern ini, banyak orang yang menggemari fashion dan selalu up to date mengikuti tren perkembangan fashion.
Sehingga fashion secara tidak langsung dapat menjadi suatu ciri gaya hidup modern. Maka, saat ini fashion banyak hadir dan mudah dijumpai di toko-toko, mall, butik dan pasar. Penggemar fashion cukup banyak, terutama para wanita. Namun dengan perkembangan teknologi banyak wanita yang mulai tertarik untuk belanja secara online karena berbagai alasan; misalnya lebih praktis, karena kesibukannya, mereka jarang memiliki waktu untuk shopping ke mall / toko.
Atas pemikiran tersebut kami menghadirkanonline shop yang dapat membuat para wanita bisa shopping kapan saja dan di mana saja dengan menyediakan fashion wanita yang tidak kalah menarik dengan produk-produk yang ada di pasaran.
Tentang harga kami juga tidak kalah dengan pasaran. Harga yang kami tawarkan sesuai dengan kantong pelajar/mahasiswa serta ibu rumah tangga
Fashion
sangatlah penting bagi kalangan muda yang ingin tampil modis,dan tidak menutup kemungkinan
juga bagi para orang tua yang ingin tampil modis dan rapi.
Kemajuan dunia fashion memungkinkan
bisnis fashion tidak akan pudar untuk zaman sekarang. Berbagai macam merek, dan
bentuk yang banyak di hasilkan para desainer sehingga menarik banyak sekali
peminat. Dari pakaian yang bentuknya
lucu, elegant, dan mewah tergantung selera dari konsumen. Mengikuti
trend, sekarang banyak sekali pakaian yang harganya cukup terjangkau, dan ada
pun yang mahal.
Untuk
menyemarakkan dan
mendukung dunia fashion pada zaman ini,
saya ingin menampilkan fashion yang tidak popular di kalangan muda tapi pun di kalangan
tua.
2. Visi
:
Memberikan masyarakat wawasan dan ilmu
pengetahuan tentang fashion yang modern.
3. Misi
:
Memberikan
layanan dengan kualitas terbaik dan terlengkap di bisnis online
4. Identitas Perusahaan
Nama Bisnis : Charissa OLShop
Jenis Bisnis : Penjualan pakaian online
Produk Bisnis : Menyediakan pakaian yang murmer dan terupdate
Jenis Bisnis : Penjualan pakaian online
Produk Bisnis : Menyediakan pakaian yang murmer dan terupdate
Kota
Bisnis : Tangerang
Motto : RAMAH dalam pelayanan
Motto : RAMAH dalam pelayanan
JUJUR dalam
bekerja
RAPIH dalam penyajian
B. TUJUAN USAHA
Tujuan dari
didirikannya Charissa OLShop adalah :
1. Menjadikan bisnis
online pakaian terpercaya di Kota Jabodetabek dan luar jabodetabek
2. Memberikan layanan
terbaik bagi konsumen
3. Membantu pengetahuan
tentang fashion bagi kalangan muda maupun kalangan tua
4. Memberikan
produk-produk terbaik untuk digunakan konsumen
C. Aspek Pemasaran
Produk Yang Dihasilkan
Produk berupa barang yaitu segala fashion wanita. Namun, dalam proses produksi Clarissa Shop tidak membuat barang itu sendiri namun melakukan kerjasama dengan supplier tangan pertama dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran. Di sini kami menyediakan produk fashion seperti:
Segmen pasar yang dituju adalah para wanita yaitu pelajar/mahasiswa, pegawai, dan masyarakat umum dari kalangan manapun dapat dari kalangan bawah hingga atas karna barang yang kami jual harganya terjangkau, yaitu melalui media online / sosial.
Trend Perkembangan Pasar
Usaha online shop kami yang bernama Clarissa Shop, didalamnya kami tidak hanya menyediakan barang fashion yang murahan, akan tetapi juga menyediakan produk yang berkualitas. Selain itu kami juga menyediakan tidak hanya produk jadi dari supplier namun juga produk handmade dari supplier.
Situasi Persaingan
Kami menjalankan usaha ini dengan mengutamakan kejujuran meskipun persaingan sangat sengit / berat antar penjual online shop lainnya. Kami percaya, dengan semakin banyak menghadirkan trend yang baru dengan harga yang miring maka kami dapat terus mampu bertahan dalam dunia bisnis online ini yang semakin ketat dan banyak bermunculan.
Masalah Penetapan Harga
Strategi penetapan harga yang digunakan dengan berbagai faktor penentu, seperti nilai tambah, positioning, competitor, daya beli dll.dengan mempertimbangkan beberapa faktor, terutama kenaikan bbm, dan harga jual dari supplier. Harga yang ditetapkan diusahakan berada jauh di bawah harga pasar atau kompetitif sehingga dapat menarik minat pembeli. Harga yang kami tawarkan berkisar antara:
Karena bisnis kami dijalankan oleh mahasiswa, maka cara mempromosikannya teman disekitar kita contohnya teman kampus, teman sekolah dulu dan orang sekitar lingkungan kita. Lalu kami juga mempromosikan melalui media elektronik berupa BBM ( Blackberry Messenger ), facebook, twitter instagram dan social media lainnya.Dan dengan mengadakan event – event menarik pada waktu tertentu seperti bila konsumen membeli barang dalam jumlah banyak kami akan memberikan diskon 10% atau kami akan memberikan free ongkir. Untuk awal pembukaan kami selama 1 minggu akan memberikan free ongkir ke seluruh Indonesia. Dan khusus untuk wilayah Jabodetabek kami akan memberikan free ongkir selama 1 bulan.
Jam Operasi Usaha
Usaha ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB s.d. 21.00 WIB selama hari Senin – Minggu kecuali hari libur nasional.
Produk Yang Dihasilkan
Produk berupa barang yaitu segala fashion wanita. Namun, dalam proses produksi Clarissa Shop tidak membuat barang itu sendiri namun melakukan kerjasama dengan supplier tangan pertama dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran. Di sini kami menyediakan produk fashion seperti:
- Pakaian : dress, hem, kaos, hotpant, celana panjang, rok, tanktop, jaket, sweater, dll.
- Aksesoris : hiasan rambut, gelang, kalung, cincin, tas, dompet, topi, syal, dll.
- Sepatu : sandal, kets, heels, flats shoes, boots, wedges, dll.
Segmen pasar yang dituju adalah para wanita yaitu pelajar/mahasiswa, pegawai, dan masyarakat umum dari kalangan manapun dapat dari kalangan bawah hingga atas karna barang yang kami jual harganya terjangkau, yaitu melalui media online / sosial.
Trend Perkembangan Pasar
Usaha online shop kami yang bernama Clarissa Shop, didalamnya kami tidak hanya menyediakan barang fashion yang murahan, akan tetapi juga menyediakan produk yang berkualitas. Selain itu kami juga menyediakan tidak hanya produk jadi dari supplier namun juga produk handmade dari supplier.
Situasi Persaingan
Kami menjalankan usaha ini dengan mengutamakan kejujuran meskipun persaingan sangat sengit / berat antar penjual online shop lainnya. Kami percaya, dengan semakin banyak menghadirkan trend yang baru dengan harga yang miring maka kami dapat terus mampu bertahan dalam dunia bisnis online ini yang semakin ketat dan banyak bermunculan.
Masalah Penetapan Harga
Strategi penetapan harga yang digunakan dengan berbagai faktor penentu, seperti nilai tambah, positioning, competitor, daya beli dll.dengan mempertimbangkan beberapa faktor, terutama kenaikan bbm, dan harga jual dari supplier. Harga yang ditetapkan diusahakan berada jauh di bawah harga pasar atau kompetitif sehingga dapat menarik minat pembeli. Harga yang kami tawarkan berkisar antara:
- Pakaian : Rp 40.000,00 – Rp 150.000,00
- Aksesoris : Rp 8.000,00 – Rp 100.000,00
- Sepatu : Rp 50.000,00 – Rp150.000,00
Karena bisnis kami dijalankan oleh mahasiswa, maka cara mempromosikannya teman disekitar kita contohnya teman kampus, teman sekolah dulu dan orang sekitar lingkungan kita. Lalu kami juga mempromosikan melalui media elektronik berupa BBM ( Blackberry Messenger ), facebook, twitter instagram dan social media lainnya.Dan dengan mengadakan event – event menarik pada waktu tertentu seperti bila konsumen membeli barang dalam jumlah banyak kami akan memberikan diskon 10% atau kami akan memberikan free ongkir. Untuk awal pembukaan kami selama 1 minggu akan memberikan free ongkir ke seluruh Indonesia. Dan khusus untuk wilayah Jabodetabek kami akan memberikan free ongkir selama 1 bulan.
Jam Operasi Usaha
Usaha ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB s.d. 21.00 WIB selama hari Senin – Minggu kecuali hari libur nasional.
C. ANALISIS KEUANGAN (SARANA DAN PRASARANA)
Berikut ini merupakan analisis keuangan, Modal yang dibutuhkan :
No.
|
Fasilitas
|
Banyaknya
|
Biaya / modal
|
Ket.
|
1
|
Biaya Operasional
Biaya Internet
Biaya Transport
|
50.000
20.000
|
Perbulan
Perminggu
|
|
2
|
Alat tulis kantor
a. ATK (Pelastik, Lakban)
b Buku
Tulis
Laptop
Smartphone
|
1pack
1pack
1 buah
1 buah
|
30.000
50.000
-
-
|
dipakai jangka lama |
Total
|
150.000
|
D. STRATEGI MARKETING
1. Jasa pelayanan
·
Penjualan baju online
2. Keunggulan
·
Fasilitas memadai
·
Pelayanan yang ramah
·
Produk berkualitas
3. Hambatan
·
Banyak orang yang masih belum mengetahui dan mempercayai
online shop
·
Banyak saingan Online shop dengan harga yang lebih murah
·
Internet sering gangguan sehingga susah untuk berinteraksi
dengan konsumen
·
Proses pengiriman yang kadang sering terlambat
E. RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI
Untuk rencana awal kami akan
membuka kantor pribadi di rumah kami sendiri yakni di Jln. Abdullah 1 Komplek Kehutanan Ciledug Tangerang. Dengan modal
dan peralatan yang kami telah sediakan tadi. Kemudian untuk proses awalnya kami
akan beroperasi selama 7 hari ( Seminggu ).
Sketsa umum tentang Online
Shop kami : Usaha kami adalah untuk menjual pakaian-pakaian yang trend di zaman
sekarang ini, serta kami ingin masyarakat untuk dapat lebih mengenal fashion
lebih dekat. Untuk memuaskan konsumen maka kami pun menawarkan banyak produk
dengan kualitas terbaik dan diberikan diskon untuk setiap pembelian. Serta
layanan yang akan kami berikan yakni merupakan layanan terbaik, seperti motto
kami yakni RAMAH, JUJUR dan RAPIH.
F. KESIMPULAN DAN
REKOMENDASI
Kesimpulan kami atas usaha “Charissa OLShop”
ini adalah :
·
Usaha Charissa OLShop ini sangat menguntungkan, seiring dengan
perkembangan zaman masyarakat lebih mudah memiliki pakaian yang lagi trend
dimasa sekarang ini.
·
Dikarenakan banyak produk yang akan kami dagangkan, masyarakat
bisa lebih mudah untuk memilih pakaian yang akan mereka beli
·
Dengan komitmen untuk ramah dalam pelayanan, maka para konsumen
akan mendapatkan layanan terbaik dalam proses pembelian di online shop kami.
Rekomendasi kami atas jenis usaha penjualan pakaian online shop adalah :
·
Diharapkan usaha ini nantinya, dapat lebih dikenal tidak hanya
di daerah Kota Tangerang dan Jakarta saja, melainkan akan bisa melayani para konsumen yang ada
di luar daerah Tangerang dan Jakarta.
· Bisa memberikan wawasan atau pengetahuan tentang jenis-jenis fashion yang ada. Agar masyarakat awam pun dapat lebih tahu tentang fashion yang lagi trend di zaman sekarang.
G. Kunci Sukses
Dalam menjalankan bisnis ini kami mencoba mencari keuntungan dengan
mengembangkan hobi kami yang suka shopping. Perjalanan bisnis ini kami jadikan awal pembelajaran untuk memulai usaha secara mandiri serta dapat membantu perekonomian keluarga. Adapun segi keuntungan yang kami peroleh dari penghasilan bersih cukup memuaskan sehingga mungkin bisnis online ini dapat menjadi prospek usaha kami dimasa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar