@D44-Amalia
Latar Belakang
Latar Belakang
Teknologi Fotografi semakin hari semakin mempermudah masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan mereka terhadap foto yang berkualitas. Ini terlihat dari kualitas Gambar yang diperoleh dari hasil cetak foto. Teknologi di bidang fotografi tidak hanya memaksimalkan kualitas, tetapi juga menghemat waktu pembuatan foto.
Teknologi Fotografi yang didukung fasilitas memadai, saat ini masih berpeluang besar dijadikan lahan Usaha. Kecukupan fasilitas Fotografi sering dikenal dengan Studio Fotografi Digital.
Usaha Studio Fotografi selain membantu masyarakat terhadap kebutuhan Fotografi mereka,
juga merupakan lahan usaha yang mampu menyerap beberapa tenaga kerja seperti pada kalangan mahasiswa.
Kelompok telah menjalankan usaha serupa yang diberi nama
“15 Creative”. Melihat peluang pasar yang masih besar dan menjanjikan, maka kami
berinisiatif membuka usaha Studio Fotografi Digital sendiri melalui Program
Mahasiswa Wirausaha ini.
Segmentasi
Konsumen
Segmentasi Geografis : Jabodetabek
Segmentasi
Demografis : Semua Umur, Laki-laki dan perempuan, SES: A,B
Segmentasi Psikografis : Kelas sosial, gaya hidup, atau ciri kepribadian lainnya.
Kelas sosial menengah hingga menengah ke atas.
Manfaat dan Tujuan
Tujuan usaha yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :
A.
Menumbuh kembangkan jiwa wirausaha mahasiswa
B.
Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan
C.
Mensinergikan antara fotografi dan desain grafis dengan teknologi computer.
Manfaat yang didapat dalam usaha ini adalah :
A.
Memberikan kesempatan kerja bagi orang-orang yang mempunyai keahlian dalam bidang fotografi dan desain grafis editing foto.
B. Memberikan layanan kepada masyarakat dalam usaha dibidang fotografi.
Gambaran Umum Rencana Usaha
Usaha ini merupakan usaha studio foto yang diberinama “15 Creative”. Jenis produk dan jasa yang dihasilkan antaralain :
A.
Pas Foto
B.
Paket Foto Wisuda
C.
Paket Foto Buku Tahunan Sekolah
D.
Paket Foto Pre Wedding & Wedding
E.
Paket Foto Keluarga
F.
Foto Dokumentasi Kegiatan :
·
Seminar
·
Acara Musik
·
Ulang Tahun
·
Dll
Analisis Lingkungan
Kegiatan usaha ini dilakukan dengan menggunakan analisisSWOT
:
Strength
(Kekuatan)
·
Kerjasama
·
Kualitas Sumber Daya Manusia (Bertanggung Jawab, disiplin kerja, kreatif, dan inovatif.)
·
Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
·
Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
·
Menjual produk dan jasa yang berkualitas
·
Nuansa santai dan bersahabat
Weakness
(Kelemahan)
·
Rendahnya
Modal
·
Persaingan dengan perusahaan yang sudah lebih dahulu
Oportunity
(Peluang)
·
Tingginya permintaan
·
Dengan menjaga kulitas dan kreativitas, kami
yakin dapat bersaing dengan para kompetitor
lainnya.
Threaty
(Hambatan)
·
Perubahan harga pasar tidak dapat di prediksi
Manajemen Dan
Organisasi
Job Description
Pimpinan :
·
Menentukan usaha sebagai pimpinan umum dalam mengelola perusahaan.
·
Kekuasaan secara penuh dan bertanggung jawab terhadap pengembangan perusahaan secara keseluruhan.
·
Menentukan kebijakan yang
dilaksanakan perusahaan,
melakukan penjadwalan seluruh kegiatan perusahaan.
Manajemen Administrasi dan Keuangan :
·
Mengawasi Operasional mengenai keuangan perusahaan.
·
Melakukan pengecekan lapangan mengenai bagian keuangan
·
Meminta pertanggung jawaban dari tiap-tiap bagian yang ada dibawahnya
·
Mempertanggungjawabkan kegiatan yang ada mengenai bagian keuangan
·
Menetapkan prosedur pelaksanaan secara rinci tentang keuangan
·
Menetapkan standar pekerjaan lapangan untuk menjamin tidak adanya kebocoran dalam bagian keuangan.
Manajemen Pemasaran :
·
Menetapkan prosedur operasional Informasi
yang lebih efisien
·
Melaporkan hasil kerja kepada direktur secara berkala.
·
Bertanggungjawab penuh tentang fungsi dan tugas sebagai kepala bagian pemasaran secara berkala kepada direktur.
Manajemen Produksi :
·
Bertanggungjawab langsung kepada Pimpinan dan membuat laporan secara berkala.
·
Melakukan konsultasi kepada Pimpinan secara berkala untuk mencapai keselarasan pelaksanaan tugas.
·
Mengarahkan setiap bagian
di bawahnya untuk mencapai target produksi yang telah ditetapkan perusahaan.
Pemasaran
Promosi
Adapun strategi pemasaran yang diterapkan adalah sebagai berikut :
A) Diferensiasi
Mencoba meghadirkan bisnis
yang berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada tapi mempunyai prospek yang bagus, tanpa minimum pemesanan dan juga desain yang tidak hanya kreatif, enak dilihat,
tetapi juga desain yang menjual.
B) Tempat
Memilih tempat strategis yaitu di sekitar lingkungan kampus,
jakarta dan tangerang.
C) Strategi produk
1. Menyediakan layanan jemput-antar untuk pelanggan di dalam kota
2. Melayani pesanan melalui telepon
3. Menyediakan konsultasi tentang desain
4. Memberikan diskon produk
D) Media Publikasi
1. Brosur
2. Internet (Media Sosial)
Kendala Dalam Pemasaran
Kendala yang dihadapi dalam pemasaran yaitu banyaknya terdapat pesaing dari pihak-pihak lain atau perusaahaan lain. Perusahaan tersebut juga bergerak dalam bidang usaha ini antara lain :
a) Printing Digital
b) Desain grafis
c) Advertising
d) Cetak Foto Analog dan Digital
e) Sablon
Usaha
dalam Mengatasi Kendala
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar,
kita masih memiliki peluang yang cukup besar. Dengan pelayanan Percetakan Digital tanpa minimum order serta tempat yang strategis bias menjadi peluang untuk bias bersaing dengan pemain lama yang ada di pasar.
Selain itu untuk mengatasi kendala, juga dilakukan promosi agar masyarakat atau konsumen tertarik. Promosi
yang dilakukan menggunakan media-media diantaranya adalah sebagai berikut :
A. Spanduk
Dipasang di depan tempat lokasi usaha, serta beberapa tempat strategis lainnya.
B. Katalog
Membuat katalog yang berisi produk dengan ukuran A4 yang didesain dengan menarik dan enak dipandang.
C. Seminar atau Event
Bekerjasama atau menjadi sponsor suatu kegiatan seperti; Seminar, Talkshow dan Diskusi.
D. Manusia
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya, serta meminta referensi dari pelanggan siapa
yang biasa menggunakan layanan
printing digital.
Tahap Evaluasi dan Monitoring
A. Evaluasi proses produksi
B. Evaluasi mutu produk
yang dihasilkan
C. Evaluasi penilaian produk oleh konsumen (melalui kuisioner)
D. Perhitungan biaya
keseluruhan dan penetapan laba rugi
E. Perencanaan ke depan untuk keberlanjutan usaha.
Metode
Pelaksanaan
Program yang dilaksanakan dibagi atas beberapa tahapan yaitu:
·
Penentuan tempat/lokasi produksi
·
Penentuan produsen
·
Persiapan dan pembelian peralatan
·
Inventarisasi toko atau
labor cetak besar yang bisa bekerjasama
·
Renovasi tempat usaha / studio foto
Kunci
Sukses
Berani
memulai dengan menanamkan mental juara, berani dengan tantangan (nekad),
berusaha menjadi yang terbaik, selalu kreatif dan berinovasi, menjadi teman
dokumentasi yang bersahabat dan menyenangkan, dan menciptakan produk dan jasa
yang berkualitas.
Rancangan Biaya
Sumber Modal
Dalam menjalankan usaha yang kami
jalankan kami menggunakan pemodalan pribadi. Selain itu kami juga memiliki modal dari para calon pelanggan kami, karena setiap pelanggan yang akan memesan produk dan jasa kami diwajibkan menyimpan uang sebagai tanda jadi (down
payment).
Dalam pelaksanaan usaha ini
diberikan rincian pendanaan
yang akan digunakan sebagai berikut:
1. Peralatan atau Investasi Barang
No
|
Alat-alat
Investasi Barang
|
Frek
|
Satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Kamera DSLR Canon 7D
mark ii
|
1
|
Rp.25.000.000.-
|
Rp.25.000.000.-
|
2
|
Lampu Studio
|
2
|
Rp. 650.000.-
|
Rp. 1.300.000.-
|
3
|
Light Stand
|
2
|
Rp. 240.000.-
|
Rp. 480.000.-
|
4
|
Soft Box
|
2
|
Rp. 1.200.000.-
|
Rp. 2.400.000.-
|
5
|
Umbrela Light
|
2
|
Rp. 100.000.-
|
Rp. 200.000.-
|
6
|
Triger
|
2
|
Rp. 350.000.-
|
Rp. 700.000.-
|
7
|
Layar Pas Foto
|
2
|
Rp. 25.000.-
|
Rp. 50.000.-
|
8
|
Background Foto 5m
|
3
|
Rp. 300.000.-
|
Rp. 900.000.-
|
9
|
Imac
|
1
|
Rp.15.000.000.-
|
Rp.15.000.000.-
|
10
|
Memori Card
|
2
|
Rp. 200.000.-
|
Rp. 400.000.-
|
Jumlah Total
|
Rp.46.430.000.-
|
2. Peralatan Penunjang
No
|
NamaPeralatan
|
Frek
|
Satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Dry Cabinet
|
1
|
Rp.1.000.000.-
|
Rp.1.000.000.-
|
2
|
Meja Komputer
|
1
|
Rp. 250.000.-
|
|
3
|
Lemari Studio / Pakaian
|
1
|
Rp.1.500.000.-
|
Rp.1.400.000.-
|
4
|
Sewa Tempat Usaha
|
Rp.7.000.000,-
|
||
Jumlah
|
Rp.9.600.000,-
|
3. KegiatanPenunjang
No
|
NamaKegiatan
|
Frek
|
Satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1.
|
Biaya Promosi
|
-
|
Rp. 300.000,-
|
Rp. 300.000,-
|
2.
|
Penggandaan proposal
|
5
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 50.000,-
|
3.
|
Transportasi
|
-
|
-
|
Rp. 100.000,-
|
4.
|
Komunikasi
|
-
|
-
|
Rp. 100.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 550.000.-
|
4. Rekapitulasi Dana
RancanganBiaya
|
Jumlah
|
|
1.
|
Alat
dan Bahan
|
Rp. 46.430.000,-
|
2.
|
Peralatan Penunjang
|
Rp. 9.600.000,-
|
3.
|
Kegiatan Penunjang
|
Rp.
450.000,-
|
Total Biaya
|
Rp. 56.480.000,-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar