BISNIS PLAN
USAHA PISANG COKLAT.
Bisnis pertumbuhan usaha kecil dan menengah (ukm)
belakangan ini semakin menjamur di indonesia. Dalam hal ini sangat memberikan
dampak yang positif untuk perkembangan perekonomian termasuk diindonesia
sendiri. Karna tidak bisa dipungkiri keberadaan ukm mempercepat naiknya
perekonomian di indonesia.
Walaupun tidak bisa dipungkiri masih banyak usaha kecil
yang mengalami kendala yaitu seperti dalam permasalahan modal, promosi,
jaringan bisnis dan sebagainnya, seperti
yang saya alami saat melakukan bisnis usaha kecil yaitu kendalanya ada pada
tiga hal tersebut. Namun ukm yaitu merupakan suatu usaha yang tidak mudah
terpengaruh dengan krisis global yang biasanya mengganggu perusahaan
besar. Karna bukti inilah yang membuat
saya menjalankan atau memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai jalan
pintas atau alternatif untuk menambah penghasilan setiap bulannya dan bisa membantu orang tua.
A.
KONSUMEN.
Target pasar saya adalah semua kalangan seperti
anak-anak, remaja sampai ibu-ibu rumah tangga bisa menikmati pisang coklat yang
saya jual, karna bisa untuk oleh-oleh maupun cemilan di rumah, meraka bisa
membeli satuan maupun pesan dengan partai besar.
B.
MEMULAI
BISNIS PISANG COKLAT.
Untuk menjalankan peluang bisnis ini yang harus saya
siapkan seperti modal utama saya adalah niat dan skill yang saya miliki ,
menjalin hubungan baik dengan warung-warung yang saya titipi pisang coklat yang
saya buat , memilih bahan-bahan yang berkualitas dan harga yang sangat
teerjangkau, teliti dalam memilih bahan yang akan digunakan seperti memilih
bahan pisang dan kulit lumpia yang
berkualitas baik, memperhatikan dari segi rasa agar konsumen tidak kecewa.
C.
KEUNTUNGAN
BISNIS PISANG COKLAT.
Walaupun sekarang sudah banyak makanan beraneka ragam
seperti kue cubit makaroni dan sebagainya , namun cemilan pisang coklat masih
banyak penggemarnya dan masih banyak yang minat untuk membeli untuk sarapan
pagi maupun untuk kudapan dan untungnya sangat lumayan dan banyak juga sekarang
diluaran sana yang menjual berbagai macam pisang coklat , di karenakan
keuntungannya sagat lumayan.
D.
KENDALA
BISNIS PISANG COKLAT.
Kendala yang saya hadapi yaitu seperti saat dagangan
tidak semua habis terjual dan masih sisa lumayan banyak, dan kendala lainnya
seperti sudah bikin banyak warung yang biasanya saya menitipkan dagangan tutup.
Dan harus bersangin dengan penjual makanan lainnya .
E.
STRATEGI
PEMASARAN.
Rencana saya dalam memperluas pemasaran makanan saya
mungkin saya akan mengikuti semacam bazar makanan dan memberikan sample pisang
coklat yang saya buat kewarung-warung di dekat sekolahan agar mau saya ajak
kerjasama.
F.
KUNCI
SUKSES.
Sebagai pelaku ukm saya menerapkan kunci sukses terhadap
diri saya seperti percaya diri dengan usaha yang akan saya lakukan atau yang
akan saya jalankan, tidak perlu takut dengan pesaing dan tantanganyang nantinya
akan datang. Harus mempertahankan kualitas dari produk yang saya akan jual
nantinya.
G.
ANALISIS
EKONOMI.
Asumsi
-
Memproduksi pisang coklat 150 biji
seharinnya.
-
Proses produksi pisang coklat dilakukan
di rumah tidak menyewa tempat.
Modal awal
-
Peralatan kotak kue (@ Rp 12.000 x 4
buah) Rp.
48.000.00
-
Plastik
Rp. 6.000.00
-
Bahan produksi (pisang,
coklat, minyak goreng, kulit lumpia) Rp. 87.000.00
-
Total
Rp. 141.000.00
Biaya produksi perminggu.
-
Bahan baku (minyak goreng, coklat, kulit
lumpia, pisang, plastik) Rp. 231.000.00
-
Biaya transport Rp.
50.000.00
-
Total Rp.281.000.00
Omset perharinya
-
Penjualan pisang coklat Rp.2000 x
150
Rp.300.000.00
Laba bersih perminggun.
-
Rp.300.000.00 – Rp.281.000.00
Rp.19.000.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar