Rencana Bisnis
Candy
Cookies
Kue Kering Hias
Jakarta
Disusun oleh:
Johannes Billy
Jl
Winong Permai E2, Ciledug, Tangerang
No.
Telepon [Nomor Telepon] No. Fax [Nomor Fax]
Alamat
E-mail [Alamat E-mail] Situs Web [Situs Web]
1. PERNYATAAN
VISI DAN MISI
Visi :
Mampu menghasilkan produk kue kering yang bercita rasa tinggi dengan harga yang
terjangkau bagi konsumen kelas menengah ke bawah.
Misi :
Melaksanakan usaha yang mampu menarik konsumen, memberikan tampilan dan rasa
yang berbeda dari yang lainnya dan mampu membangun jaringan ke-agenan di
berbagai tempat.
2. DESKRIPSI
PERUSAHAAN
2.1. Data
Perusahaan
Nama Perusahaan Candy
Cookies
Bidang Usaha Perdagangan
Jenis Produk / Jasa Makanan
Alamat Perusahaan
Nomor Telepon/Fax 021-7325285
Mulai Berdiri 2009
2.2. Biodata
Pemilik/ Pengurus
Nama Johannes
Billy
Jabatan Marketing
Tempat dan Tanggal Lahir Jakarta,
19 Oktober 1994
Alamat Rumah jl
Winong Permai E2,Ciledug, Tangerang
Nomor Telepon 021-7325285
Pendidikan Terakhir S1
2.3. SUSUNAN
PEMILIK / PEMEGANG SAHAM
2.4. Struktur
Organisasi
Ari
DIREKTUR
|
Billy
Pemasaran
|
Hari
MANAJER/keuangan
|
Reni
Produksi
|
2.5. Uraian
Tim Manajemen dan Karyawan
Direktur
|
Tanggung
jawab:bertangung jawab dengan jalannya perusahaan
Wewenang:mengatur
jalannya perusahaan
Keahlian:mampu
menguasai tentang teknik bisnis
|
Penjualan
|
Tanggung
jawab: bertanggung jawab dalam pengaturan penjualan promosi, dll
Wewenang:
mengatur penjualan
Keahlian:
berani berbicara di depan umum dan memiliki wawasan yang luas tentang
marketing
|
Keuangan
|
Tanggung
jawab: mengatur keuangan perusahaan
Wewenang:
mengatur arus keuangan
Keahlian:
mengerti dengan keuangan
|
Pemasaran
|
Tanggung
jawab: menentukan tempat penjualan, menetapkan strategi pasar, membaca
kondisi pesaing
Keahlian:
mengerti dalam bidang pemasaran dan analisis
|
7
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
(SDM)
7.1 ANALISIS
KOMPETENSI SDM
TINGKAT PENDIDIKAN
|
JUMLAH
|
Tidak
Lulus SD
|
-%
|
SD
|
5%
|
SMP
|
10%
|
SMU
|
15%
|
D1
|
15%
|
D3 /
SARJANA MUDA
|
5%
|
SARJANA
|
50%
|
TOTAL
|
100%
|
7.2 ANALISIS
KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN
|
Tingkat Pendidikan
|
Pengalaman (tahun)
|
Keterampilan
Khusus
|
manajer
|
S1
|
3
|
Dapat memanage waktu dan
mengatur kebutuhan
|
sales
|
D3
|
2
|
Dapat
menawarkan produk dan menempatkan diri dalam sebuah booth
|
Kurir
|
Smp
|
3
|
Memiliki
kendaraan untuk mengantar pesanan dan memiliki surat ijin mengemudi
|
7.3 RENCANA
KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
No.
|
Jenis Pekerjaan
|
Pendidikan
|
Umur
|
Jumlah
|
Kompensasi/Bln
|
1.
|
Manager
|
Min S1
|
Min 23 thn
|
1 org
|
Rp 2.000.000
|
2.
|
Super Cheff
|
Min D3
|
Min 25 thn
|
2 org
|
Rp 3.000.000
|
3
|
Asisten Cheff
|
Min D1
|
Min 23 thn
|
3 org
|
Rp. 2.100.000
|
4.
|
Kasir
|
Min SLTA
|
Min 23 thn
|
2 org
|
Rp. 1.200.000
|
5.
|
Kurir
|
Min SLTA
|
Min 18 thn
|
5 org
|
Rp. 3.500.000
|
IV. PROFIL
BISNIS DAN INDUSTRI
4.1 Gambaran Umum Profil Industri
Secara garis
besar tujuan dari Candy Cookies adalah memenuhi kebutuhan pasar akan kue kering
yang ditawarkan dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang jauh lebih
murah.
Tujuan
pendirian usaha ini:
1. Untuk
menyediakan kue kering dengan harga yang bersaing sesuai dengan segmen perusahaan
terhadap konsumen.
2.
Membuka lahan
pekerjaan baru bagi masyarakat sekitarnya.
3. Sebagai sarana
pengelolaan sumber daya modal yang bertujuan untuk mendapatkan laba.
4. membangun
sistema ke agenan dengan menawarkan harga yang lebih murah untuk pedagang
4.1 Tren Yang Penting
Harga. Mayoritas penduduk umumnya berada dalam taraf ekonomi
menengah. Dengan demikian, harga menjadi salah satu faktor utama dalam membeli
suatu produk. Sehingga kami optimis dengan menargetkan pangsa pasar semua
kalangan.
Kualitas. Kualitas di sini dapat dianalogikan
sebagai rasa. Untuk itu kami telah menetapkan standar kualitas rasa untuk
produk-produk kami yang disuplai.
Pelayanan. Karena menargetkan pangsa pasar semua kalangan, kami juga
akan mengutamakan kualitas layanan yang diberikan. Hal ini dimaksudkan karena
konsumen mudah sekali beralih kepada produsen lain yang mempunyai power secara finansial untuk menuntut
dilayani lebih. Jika mereka tidak puas, maka akan dengan mudah sekali melakukan
komplain.
4.2 Tingkat
Pertumbuhan
Melihat pada kebutuhan akan memberikan
bingkisan pada hari raya maupun pada saat kunjungan tertentu sebagai oleh-oleh
ataupun sebgai hadiah, khususnya kue
kering dikalangan masyarakat dengan batasan umur 15 sampai 55 tahun, maka
diperkirakan kebutuhan akan jenis makanan tersebut akan meningkat. Minat
terhadap jenis kue ini sangat meningkat pada akhir tahun dan menjelang hari raya.
V. STRATEGI BISNIS
5.1 Citra
dan posisi yang diinginkan dalam pasar
5.2 Analisa
Internal (SWOT)
5.2.1 Strength
(Kekuatan)
Deangan menggunakan strategi harga dan kualitas yang
bersaing maka produk yang kami tawarkan dapat memasuki pasar dengan mudah. Kami
juga memiliki jenis produk yang berbeda dengan peroduk kue kering sejenis di
pasaran. Kue kering kami dapat di order by phone dan di antar ke tampat tujuan.
5.2.2 Kelemahan
Kelemahan kami terletak pada jumlah produksi dan jumlah
pekerja yang masih kurang pada saat ini. Kami belum memiliki ruko atau outlet
tersendiri karena masih dalam tahap home industry.
5.2.3 Opportunities
(Peluang)
Dengan menerapkan harga yang murah dan rasa yang beragam
maka produk kue kering ini akan sangat diminati di pasaran, bisnis ini dapat
dikembangkan secara luas denagn membuka ke-agenan. Dapat bekerja sama dengan
ojek online dalam melakukan antar barang ke tujuan
5.3 STRATEGI
KOMPETITIF (KEPIMPINAN BIAYA, DIFERENSIASI, FOKUS)
Strategi pemasaran:
Untuk
menarik minat konsumen maka dalm setiap bazaar kami akan hadir dengan semua
jenis produk dan dengan desain yang tidak biasa, kemasan akan berbeda. Jenis
produk akan disesuaikan dengan kondisi bazaar dan tergantung kepada konsumen
yang hadir. Di booth tersebut kami akan menampilakn poster yang berisi
komposisi dari kue tersebut untuk menimbulkan kepercayaan konsumen terhadap
produk kami. Kami menempelkan stiker yang berisi alamat website dan kontak yang
dapat dihubungi, serta membagikan stiker.
Strategi
keuangan:
Strategi yang kami terapkan adalah
dengan membeli bahan kue dalam jumlah banyak pada saat harga bahan makanan
turun, kami sudah memiliki langganan tersendiri sehingga harga yang didapatkan
jauh lebih murah. Dengan bahan yang murah dan berkualitas tersebut maka kami
tetap dapat menjual produk kami dalam harga yang tergolong murah.
VI. PRODUK
DAN JASA PERUSAHAAN
6.1 Deskripsi
6.1.1 Ciri-ciri produk dan jasa
Kue Kering Hias “Candy Cookies”
adalah kue kering yang memiliki beragam rasa dan harga yang sangat murah.
Produk kami dpat dipesan sesuai keinginan pelanggan.
6.1.2 Manfaat untuk pelanggan
Kue kering yang kami tawarkan dibuat dari bahan
bahan yang berkualitas dan bergizi tentunya. Pelanggan akan mendapatkan kue
dengan kualitas baik dengan standar yang sama dengan kue yang harganya lebih
mahal.
6.1.3 Keunikan
Keunikan dari kue kering hias kami adalah kue
kering yang dihias dengan gula cair pada bagian atasnya merupakan handmade
sehingga setiap kue memiliki keunikannya masing masing dan tidak akan pernah
sama. Hiasan kue kering dibuat menjadi dua lapis atau dua layer, pada bagian
kami memberi warna dasar lalu kami memberikan warna untuk gambar serta bentuk.
Dengan melakukan layering ini maka hiasan yang dihasilkan menjadi jauh lebih
bagus dan sempurna
6.2 Proses
Produksi
bahan baku
|
produksi
|
pemasaran
|
6.2 Biaya
Produksi
7. ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
7.1 Produk/
Jasa Yang Dihasilkan
7.2 Gambaran
Pasar
7.2.1
Karakteristik Pelanggan
- Pelajar Sekolah Menengah Atas
dan mahasiswa, serta karyawan kantoran dengan rentang usia dari 15 tahun
sampai 45 tahun
- Laki-laki dan perempuan
-
Dari
semua kalangan masyarakat
|
7.2.3 Motivasi
Pelanggan Untuk Membeli
- harga
- Kualitas
- Keunikan
7.2.3.1 Tren
Pasar Membesar atau Mengecil
Perkiraan penjualan sementara
7.4 Kegiatan
Pemasaran
7.4.1 Periklanan
dan Promosi
KEGIATAN PEMASATAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN
o
ADVERTISING / IKLAN
Yaitu dengan meniklkankan produk di
media online setiap 3 bulan sekali
Memberikan kontak berupa stiker
|
7.4.2 Biaya
Pemasaran
Biaya pemasangan lewat internet (facebook,
twitter,dsb) GRATIS
Biaya pembuatan stiker 200.000, poster 120.000
7.5 Penetapan
Harga
7.5.1 Struktur
Biaya (Biaya Tetap dan Biaya Tidak Tetap)
1. biaya tetap
2. Biaya
tidak tetap
7.6 Strategi
Pemasaran
o
KEGIATAN PROMOSI
Yaitu dengan memberikan promosi mendekati
hari raya dengan menampilkan harga yang murah beserta tester.
|
7.7 Strategi
Distribusi
7.7.1
Saluran Distribusi
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR
DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN
8
o
Lokal [60] %
o
Regional [30] %
o
Nasional [10] %
o
Ekspor [0] %
|
o
Individu
o
Industri
o
Distributor
|
9
Jalur Distribusi
10 Rencana
Lokais Showroom / Counter Penjualan
VIII. LOKASI
DAN TATA LETAK
8.1 Lokasi
Untuk lokasi yang ideal, kami
memilih lokasi di tepi pantai sebagai lokasi kafe. Hal ini didasarkan pada:
a. Kestrategisan lokasi tersebut yang
berada di pinggir pantai, yang memberikan suasana keindahan tepi pantai.
8.1.2Kebutuhan tenaga kerja dan upah
No.
|
Jenis Pekerjaan
|
Pendidikan
|
Umur
|
Jumlah
|
Kompensasi/Bln
|
1.
|
Manager
|
Min S1
|
Min 23 thn
|
1 org
|
Rp 2.000.000
|
2.
|
Super Cheff
|
Min D3
|
Min 25 thn
|
2 org
|
Rp 3.000.000
|
3
|
Asisten Cheff
|
Min D1
|
Min 23 thn
|
3 org
|
Rp. 2.100.000
|
4.
|
Kasir
|
Min SLTA
|
Min 23 thn
|
2 org
|
Rp. 1.200.000
|
5.
|
Waitress / pelayan
|
Min SLTA
|
Min 18 thn
|
5 org
|
Rp. 3.500.000
|
6.
|
Musisi
|
-
|
-
|
1 grup
|
Rp. 1.200.000
|
Total
|
Rp. 13.000.000
|
8.2. Tata
Letak
IX. ANALISIS
KEUANGAN
LAMPIRAN
Jenis-Jenis Perijinan yang Diperlukan
Untuk mendapatkan legalitas usaha, maka
organisasi harus mendapatkan perijinan dalam melakukan operasinya. Prosedur
pendirian Perseroan Terbatas adalah sbb:
1. Membuat Akta Notaris di Notaris yang
berkantor di wilayah setempat. Persyaratan untuk membuat Akta Notaris antara
lain:
a. Fotocopy KTP para pendiri perseroan
b. Draft anggaran dasara yang sudah ditandatangani
pendiri
2.
Melakukan pendaftaran ke Pengadilan Negeri dengan membawa Akta Notaris
yang sudah
ditantangani oleh para pendiri
3.
Menyampaikan pemohonan untuk menjadi Wajib Pajak Badan di Kantor Pajak
setempat dengan menyerahkan Akta Notaris yang dilegalisasi oleh Pengadilan
Negeri setempat
4.
Melakukan pendaftaran ke Dinas Perdagangan/Perindustrian dengan membawa
Akta Notaris yang dilegalisasi oleh pengadilan
5. Mendatangi kantor Departemen Kehakiman
dan HAM RI di Jakarta untuk membuat ijin penggunaan nama dan pengesahan oleh
Menteri Kehakiman dan HAM Ri dengan membawa persyaratan sbb:
a.
Akta Notaris
b.
NPWP
c.
Fotocopy KTP Pendiri
Sedangkan
bentuk perijinan yang dibutuhkan antara lain:
1.
Akta Notaris
2.
Surat Keterangan Domisili dari Kantor Kelurahan/Kecamatan setempat
3.
Surat Ijin Tempat Usaha (SITU)
4.
Ijin lokasi berupa Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) oleh Kepala Daerah setempat
5.
Ijin Gangguan (HO) dari Kepala Daerah
6.
Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Ijin Penggunaan Gedung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar