BAB
I PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah
Situasi perekonomian sekarang yang semakin lama semakin sulit
menuntut kita untuk bekerja dan berusaha lebih keras untuk dapat mempertahankan
kehidupan.
Tidak dapat hanya mengandalkan gaji atau uang bulanan saja mengingat kebutuhan dan harga-harga barang yang semakin menjolak, kita dituntut untuk dapat menunjang perekonomian dengan cara lain yang juga sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi orang lain.
Tidak dapat hanya mengandalkan gaji atau uang bulanan saja mengingat kebutuhan dan harga-harga barang yang semakin menjolak, kita dituntut untuk dapat menunjang perekonomian dengan cara lain yang juga sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi orang lain.
Akan tetapi sering kali kita terbentur dengan permodalan, untuk
itu dalam hal ini proposal yang kita ajukan adalah mencoba berbisnis dengan
modal yang tidak terlalu besar, akan tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang
optimal.
Selain itu usaha sepatu lukis yang akan kita garap ini belum
terlalu marak kehadirannya, sehingga memungkinkan peluang untuk dikembangkan
2.
Maksud Dan Tujuan
Adapun maksud pendirian usaha ini yang utama adalah untuk
mendapatkan profit, serta diharapkan dapat membuka lapangan usaha kerja baru
bagi orang lain. Selain itu juga dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang
mungkin membutuhkan jasa sepatu lukis...
BAB II
ASPEK UMUM
1.
Pandangan Usaha
Usaha
di kelola dandi kerjakan oleh sumber daya manusia yang ahli dalam bidangnya dan
di harapkan dapat memberikan pelayanan prima untuk pelanggan.
2.
Rencana Pemasaran
Mengestimasikan
potensi pasar dengan cara memaksimalkan potensi permintaan berdasarkan jumlah
konsumen sasaran, kemampuan daya beli konsumen, dan pendapatan konsumen.
VISI :
“menjadi sumber
ilmu pengetahuan dan wawasan serta menyediakan pemesanan sepatu lukis yang
dibutuhkan oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun berada”
MISI :
1. Menjalankan
kegiatan perusahaan dengan standar etika yang tinggi dengan kejujuran dan
integrasi.
2.
Menuhi kebutuhan pelanggan dengan selalu menyediakan produk yang
berkualitas tinggi dan andal.
3.
Bekerja dental taggung jawab dilingkungan kerja
4.
Menyediakan hasil usaha dan keuntungan yang layak serta
berkelanjutan
3.
Rencana Produksi
•
Nama
produk
•
Jenis
produk
•
Target
sasaran
•
Kegunaan
:
•
Metode
desain :
:
:
Sike
Draw
Sepatu Lukis.
: Semua kalangan (terutama pelajar) Sebagai alas
kaki
Mendesain secara manual
4.
Rencana Keuangan
Pemodalan
sebanyak Rp 500.000,- dengan menggunakan tabungan uang pribadi.
a.
Modal awal
b. Pengenbalian modal awal/bulan
c. Dengan harga jual produk perbuah
5.
Resiko yang dihadapi
a.Persaingan pasar
b.
Kerusakan alat
c. Kenaikan harga bahan dan alat d. Kerangnya peminat
e. Gulung
tikar (bangkrut)
=
Rp 500.000,- = Rp 200.000,- = Rp 100.000,-
BAB
III
Aspek Pemasaran
Pasar
didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual pembeli atau tempat terjadinya
transaksi jual dan beli sedang, pemasaran didefinisikan sebagai suatu proses
terjadi, transaksi jual dan beli. Dari definisi singkat ini bahwa pasar
bersifat statis sedangkan pemasaran bersifat dinamis. Jika kita menggunakan
kata pemasaran berarti kata tersebut sudah mengandung kata pasar. Pemasaran
seringkali disebut sebagai ujung tombak perusahaan.
Berdasarkan
analisa yang telah saya lakukan hasilnya adalah bahwa selama ini sepatu selalu
diminati pasar karena setiap manusia pasti menggunakan sepatu yang digunakan
sebagai alas kaki. Akhir-akhir ini mulai muncul sepatu yang digunakan sebagai
alat ekspresi yang menggambarkan kepribadian seseorang. Maka dari itu saya
membuat suatu produk sepatu yang lebih unik dari yang lain yang tidak hanya
sebagai sarana ekspresi saja.
Produk
yang kami produksi adalah produk sepatu kanvas polos dari suplayer yang
selanjutnya kami desain serta produksi sendiri yang kami beri nama "sepatu
lukis" dengan target pasar pelajar dan umum.
Promosi
penjualan merupakan kegiatan promosi sangat erat kaitannya dengan penyebaran
informasi untuk disampaikan ke konsumen. Dalam penyampaian strategi informasi
ini ada beberapa hal penting yang hendaknya diperhatikan, yaitu sebagai
berikut:
1.
Program periklanan yang dijalankan, kegiatan periklanan merupakan sebagai media
utama bagi perusahaan untuk menunjang kegiatan promosi dimana promosi memiliki
tujuan utama untuk menarik kosumen agar mau melakukan pembelian terhadap produk
yang ditawarkan.
2.
Promosi
yang dilakukan dengan mengedepankan kualitas promosi penjualan. Aspek
penambahann intensitas terhadap stategi dalam pemasaran produk. Penambahan
intensitas disini meliputi berbagai aspek manajemen pemasaran, yaitu
peningkatan kualitas produk, kualitas pelayanan distribusi, menambah kualitas
pelayanan agar menjadi lebih baik dan masih banyak aspek lainya yang dapat
ditingkatkan
demi tercapainya kepuasan pelanggan atas produk
yang
telah dipasarkan.
3. Promosi dengan cara meningkatkan publisitas. Cara ini
lebih
condong
untuk membentuk sebuah image yang lebih positif terhadap produk yang
ditawarkan. Pembentukan image positif ini dapat dilakukan dengan iklan atau
promosi yang memiliki karakteristik tertentu.
Kami
menciptakan suatu produk yang memiliki poin lebih, karekteristik unik,
mempunyai manfaat lebih yang dapat menjadi pemikiran positif yang berkembang
dimasyarakat akan terbentuk dan mendatangkan beberapa faktor positif untuk
mendongkrak penjualan.
•
Kami
hanya membuat sepatu dengan desain yang di request oleh customer saja, sehingga
sepatu yang anda beli mungkin akan selalu berbeda dengan orang lain.
•
Kami
juga menyediakan desain dari kami yang hanya di buat untuk 10 pasang sepatu
saja, dan harganya lebih murah dari sepatu yang desainnya di request sendiri
oleh customer
•
Banyaknya
tenaga kreatif.
•
Harga
murah dan terjangkau
Contoh
Produk:
Sepatu Lukis
Rp.
100.000,-
Rp. 80.000,-
Penutup
Semakin
meningkatnya kebutuhan hidup kita di zaman sekarang serta persaingan yang tidak
sedikit, mendorong kita untuk lebih jeli dalam membuka suatu usaha. Selain itu
kita harus pandai-pandai mengatur keuangan agar modal yang kita keluar dapat
kembali dalam waktu yang tidak begitu lama.
Demikianlah
kiranya proposal ini kami susun, harapan kami agar proposal ini memungkinkan
untuk meningkatkan antara perekonomian dan dapat membuka lapangan kerja baru
bagi orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar