I.
Latar
Belakang
Merupakan
rahasia umum bahwa angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat seiring
berjalannya waktu, tentunya kami merupakan salah satu orang yang tidak ingin
merasakan dampak dari peristiwa tersebut. Dengan kata lain, membuka usaha adalah
salah satu jalan yang menurut saya paling meyakinkan, selain terhindar dari
dampak PHK masal, juga dapat membantu menurunkan angka pengangguran di
Indonesia. Dengan berwisausaha juga, penghasilan yang akan di peroleh sangat
lebih menjamin. Untuk itu, dibukalah “Sign de Brand”, sebuah usaha yang kami
dirikan dan bergerak dibidang tekstil siap pakai, untuk saat ini kita masih
fokus untuk memproduksi bantal yang dapat dicustom.
Semua
orang, dan semua kalangan tentunya menginginkan ruangannya dan rumahnya tampak
cantik sesuai perspektifnya masing – masing, dengan mewujudkan gambar dan warna
yang sesuai dengan keinginan konsumen, tentunya mereka akan selalu puas, karena
hasilnya 99% sesuai dengan yang mereka bayangkan.
II. Target
Pasar
Target
pasar kami adalah semua kalangan tanpa terkecuali, mulai dari mereka yang baru
lahir sebagai hadiah sampai bahkan untuk mereka para lansia.
III.
Memulai
usaha inipun perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti:
·
Modal
Selain bermodalkan
ide dan uang, berdirinya perusahaan inipun bermodalkan niat yang baik dan
kesungguhan untuk menjalankannya
·
Pemasaran
Teknik pemasaran
yang kami gunakan adalah teknik pemasaran terampuh yaitu melalui promo – promo dan
juga media social.
·
Kualitas
Jangan khawatir
dengan kualitas bantal sofa kami, karena konsumen dapat memilih material sesuai
dengan keinginannya, begitupun dengan desainnya.
IV. Keuntungan
Bisnis
Keuntungan dari
bisnis ini adalah sebetulnya tidak memerlukan modal yang banya, ata bahkan bisa
tanpa modal. Karena para konsumen, seperti yang kita ketahui pada sistem
pre-order, akan mentransfer harga total sesuai pesanannya kemudian baru akan diproses
pesanannya.
V.
Kendala
Bisnis
Kendala dalam
bisnis inipun seringkali mereka (para konsumen) menginginkan foto mereka untuk
dijadikan gambar pada bantal pesanannya, namun resolusi gambar yang dikirim
sangat kecil.
Adapun kendala
dari dalam perihal menjahit sarung bantalnya, sulit menemukan penjahit dengan
harga jasa yang sesuai budget kami
VI. Strategi
Pemasaran
·
Orang
Terdekat
Yang merupakan
awal dari strategi pemasaran kami adalah, menargetkan orang – orang terdekat
untuk memesan produk kami, selanjutnya mereka akan memberikan testimoni kepada
rekan – rekan mereka tentang produk kami.
·
Online
(Media Sosial)
Tidak dapat
dipungkiri bahwa social media merupakan cara paling ampuh untuk menggaet para
konsumen, dengan cara menampilkan gambar gambar yang terpercaya dan cantumkan
harganya. Maka semua orang akan mengetahui produk kita.
VII. Kunci
Sukses
Kunci sukses yang
terus kami jaga dengan baik adalah “fokus”, fokus dengan apa yang kami
produksi, fokus dalam segi kualitas dan pelayanan kami yang sangat ramah dan
cepat. Atau dengan kata lain, kunci sukses dari produk kami adalah memiliki
nilai tambah yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing.
VIII Analisa
Ekonomi
·
Modal / 4
bantal sofa:
1 meter print tekstil = Rp. 80.000 (cukup
untuk 4 buah bantal sofa bagian depan)
1 meter bahan polos = Rp. 17.000 (cukup 4
buah bantal sofa bagian belakang)
Benang jahit besar = Rp. 5000
4 buah Resleting jepang = Rp. 6000
Bantal sofa polos = Rp. 30.000
Total =
Rp. 138.000 (per 4 bantal sofa, jika jahit sendiri)
Biaya jahit 4 sarung bantal = Rp. 60.000
Total =
Rp. 198.000 (per 4 bantal sofa, jika jahit di tukang)
·
Laba / 4
bantal sofa:
Harga jual 1 bantal sofa = Rp. 80.000
Harga jual 4 bantal sofa = Rp. 320.000
Laba / 4 bantal (jika jahit sendiri) = Rp.
320.000 – Rp. 138.000 = Rp. 182.000
Laba / 4 bantal (jika jahit tukang) = Rp.
320.000 – Rp. 198.000 = Rp. 122.000
·
Asumsi
Penghasilan / bulan:
200 bantal / bulan = Rp. 182.000 x 50 = Rp.
9.100.000 (Jika jahit sendiri)
200 bantal / bulan = Rp. 122.000 x 50 = Rp.
6.100.000 (jika jahit di tukang)
IX. Kesimpulan
Usaha “Sign de Brand”
kami dirikan sebagai solusi untuk menyematkan diri dari dampak kenaikan angka
pengangguran yang ada di Indonesia, agar kami bisa bisa “survive” pada masa
krisis yang sedemikian rupa ini. Semaksimal mungkin “Sign de Brand” akan
melayani keinginan konsumen dalam mewujudkan hasil desain sesuai dengan
keinginan mereka, walaupun adanya beberapa kendala usaha. Berbagai nilai tambah
dari perusahaan kami akan kami jadikan kunci sukses perusahaan. Dengan laba 6 –
9 juta rupiah perbulan, akan terus kami tingkatkan kualitas kami dan selalu
menciptakan inovasi – inovasi kreatif untuk para konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar