PERENCANAAN USAHA
“SHOPPEE YOLKOYZ”
Seiring kemajuan
Usaha Kegiatan Menengah (UKM) pada masa kini yang mulai di pandang oleh
masyarakat, sehingga hal ini tentunya memberikan dampak yang besar bagi
perkembangan ekonomi Indonesia, dan juga pada zaman sekarang ini dengan
kemajuan tekologi membuat usaha mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan
saja yang membuat saya berfikir bahwa ini adalah peluang yang sangat tepat
untuk menjadi wirausahawan.
Walaupun masih
banyak UKM yang mengalami kendala seperti permasalahan modal, promosi, jaringan
bisnis, dan lain-lainnya, dan walaupun terjadi krisis global yang sempat
meggoyangkan perusahaan perusahaan besar di sekitar kita namun usaha kegiatan
menengah (UKM) tidak terpengaruh sehingga sebagian masyarakatpun memilih
peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif.
Konsumen
Target pasar saya
adalah kalangan remaja sampai dewasa, usaha saya adalah berjualan action figure
dari jepang dan juga barang-barang cosplay.
Memulai Bisnis SHOPPEE YOLKOYZ
1. Skill dan pengetahuan tentang barang barang yang banyak disukai orang-orang
sangat dibutuhkan dalam memulai bisnis seperti ini, dan lagi keahlian dalam
memilih produk dan memasarkan nya menjadi kunci sukses dalam berwirausaha.
2. Kerjasama, membangun mitra kerjasama dengan orang-orang sekitar dan
yang terdekat untuk memperluas area wirausaha.
3. Selalu jaga kualitas produk yang akan di pasarkan, apakah ada kecacatan atau tidak.
4. Selalu ikuti tren yang sudah booming akhir-akhir ini, yang dapat
meningkatkan pemasaran produk sehingga tidak kalah dengan pesaing lain.
Keuntungan Bisnis
Tidak dapat di
pungkiri berbagai macam barang barang seperti figure jepang (figma,
nendoroid, pvc, gunpla, dan lain-lainnya) dan juga barang barang keperluan
cosplay (costume, wig, aksesoris) banyak sekali dicari oleh orang orang pecinta
jejepangan.
Kendala Bisnis
kendala bisnis yang
biasanya saya hadapi adalah waktu,
karena saya masih kuliah, dan tidak bisa fast respon ketika ada customer yang
bertanya (harus menunggu saya selesai kelas terlebih dahulu)
Strategi Pemasaran
Biasanya saya
memasarkan produk saya dengan via sosial media seperti Line, Facebook, Instagram untuk memasarkan produk saya.
Pemasaran nya
juga bisa lewat orang lain (word
of mouth) dengan testimoni konsumen yang membeli lalu
memberitahukan kesan nya kepada teman-teman nya sehingga membuat teman nya
penasaran untuk melihat lihat
barang yang jual.
Kunci Sukses
·
Jangan pernah malu dalam
memasarkan produk.
·
Selalu layani customer dengan ramah.
·
Selalu update barang barang apa saja yag sedang tren.
·
Jangan malu untuk bertanya dan
belajar dari orang lain yang sudah
sukses
Analisa Ekonomi
Modal awal saya tidak ada karena saya adalah wholesaler
yang hanya memasarkan produk yang sudah ada di supplier berupa ready stock
maupun membuka pre order barang yang customer ingin beli di web jepang maupun
china
Laba bersih setiap itemnya
sebesar Rp 10.000 ~ Rp 50.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar