I.
Latar Belakang
Dengan
semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat
terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif
untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Kampus ini
merupakan sebuah tempat belajar yang sudaha lama berdiri dengan ribuan
mahasiswanya dari berbagai wilayah di Indonesia sehingga sangat potensial
terhadap bidang fashion. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya
yang ter up to date.
Daerah
sekitar kampus ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena
hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat
yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan
Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang
memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering
bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga generasi
muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan DOOM SOUL Clothing Concept yang berdiri di kota Jakarta , kota
yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada
kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion
dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
DOOM SOUL
Clothing Concept didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam
bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & ciri
khas Indonesia.
II.
TARGET PEMASARAN
DOOM SOUL Clothing Concept membidik
pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak
memberatkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana
kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas
dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen
pasar usaha
distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga
hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya
pemenuhan permintaan pakaiandapat dipenuhi dari distro ,akan tetapi
dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
III.
MEMULAI BISNIS
Memulai Bisnis Boneka
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda
siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.
Skill dan pengetahuan
Pengetahuan tentang usaha
yang saya jalani itu harus lebih fokus pada barang yang saya jual bagaimana
agar para konsumen banyak yang meminati barang saya
2.
Kerjasama / jaringan
Untuk kerja sama saya
bias bekerja sama dengan distro-distro terdekat atau dengan kata lain saya
menitipkan dagangan saya pada distro tersebut.
3.
Tenaga Kerja
Untuk tenaga kerja yang
saya butuhkan itu ada 8 orang
4.
Kualitas
·
Berkualitas
tinggi dan
dapat memuaskan konsumen,
·
Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
·
Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa
kali cuci.
5.
Trending Topik
1. menghasut orang lain,
2. eksis di internet,
3. hobi yang
menghasilkan,
4. bisnis kreatif.
IV.
Keuntungan bisnis
1. pengalaman
2. kepercayaan
3. bisa membagi waktu
4. finansial
5. networking semakin
luas
6. melatih kepekaan
V.
Kendala bisnis
1. Hambatan birokrasi
2. Tidak terjadimya
penjualan
3. Keuntungan yang tidak
mencukupi
4. Pemasok yang berbiaya
tinggi
VI. STRATEGI PEMASARAN
·
Membuat pamphlet-pamflet berisi produk –
produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
·
Melakukan iklan-iklan di dunia internet
baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·
Membuat catalog-katalog mengenai fashion
yang sedang uptodate di distro
VII. KUNCI SUKSES
1.selalu Inovasi dan
kreatif
2. Menciptakan loyalitas
kepada pelanggan
3. berpikir yang luas
4. menjaga kualitas
VIII. ANALISA EKONOMI
1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal &
Desain Interior
|
Rp.
20.000.000,-
|
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya Soft Opening dan
Promosi awal
|
Rp.
5.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan
tahun pertama
|
Rp.
60.000.000 ,- +
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 685.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain pertahun
· Listrik
Rp. 12.000.000,-
· Asuransi
Rp. 11.000.000,-
· Transportasi
Rp. 6.500.000,-
· Administrasi
Rp.
4.500.000,-
· Pajak
Rp. 2.750.000,-
· Pemeliharaan
gedung dan peralatan Rp. 6.000.000,-
+
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya
produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi
Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain
Rp.
42.750.000,- +
Total
Rp.
667.250.000
Penutup
Usaha CLOTHING ini
merupakan usaha yang memiliki peluang besar untuk memperoleh keuntungan yang
cukup besar dan banyak diminati konsumen. Harga relatif terjangkau dan sangat
mudah untuk memperolehnya baik dengan cara memesan melalui telepon, online atau
datang/ketemu secara langsung.
Atas perhatiannya
kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar