BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
F clothing adalah
merupakan bisnis yang akan memperkenalkan produk Baju dan Kaos untuk masyarakat
umum. Dengan produk lokal ini, kita juga dapat memasarkannya dengan bentuk
produk seperti ini kita juga bisa mengenali betapa cintanya menggunakan produk
dari hasil karya lokal yang tidak kalah bagus dan menarik. Pada clothing ini
saya mendesain kaosnya bisa sesuai dengan pesanan dari pelanggan. Sekali pun
juga baju wanita yang akan saya rancang juga dengan desain yang terbaru
.
1.2 Tujuan
1.
Memperkenalkan
produk brand baju dan kaos
lokal dengan desain sendiri.
2.
Mengembangkan
produk baju dan kaos untuk memasarkan pada masyarakat umum di negara sendiri
terutama.
1.3 Manfaat
Agar masyarakat indonesia mampu
menggunakan brand baju dan kaos produk lokal sendiri. Dan mencintai produk-produk brand lokal.
BAB II
Target Pasar
2.1 Konsumen
Target pasar atau konsumen yang
ingin diincar yaitu seluruh masyarakat umum, seperti pelajar, mahasiswa, maupun
orang dewasa. Karena baju yang ada di F Clothing ini memang bisa dapat
dikenakan oleh selurung kalangan tersebut. Karena bisa desain dengan sesuai
permintaan pelanggan
BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini dikarenakan pada awalnya saya bekerja
sama sama teman saya untuk membuat desain kaos. Dengan mempunyai karya yang
cukup untuk menggambar desain apapun. Kemudian kami memakai baju tersebut. Dan
ada yang komen dengan banyak pujian yang baik dari desainnya. Dan ditanya-tanya
beli dimana, kemudian pun kami menjawab ini membuat desain sendiri. Pada sampai
akhirnya, dengan beberapa banyak pesanan kita memulai dari situ dan kita
kembangkan lagi melalui jejaring sosial. Sehingga banyak pemintaan dari
pelanggan.
3.2 Kerjasama
atau jaringan
Sampai sekarang ini saya belum mencoba untuk mencari atau
bergabung dengan jaringan manapun untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan usaha ini, maksudnya jaringan yang dalam konteksnya
luas dan besar. Saya hanya memasarkan ini secara langsung maupun di internet seperti blog , ataupun
sosial media yang saya miliki.
3.3 Tenaga
Kerja
Mengenai tenaga kerja, saya masih dengan teman
saya pada saat ini. Tidak menambah orang lagi. Karena belum begitu banyak yang dikeluarkan untuk
melakukan pekerjaan menyablon bajunya. Dan selalu mempunyai rencana matang
untuk melakukan hal yang sangat dipentingkan pada awal penjualan. Jadi masih
belum membutuhkan tenaga kerja orang dahulu.
3.4 Kualitas
Kualitas pada produk kami ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena dengan harga yang tidak
begitu mahal bisa terjangkau masyarakat sudah bisa dapat menggunakan produk kami ini. Bahan-bahan yang digunakan pun dengan kualitas
yang terbaik dengan standarnya. Karena saya ingin dalam produk yang dapat saya
pasarkan ini mempunyai kualitas yang menuntungkan dan nyaman untuk digunakan.
3.5 Trending
Topic
F Clothing sendiri belum pernah menjadi tranding topic di sosial media, karena bisnis usaha ini masih
kecil-kecilan dan belum luas jaringannya, oleh karena itu F Clothing belum
pernah menjadi Trending Topic sebagai bahasan yang sangat terpanas atau terkini
dalam social media. Dikarenakan produk kami ini masih baru berjalan beberapa
bulan.
BAB IV
Keuntungan Bisnis
Keuntungan bisnis yang di
dapatkan dari usaha ini adalah untuk lebih mengembangkan lagi F Clothing dan memiliki keuntungan yang
lumayan maka akan membuat
sebuah Distro untuk kaosnya ataupun Butik untuk bajunya. Sehingga dalam
pengembangan untuk mendapatkan keuntungan lagi lebih besar nantinya.
BAB V
Kendala Bisnis
Kendala yang didapat dalam usaha ini mungkin
lebih ke pemasarannya, karena saya sendiri belum memiliki jaringan yang luas
sehingga pesanan untuk usaha ini
pun masih standar dan belum sangat banyak. Dan juga kendalanya sebagian masyarakat masih belum mengerti dari pembikinan desain dengan
sesuai permintaan pelanggan. Dan untuk memasarkannya pun bingung, kalau tidak
menanyakannya langsung yang tertuju pada desain tersebut dan kemudian pun
seharusnya nanya kepada pemiliknya.
BAB VI
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran produk kami F Clothing yaitu
yang pertama menawarkan harga yang standar sangat nyaman bila produk kami juga
sangat berkualitas dengan harga yang tidak semahal lainnya. Desain-desain yg unik ini bisa dilirik oleh kalangan manapun.dan menawarkan desain-desain terbaru di dalamnya untuk menarik
perhatian pelanggan. Dan kami akan memasarkannya ini dengan melalui
Media Sosial seperti, LINE, INSTAGRAM,dan TWITTER kemudian dengan BAZAR.
BAB VII
Kunci Sukses
Kunci sukses yang selalu terapkan itu ialah dengan terus berinovasi
dan menciptakan sebuah desain yang semenarik
mungkin ingga konsep dalam bisnis ini. Tidak mudah menyerah
meskipun sedang menghadapi kesulitan di dalam menjalankan usaha ini, selalu
berkaca dari orang orang yang sukses dan yang penting selalu berdoa dan
berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik meskipun sedang dalam keadaan
yang buruk. Dan tidak
terpengaruh oleh keadaan yang negatif. Dan selalu melihat dari hal yang baik
sehingga bisa diterapkan dalam bisnis ini.
BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi
No
|
Kegunaan
|
Rincian
|
Jumlah
|
1.
|
Modal awal:
- perlengkapan bisnis
- peralatan bisnis
|
Rp. 5.800.000
Rp. 1.000.000
|
Rp. 6.800.000
|
2.
|
Biaya penyusutan:
|
||
3.
|
Biaya produksi perbulan:
|
Biaya
produksi ini tergantung berapa pesanan yang dibutuhkan, kalau ada sekitar 5
lusin biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 1.800.000
|
|
4.
|
Omset perbulan:
|
Kalau
perbulan ada 5 lusin dengan harga yang satuan @Rp.75.000. yang pesan omset
yang didapat sekitar Rp. 4.500.000
|
|
5.
|
Laba bersih perbulan:
|
Keuntungan
bersih yang didapat sebulan kalau ada pesanan 5 lusin sekitar Rp. 2.700.000
|
BAB IX
Penutup
Jadi F Clothing ini
merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang produk baju dan kaos dengan
memiliki berbagai macam desain pilihan atau baju juga tersebut yang akan
pilihan desain sendiri dari pelanggannya. Kemudian produk ini dapat digunakan
dengan rasa yang nyaman dengan kualitas bahannya yang halus. Dengan harga satuan
yang akan dijual mulai dari Rp.75000 saja kalian sudah bisa membeli kaos dengan
desain sesuka hati. Harga yang sangat terjangkau dibandingkan lainnya sehingga
sangat mudah untuk menarik perhatian para pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar