PENDAHULUAN
Banyaknya masyarakat yang menggunakan media sosial mampu menciptakan
sebuah peluang bisnis baru pada bidang kesenian karena semua kejadian penting
akan diabadikan kemudian dipublikasikan ke media sosial.
Melihat dari latar belakang masyarakat Indonesia yang suka meniru dan mengikuti gaya yang sedang trend atau hal-hal yang dilakukan oleh tokoh idola, membuat Cabeart melihat peluang tersebut untuk dijadikan ladang berbisnis.
Melihat dari latar belakang masyarakat Indonesia yang suka meniru dan mengikuti gaya yang sedang trend atau hal-hal yang dilakukan oleh tokoh idola, membuat Cabeart melihat peluang tersebut untuk dijadikan ladang berbisnis.
Anak
muda terkadang ingin sekali terlihat berbeda dengan anak muda lainnya, hal itu
dilakukan dengan menunjukkan suatu sesuatu yang uni bahkan belum banyak orang
miliki. Kehadiran Cabeart akan sangat membantu dalam hal tersebut.
Cabeart
adalah sebuah usaha pada bidang seni, dimana produk yang dihasilkan dapat
dimanfaatkan untuk hiasan, kado, hadiah wisuda atau anniversary, bahkan
souvenir pernikahan. Bentuk dan medianya yang unik.
Pemasaran
hanya dilakukan melalui media sosial Instagram, pembayaran dilakukan dengan
transfer melalui bank, dan pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman
barang.
Visi
Menjadikan Cabeart sebagai pilihan utama masyarakat
untuk membuat design properties yang diciptakan sesuai dengan keinginan
konsumen.
Misi
1.
Menciptakan art properties menggunakan alat dan bahan yang
berkualitas tetapi mempunyai harga jual yang terjangkau.
2.
Melakukan
promosi menggunakan
media sosial dengan cara yang
menarik.
3.
Memberikan hasil design properties sesuai dengan apa yang diinginkan
4.
Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
TARGET KONSUMEN
Target dari CabeArt adalah semua kalangan masyarakat
tanpa batasan usia yang sedang mencari hiasan, kado, hadiah wisuda
atau anniversary, bahkan souvenir pernikahan dengan kualitas
bagus tetapi harga terjangkau.
MEMULAI BISNIS
Skill dan
pengetahuan: maraknya pengguna sosial media dan memanfaatkan skill yang dimiliki,
membuat saya memutuskan untuk membuat usaha CabeArt. Kemampuan dalam me-lobby
distributor saya manfaatkan dengan baik.
Jaringan: Mengenal
distributor memuaut saya untuk bergabung dengannya untuk membuat kerjasama
dalam memasarkan usaha ini. Proses pemasaran menggukan media internet Instagram.
Tenaga kerja: Tenaga kerja
menggunakan jasa 3 orang.
Kualitas: Berkualitas
tinggi dan memuaskan konsumen karena sesuai dengan keinginannya, menggunakan
media gambar yang unik dan menarik.
Trending topic: Bisnis kreatif,
Harga murah, dan Kualitas bagus.
KEUNTUNGAN
Art properties handmade sudah banyak
diminati, sehingga CabeArt memiliki peluang yang besar untuk memperoleh
keuntungan yang besar.
KENDALA
Kendala yang dihadapi adalah ketika
memperoleh banyak pesanan, proses pembuatan memakan waktu yang lama dan
terkadang ada beberapa konsumen yang tidak sabar dalam menunggu.
STRATEGI
PEMASARAN
Pemasaran hanya
melalui Instagram. Produk dikenal oleh kalanga luas dengan cara mengendorse
selebriti Instagram yang memiliki pengikut dengan jumlah banyak.
KUNCI SUKSES
Menjaga kualitas dan selalu update
dengan apapun yang sedang trend di kalangan masyarakat
ANALISIS EKONOMI
Modal awal
Canvas 20x20
|
32000
|
Canvas 20x30
|
38000
|
Canvas 30x30
|
47000
|
Canvas 30x40
|
53000
|
Canvas 40x60
|
87000
|
Jumlah
|
257000
|
Biaya jual
Canvas 20x20
|
65000
|
Canvas 20x30
|
90000
|
Canvas 30x30
|
120000
|
Canvas 30x40
|
150000
|
Canvas 40x60
|
250000
|
Jumlah
|
683000
|
cabeArt
diproduksi sekitar 100 unit
Omset
257000x100=25700000
Laba 68300000-25700000=42600000
KESIMPULAN
Demikian rencana bisnis yang saya
buat guna memenuhi tugas kuliah. Semoga menginspirasi sehingga bermanfaat bagi
semua orang yang ingin memulai suatu usaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar