Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan
macam-macam minuman herbal, dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan kesegaran untuk membuat tubuh kembali beraktivitas.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan kesegaran untuk membuat tubuh kembali beraktivitas.
SLemon
merupakan salah satu minuman yang dikenal memiliki beberapa khasiat bagi kecantikan
dan kesehatan tubuh. Jeruk lemon atau dikenal juga dengan nama jeruk sitrun
merupakan salah satu jenis jeruk yang biasa digunakan untuk campuran berbagai
olahan makanan dan minuman. Lemon memiliki nama latin Citrus limon dan termasuk
dalam keluarga Rutaceae. Banyak orang yang salah mengira bahwa lemon sama dengan
jeruk nipis,
padahal keduanya berbeda. Namun, keduanya sama-sama biasa digunakan sebagai campuran
bahan untuk minuman kesehatan. Seperti lemon dengan air hangat dan madu
dipercaya sebagai ramuan yang dapat melangsingkan tubuh. Seperti jenis jeruk
lainnya, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu
terdapat pula kandungan vitamin B5, vitamin b3, vitamin b1 dan b2, asam folat,
kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, gula, karbohidrat, serat,
lemak dan protein.
Dengan khasiat yang begitu banyak dan dapat
menyegarkan tubuh serta harga jual yang sangat terjangkau, maka tentunya hal
ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya. Keberadaan SLemon
sebagai salah satu minuman herbal yang memiliki banyak khasiat
untuk kesehatan tubuh, sehingga produk ini memang layak dipasarkan dan
dikenalkan menjadi salah satu produk herbal di Indonesia.
BAB II KONSUMEN/ TARGET PASAR
SLemon
adalah sari buah jeruk lemon murni yang kami produksi sendiri. Sehingga kami
menjamin kualitas bahan baku jeruk kami benar-benar segar / fresh. Lemon yang
kami pasarkan murni 100% tanpa bahan campuran apapun sehingga aman dan banyak
manfaatnya. Untuk memilih target
konsumen ada konsepnya, yaitu menggunakan STP (Segmentasi, Targeting, dan
Positioning). STP dari minuman ini yaitu :
Segmentasi :
§ Geografis:
Kota-Kota Besar di Indonesia
§ Demografis:
- Gender: Perempuan dan Laki-laki
- Usia: 4 Tahun Keatas
- SSE: Semua Kelas Sosial
Targeting:
Pasar sasaran SLemon adalah anak-anak,
mahasiswa, semua pekerja, ibu-ibu dan bapak-bapak lansia, kelas menengah
keatas, sedang dan kebawah. SLemon akan berlokasi di tempat yang
terjangkau dan banyak dikunjungi oleh semua orang.
Postioning:
“Sehat dan Cantik dengan Sari Lemon”
BAB III BAGAIMANA MEMULAI BISNIS
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa
hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai
berikut :
3.1 Skill dan Pengetahuan
Terdapat
beberapa bentuk pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan,
yaitu : pengetahuan mengenai usaha yang akan dirintis dan pengetahuan akan
lingkungan usaha di sekitarnya yang akan mempengaruhi kegiatan wirausaha,
pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab, pengetahuan tentang kepribadian
dan tanggung jawab, dan pengetahuan yang terkahir adalah pengetahuan tentang
manajemen dan organisasi bisnis. Modal utama Anda adalah skill dan pengetahuan
tentang perkembangan minuman lemon yang
saat ini laris manis di pasaran. Untuk itu Anda harus jeli melihat perubahan
minat konsumen melalui koran, majalah, internet, maupun mengamati perkembangan
minuman herbal yang sedang digemari masyarakat luas.
Dengan adanya pengetahuan tersebut, maka seorang
wirausaha dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif yang tercermin dalam:
• Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up).
• Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative).
• Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity).
• Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing).
• Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya.
• Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up).
• Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative).
• Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity).
• Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing).
• Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya.
3.2 Kerjasama/Jaringan
Untuk
mempertahankan bisnis, salah satu strategi yang harus dibangun adalah dengan
mengembangkan/memperkuat jaringan ( networking ) usaha. Dimana kita harus
dapat bersinergi, berkolaborasi dan saling menjalin kemitraan dengan usaha
lain, baik yang sejenis maupun usaha yang berbeda dengan tujuan untuk
memperbesar akses dan penting bagi peningkatan kualitas layanan dan
produktivitas usaha dengan berbagai kemungkinan yang dapat dijalankan sekaligus
dikerjasamakan. Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku yang memberikan
penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan yang
Anda gunakan.
3.3 Tenaga Kerja
Tenaga
kerja merupakan salah satu faktor penting dalam berwirausaha. Tenaga kerja ikut
menentukan tercapainya tujuan dan proses kegiatan usaha untuk mencapai
keberhasilan yang telah ditetapkan wirausaha didalam perusahaannya. Tanpa
adanya tenaga kerja yang berkualitas tidak akan ada proses kerja didalam
perusahaan. Carilah tenaga kerja yang benar-benar kreatif dan memiliki skill
bagus dalam hal meracik minuman herbal. Bila perlu lakukan seleksi ketat
sebelum akhirnya menentukan tenaga kerja yang Anda gunakan.
3.4 Kualitas
SLemon adalah sari buah jeruk
lemon murni yang kami produksi sendiri. Sehingga kami menjamin kualitas bahan
baku jeruk kami benar-benar segar/fresh. Lemon yang kami pasarkan murni 100%
tanpa bahan campuran apapun sehingga aman dan banyak manfaatnya. Selalu
lakukan pengontrolan (quality control) pada produk SLemon yang telah
diproduksi, hal ini penting agar kualitas produk Anda tetap terjaga dan tidak
kalah bersaing dengan produk minuman herbal lainnya yang ada di pasaran.
3.5
Trending Topic
Dengan
sedikit kreatifitas dan cerdas melihat tren yang ada, kita bisa memanfaatkan
trend yang ada untuk memperkenalkan usaha kita lebih luas lagi. Saya
mengibaratkan seperti yang dapat kita lihat dari fenomena trending topic di
Twitter. Perhatikan perkembangan trend dunia minuman herbal di luar negeri agar
produk-produk yang Anda ciptakan tidak ketinggalan jaman dan laris manis
diserbu konsumen.
BAB IV KEUNTUNGAN
BISNIS
Tak
bisa dipungkiri bahwa sampai kapanpun minuman herbal masih terus digandrungi
para konsumen dari berbagai kalangan. Karena banyak produk kesehatan dan
kecantikan yang pada kenyataannya malah membahayakan. Maka dari itu minuman
herbal yang berbahan dasar lemon ini bisa menjadi solusi dalam menjaga
kesehatan dan kecantikan secara alami. Peluang inilah yang dimanfaatkan
sebagian besar pelaku usaha sehingga mereka bisa meraup untung besar setiap
bulannya melalui minuman herbal yang memiliki nilai jual cukup tinggi.
Selain
minat konsumen perorangan yang masih sangat tinggi, saat ini banyak restoran
atau tempat makan yang mulai memanfaatkan sari lemon sebagai salah satu bahan
campuran dalam minuman. Kondisi ini tentunya menjadi peluang besar bagi para
produsen SLemon, sebab permintaan konsumen tidak hanya dari perorangan saja
namun juga bisa melayani pesanan masal dari instansi tertentu.
Dampak positif yang
ditimbulkan oleh usaha SLemon adalah:
·
Pendayagunaan tenaga kerja lokal (menyediakan lapangan kerja
bagi masyarakat sekitar)
·
Memberikan contoh nyata cara melakukan wirausaha terhadap
warga sekitar
·
Memperkenalkan minuman sehat dengan bahan dasar lemon
·
Keuntungan dalam bisnis minuman SLemon ini
yakni merupakan minuman dari bahan alami yang digandrungi banyak orang.
BAB V KENDALA BISNIS
Beberapa kendala yang sering
dihadapi para pelaku usaha minuman sari lemon yaitu ketersediaan bahan baku
yang sering terlambat. Bila permintaan sedang naik, persediaan bahan baku pun
cenderung sulit ditemukan sehingga mengakibatkan adanya kenaikan harga.
Kendala bisnis SLemon,
seperti:
·
Kenaikan mendadak harga bahan-bahan mengakibatkan perusahaan
mengalami penurunan omzet
·
Produk baru dapat dengan mudah mendapatkan saingan serupa.
Tantangan utama akan datang dari usaha-usaha yang memiliki modal lebih besar,
dimana mereka dapat melakukan pembelian bahan-bahan secara lebih murah dengan
grosir
·
Berkurangnya minat pasar apabila tidak dilakukan inovasi yang
terus-menerus.
BAB VI STRATEGI PEMASARAN
Untuk memperluas jaringan
pemasaran produk SLemon, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti berbagai macam
pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi pemerintahan maupun swasta.
Melalui kegiatan tersebut, Anda bisa mengenalkan produk-produk unggulan kepada
masyarakat luas, menambah jaringan bisnis, dan memperbesar peluang pasar yang
dimiliki.
Selanjutnya Anda juga bisa menitipkan produk SLemon
yang dihasilkan ke toko-toko minuman herbal. Sedangkan untuk memperluas
jangkauan pasar, Anda bisa memanfaatkan media massa seperti memasang iklan di
majalah, koran, atau memanfaatkan internet marketing sebagai solusi tepat
pemasaran UKM.
Strategi pemasaran yang akan
dilakukan mencakup sebagai berikut:
·
Bagi konsumen dengan pembelian diatas 10 bungkus
akan mendapatkan diskon-diskon atau free ongkos pengiriman.
·
Memasukkan
merk SLemon ke dalam daftar sponsor
pertandingan olah raga lokal, misalnya, acara 17 Agustus-an.
·
Setiap
beberapa periode, melakukan kerja sama dengan para distributor untuk melakukan sales
blitz, yaitu penawaran contoh gratis di pusat-pusat keramaian.
·
Melakukan
pendekatan dan negosiasi dengan manajemen pusat perbelanjaan / jajanan agar
diijinkan menempatkan beberapa kopi selebaran iklan. Untuk hal ini bisa
dilakukan langsung atau bekerja sama dengan distributor dan pemasok yang sudah
ada saat ini.
Strategi penetapan harga produk
SLemon adalah:
·
Melakukan
analisa daya beli terhadap distributor antara satu daerah dengan daerah lain,
sehingga diperoleh harga yang sesuai.
·
Memberikan
nilai tambah terhadap produk apabila tidak dapat bersaing secara harga dengan
kompetitor yang sepadan
BAB VII KUNCI SUKSES
Kunci sukses yang utama dari SLemon ini adalah, memberikan
pelayanan yang memuaskan dan respon yang cepat karena SLemon ini lebih
mengutamakan konsumen sebagai raja. Lalu juga kami selalu menanggapi
pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang apa saja yang bersangkutan dengan SLemon
ini. Fokus terhadap satu usaha terlebih
dahulu. Belajar dengan hal-hal baru mengenai suatu hal atau konsep bisnis.
Sebagai
pelaku UKM ada dua kunci sukses yang perlu Anda terapkan. Pertama, pupuklah
mental juara dalam diri Anda dan jadilah pemenang dalam setiap tantangan yang
ada. Jangan pernah takut dengan persaingan yang ada di depan Anda, karena dalam
setiap tantangan ada peluang baru yang bisa Anda manfaatkan. Kedua, teruslah
kreatif dan inovatif untuk menghadapi gempuran persaingan pasar minuman herbal
yang semakin pesat. Bila kualitas produk SLemon yang Anda hasilkan tetap
terjaga, maka para competitor pun akan kesulitan dalam menduplikasi produk
Anda.
BAB VIII ANALISA
EKONOMI
7.1 Asumsi
·
Produksi SLemon sebanyak 250 bungkus
·
Proses produksi dilakukan di rumah, tanpa menyewa tempat
usaha
7.2 Modal Awal
Modal Awal
|
|||||
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Quantity
|
Harga
|
Total
|
1
|
Pisau
|
Unit
|
10
|
10.000
|
100.000
|
2
|
Mesin
Pres Plastik
|
Unit
|
5
|
200.000
|
1.000.000
|
Total
Modal Awal
|
1.100.000
|
7.3 Biaya Penyusutan
Peralatan mengalami penyusutan, setelah masa
pemakaian sebagai berikut :
Modal Awal
|
||
No
|
Uraian
|
Total
|
1
|
Pisau
: 1/12 bulan x Rp.100.000
|
8.400
|
2
|
Mesin
Pres Plastik : 1/36 bulan x Rp.1.000.000
|
27.800
|
Total
Biaya Penyusutan
|
36.200
|
7.4 Biaya Produksi Perbulan
Biaya Produksi Perbulan
|
||
1
|
Lemon
|
10.000.000
|
2
|
Plastik
pembungkus
|
1.000.000
|
3
|
Stiker
Brand
|
1.000.000
|
4
|
Gaji Tenaga
Kerja (5 Org)
|
2.500.000
|
5
|
Promosi
|
500.000
|
6
|
Biaya
transportasi dan jasa pengiriman barang
|
1.000.000
|
7
|
Biaya Listrik
|
500.000
|
8
|
Biaya
Penyusutan Peralatan
|
36.200
|
Total
|
16.536.200
|
7.5 Omset Perbulan
Penjualan SLemon : @ Rp.80.000 x 250 bungkus = Rp.20.000.000
7.6 Laba Bersih Perbulan
Rp.20.000.000 – Rp.16.536.200 = Rp.3.463.800
BAB IX PENUTUP
- KESIMPULAN
Pada dasarnya minuman SLemon ini adalah minuman kesehatan
dengan harga yang merakyat dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja, dari anak-anak
sampai orang tua. Apalagi pembuatannya dibuat secara higienis dan menggunakan
bahan-bahan yang berkualitas.
- SARAN
Dapat memberikan gambaran tentang bidang usaha yang nanti
nya akan memberi jaminan sukses dalam penjualannya atau peluang usaha yang
dapat ditekuni sebagai usaha sampingan selain itu juga memberi kita pelajaran
untuk berwirausaha.
- PENUTUP
Demikian perencanaan bisnis ini saya buat untuk memenuhi
tugas kuliah. Semoga langkah ini dapat memberikan pengalaman baru dan
bermanfaat untuk semua orang. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat dan
rahmat-Nya. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar