I.
Pendahuluan
Membuka usaha memang menjadi
impian banyak orang. Sebab banyak sekali
keuntungan yang bisa kita dapat dari
situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri
jam kerja bisa diatur dengan fleksibel
juga potensi penghasilan yang bisa lebih
sendiri kita tidak hanya membantu diri
kita tetapi juga membantu orang lain
dengan memberi kesempatan mereka bekerja
pada usaha kita.
Seiring dengan
perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga
mengalami perkembangan yang semakin
pesat, terbukti dengan banyaknya para
pengusaha baik mikro maupun makro dengan
beragam usaha dan pasti akan
menghasilkan laba untuk meningkatkan
taraf hidup para pengusaha dan karyawan
di usaha tersebut. Salah satu bisnis
dalam bidang jasa yang saat ini sedang
berkembang dan masih sedikit persaingan
yaitu tepung berwarna atau holi powder.
Usaha
holi powder ini sangat besar
peluangnya untuk berkembang sebab usaha ini membutuhkan kreatifitas dan modal
yang terbilang murah dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah di dapat. Proses
pembuatan nya pun tidak membutuhkan modal yang besar hanya memanfaatkan panas
matahari.
Kesuksesan
di bidang ini tergantung pada kemampuan untuk memberikan
kepuasan bagi pelanggan dengan mempertahankan
kualitas dan konsistensi. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memberikan
pelayanan maksimal, menggunakan bahan baku yang berkualitas dengan harga yang
sesuai. Serta terus membaca peluang dan tren-tren yang akan datang sehingga
konsumen terpenuhi kebutuhan nya.
II.
Target Pasar (Konsumen)
Target
konsumen pada usaha “HOLIJUNG” ini adalah semua umur dari anak-anak, remaja
hingga dewasa. Kami membuat produk tepung berwarna “HOLIJUNG” karena pangsa
pasar saat ini cukup menjanjikan dan turut ikut serta dalam membangun jiwa
kewirausahaan pada diri pemuda untuk berfikir kreatif dan mampu membuka
lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain. Karna itu kami
mencari peluang bisnis yang bisa membantu masyarakat khusus nya muda-mudi untuk
mandiri dengan menjual produk tepung berwarna “HOLIJUNG” yang kami buat.
III.
Memulai Bisnis Holijung
3.1
Keahlian
& Pengetahuan
Kemampuan dalam memilih
bahan baku terbaik dan kemampuan bernegosiasi dengan distributor maupun konsumen
menjadi keunggulan dari kami dan pengetahuan mengenai manajemen bisnis dan
mengembangkan bisnis cukup mempuni. Merupakan modal bagi usaha kami untuk terus
maju dan berkembang.
3.2
Jaringan
/ Kerja Sama
Jaringan merupakan
faktor pendukung dalam kelangsungan bisnis sebab memiliki jaringan yang luas
dan mampu bekerja sama dengan baik dengan semua pihak merupakan salah satu
kunci sukses yang harus dipertahankan. Bisnis kami bekerja sama dengan agen
tepung dan cat pewarna alami yang berkualitas, aman bagi tubuh tanpa
menggunakan zat kimia yang dapat merusak kulit dan harga bersahabat.
3.3
Tenaga
Kerja
Kami menjalankan bisnis
ini dengan mempekerjakan dua orang pekerja yang merupakan sanak saudara kami yang
memiliki kemampuan dalam bidang ini. Selain jujur dan dapat dipercaya karyawan
kami cukup memiliki tanggung jawab yang besar dalam pekerjaan nya sehingga proses
produksi dapat berjalan sesuai dengan rencana.
3.4
Kualitas
Kualitas baik menjadi
fokus utama bagi kami sebab sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis yang
kami jalani. Kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen kepada kami dipengaruhi
dari kualitas produk yang kami sajikan. Tidak hanya kualitas pada produk saja
yang menjadi fokus utama kami melainkan kualitas kami dalam mempromosikan usaha
kami dan kualitas dalam pengiriman.
3.5
Trending Topic
Tren pada era modern
ini berkembang dengan sangat pesat dengan memanfaatkan sumber informasi melalui
internet dapat dijadikan alat untuk memantau atau membuat riset tentang
tren-tren terbaru yang dapat diserap dan di aplikasikan kepada bisnis kami. Tren
yang penting adalah membuat terobosan baru dalam penggunaan barang-barang yang
awalnya sedikit di abaikan namun dapat dijadikan tren baru.
Usaha yang kami
jalankan pun berangkat dari tren yang sedang marak di pasaran khusus nya eropa.
Di asia sendiri khususnya Indonesia masih jarang yang mengembangkan bisnis ini.
Oleh sebab itu kami mengambil peluang bisnis tersebut dan sejak bisnis ini
dirintis satu tahun lalu cukup banyak peminatnya.
IV.
Keuntungan Bisnis Holijung
Bisnis baru yang kami jalani ini cukup
di minati oleh konsumen khusus nya kaum muda yang mengikuti trend dan aktif di
media sosial. Peluang ini yang kami manfaatkan untuk mengambil keuntungan di
setiap bulannya karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Selain minat
konsumen perorangan yang masih tinggi, hingga saat ini banyak organisasi,
kelompok maupun instansi yang mulai memanfaatkan produk kami sebagai salah satu
alat promosi yang cukup efektif. Kondisi ini tentunya menjadi peluang besar
bagi kami sebagai produsen tepung berwarna, sebab permintaan konsumen tidak
hanya dari perorangan saja melainkan juga melayani pesanan masal.
V.
Kendala Bisnis Holijung
Kendala
yang sering kami alami adalah faktor cuaca, produksi bisnis kami saat ini
sangat mengandalkan panas dari matahari. Penjemuran bahan baku tepung kami
lakukan di bawah terik matahari, proses ini masih kami andalkan sebab
keterbatasan alat pengering menjadi kendala bagi kami.
VI.
Strategi Pemasaran
Memahami
keinginan konsumen
Mengetahui
kebiasaan konsumen
Mempelajari
kekuatan dan kelemahan kompetitor
Memaksimalkan
sosial media yang kami miliki
Aktif
melakukan kegiatan promosi yang menarik dan unik
Promosi
dan Iklan yang baik sesuai dengan etika
Pelayanan
yang ramah agar konsumen merasa nyaman
Menjalin
hubungan baik dengan pelanggan
The power of Focus
VII.
Kunci Sukses
1. Fokus
pada bisnis
Banyak
pemula mengambil semua peluang bisnis tanpa memperhitungkan perkembangan usaha
kedepannya.
2. Terus
belajar
Belajar
dengan hal-hal baru mengenai suatu hal atau konsep bisnis merupakan ciri khas
wirausahawan sukses.
3. Belajar
dari pengalaman
Sebagai
seorang pebisnis pemula memang tidak memiliki banyak pengalaman, namun
pengalaman bukan hanya dalam bidang usaha saja melainkan pengalaman lain sperti
ilmu pengetahuan juga sangat dibutuhkan.
4. Pemasaran
yang tepat dan sempurna
Menciptakan
strategi pemasaran yang efektif dan memastikan pemasaran atau promosi yang kita
lakukan tepat dan sesuai sasaran.
5. Berdoa
dan bersedekah
Dalam
hidup kita sebagai manusia di tuntut untuk terus berdoa sebagai sarana
mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Tak lupa bersedekah merupakan investasi
di akhirat sebab bersedekah itu mensucikan harta yang kita miliki.
VIII.
Analisa Ekonomi
8.1
Asumsi
- Produksi
Holijung sebanyak 100 pcs100kg
- Proses
produksi dilakukan di rumah
8.2
Modal
Awal
- Tepung terigu Segitiga Biru kemasan (@ Rp. 9.000 x 100 buah) Rp. 900.000
- Pewarna makanan 35gr (@ Rp. 4.500 x 200
buah) Rp.
900.000
- Plastik 1 pcs (100 buah) Rp. 22.000
- Peralatan produksi (ayakan, nampan,
timbangan, koran bekas) Rp. 345.000+
Total = Rp. 2.167.000
8.3
Biaya
Penyusutan
Peralatan mengalami penyusutan, setelah
masa pemakaian sebagai berikut :
Timbangan : Rp. 200.000 : 12 bulan Rp.
16.700
Ayakan : Rp. 80.000 : 12 bulan Rp.
6.700
Nampan : Rp. 50.000 : 12 bulan Rp.
4.200
Koran
bekas : Rp. 15.000 : 12 bulan Rp.
1.250
+
Total Rp. 28.850
8.4
Biaya
Produksi (per bulan)
Bahan baku (tepung, pewarna, plastik) Rp.1.822.000
Gaji tenaga borongan (Rp. 300.000 x 2
orang) Rp. 600.000
Biaya pulsa telepon dan internet Rp. 400.000
Biaya transportasi dan jasa pengiriman
barang Rp.1.000.000
Biaya promosi Rp. 200.000
Biaya
penyusutan peralatan Rp.
28.850+
Total Rp.4.050.250
8.5
Omset
(per bulan)
Penjualan
Holijung : @ Rp. 60.000/kg x 100pcs = Rp.6.000.000
8.6
Laba
Bersih (per bulan)
Rp. 6.000.000 – Rp.
4.050.250 = Rp.1.949.750
8.7
Return
of Investment (ROI)
(Modal awal + biaya
produksi) : laba bersih perbulan ± 4 bulan
IX.
Penutup
Semoga informasi usaha kecil menengah dengan
memproduksi tepung berwarna (Holijung) ini bisa bermanfaat bagi para pembaca,
dan menjadi salah satu inspirasi bisnis yang bisa dijalankan untuk mendatangkan
untung cukup besar setiap bulannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar