Wirausaha dari segi
etimologi berasal dari kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan,
manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha,
berarti perbuatan amal, berbuat sesuatu. Sedangkan Wirausahawan menurut Joseph Schumpeter (1934)
adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam
pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam
bentuk : memperkenalkan produk baru, memperkenalkan metode produksi
baru, membuka pasar yang baru (new market), memperoleh sumber pasokan
baru dari bahan atau komponen baru, atau menjalankan organisasi baru pada
suatu industri. Dari arti wirausaha dan wirausahawan tersebut, maka pengertian kewirausahaan dapat diartikan
sebagai berikut : Kewirausahaan adalah suatu
nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga
penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Achmad Sanusi, 1994).
2. langkah-langkah menjadi wirausaha sukses adalah seperti ini:
1. Menentukan produk
Langkah awal untuk
menjadi pengusaha / pebisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut
dengan riset produk. Produk disini tidak selamanya harus berbentuk barang
fisik, namun juga bisa berupa barang digital seperti ebook, ecourse atau
semacamnya, bahkan bisa juga berbentuk layanan / jasa. Untuk menentukan produk
yang tepat, tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset
konsumen sampai riset persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki
jumlah peminat (konsumen) yang besar namun memiliki tingkat persaingan kecil. Salah
satu cara paling mudah untuk melakukan kedua riset tersebut adalah dengan
menggunakan tool dari Google. Ya, tool yang saya maksud adalah Google AdWords
Keyword Planner, tool online gratis dari Google ini bisa kita gunakan untuk
mencari tahu berapa banyak peminat suatu produk. Jadi misal kita mengetikkan
produk 'baju korea' maka nanti akan muncul jumlah pencarian produk tersebut
tiap bulannya.
2. Menentukan produk
pemasaran
Data
tersebut, bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apakah produk tersebut memilik
prospek bagus atau tidak. Jika tren atau jumlah pencarian meningkat, maka bisa
dipastikan produk tersebut memiliki prospek bagus. Alternatif lainnya untuk
mencari ide bisnis terbaik secara gratis bisa adalah dengan mencari informasi
produk melalui Amazon Best Seller atau bisa juga menggunakan Google Trends,
jadi Anda cukup melihat apa yang sedang trend lalu jual produk tersebut, pasti
akan laku keras.
3. Mencari tahu target
pasar
Pengusaha
sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai
menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi, disini kita dituntut untuk
mengetaui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam
pengapliasiannya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh
penjualan.
Target pasar secara
garis besar dibedakan menjadi 4 bagian atau lebih dikenal dengan segmentasi
yang meliputi :
·
Target produk
·
Target lokasi
·
Target demografi
·
Target psikografi
Untuk
mempermudah memahami maksud dari keempat poin target pasar diatas, akan saya
berikan contoh, semisal Anda ingin menjual baju korea :
·
Target produk : Remaja belasan tahun
·
Target lokasi : Kota besar di indonesia
·
Target demografi : Anak orang kaya, uang
jajan jutaan per bulan
·
Target psikografi : Remaja yang aktif di
sosialmedia
Dengan
menentukan dan mengetahui target, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan
media dan cara promosi produk seperti apa yang akan digunakan. Pastinya akan
meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan.
4. Memilih media
promosi yang efektif
Ada
banyak media yang bisa kita gunakan untuk promosi, seperti media cetak,
internet, radio atau tv. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua media tersebut
efektif untuk meningkatkan penjualan. Karena kembali lagi pada siapa target
Anda, jika target produk Anda adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai
media promosi, sebaliknya jika target Anda adalah orang tua yang notabenya
tidak terlalu paham akan internet, maka gunakan media tv atau radio.
Salah
satu cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil bisa dengan cara
memanfaatkan situs media promosi gratis di internet, seperti media sosial
Facebook, Twitter atau Google+, karena dari media sosial itulah kita bisa
mendapatkan banyak pelanggan, mengingat masyarakat modern saat ini lebih
memilih untuk bersosialisasi melalui media sosial dibanding bertemu langsung di
dunia nyata.
5. Memilih media
promosi yang efektif
Memanfaatkan
toko online sebaagi media promosi di internet juga bisa jadi alternatif untuk
Anda yang memiliki cukup modal, pasalnya untuk buat 1 toko online membutuhkan
biaya antara 100 - 200 ribu (per bulan) dengan rincian :
1 Domain : Rp. 100.000
per tahun
1 Hosting : Rp. 50.000
per bulan
Namun,
Anda tidak perlu khawatir, karena kini telah tersedia domain dan hosting
gratisan dari penyedia hostinger indonesia seperti IDHostinger, 000Webhost dan
masih banyak lagi lainnya.
6. Menggunakan strategi
promosi kreatif
Akan
sangat susah untuk bisa menjadi pengusaha sukses jika Anda tidak mengerti
bagaimana cara menjalankan strategi berbisnis yang baik dan benar. Penjelasan
mengenai strategi atau metode marketing ini sangat panjang jika saya jelaskan
secara rinci, untuk itu disini akan saya jelaskan singkatnya saja, dan mungkin
jika ada waktu akan saya sambung di artikel selanjutnya.
7. Menggunakan strategi
promosi kreatif
Berikut gambaran atau
garis besar tentang strategi promosi kreatif untuk mendapatkan banyak pelanggan
:
·
Dapatkan kepercayaan pelanggan
·
Berikan harga murah diawal
·
Diskon untuk pembelian lebih dari satu
·
Sarankan produk lain
·
Jangan lupakan layanan after sales
Intinya,
diawal penjualan kita harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk
mendapatkan loyalitas dari pelanggan. Pemasaran yang baik akan meningkatkan
persentase untuk terjadi penjualan yang akan meningkatkan keuntungan dalam
bisnis atau usaha yang Anda jalankan.
8. Membuat pembukuan
untuk menghitung margin
Akan
jauh lebih baik jika pengusaha / pebisnis memiliki pembukuan yang jelas, karena
dari pembukuan tersebut nantinya bisa menghitung untung dan rugi, jadi kita
bisa mengetahui berapa keuntungan yang didapat setelah dikurangi dengan modal
yang dikeluarkan. Intinya pembukuan itu penting untuk membantu kita menjadi
pengusaha sukses. Pembukuan juga akan membantu kita dalam merencanakan bisnis
kita ke depan. tidak ada kata terlambat untuk menjadi pengusaha. Intinya disni
saya ingin mengatakan bahwa, tidak ada batasan usia dalam berbisnis, dengan
kata lain jika kita ingin belajar cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa
pun juga bisa asalkan kita mau untuk berusaha, sebagai contoh adalah Mark
Zukerberg yang sukses berbisnis di usia muda, dan tentunya tidak ada kata
terlambat untuk memulai bisnis, contoh nyatanya adalah Harland Sanders yang
mendirikan KFC pada usia 65 tahun.
3.Jangan Takut Berwirausaha
Hal yang harus di ingat disini adalah menghilangkan
rasa takut pada diri kita, caranya? caranya adalah yakin bahwa kita bisa,
masalah modal jangan di takutkan, karena untuk msalah modal banyak kok layanan
yang bisa memberikan anda modal, asal anda mau berusaha keras dan mau untuk
terus maju. “JANGAN TAKUT KALAU INGIN BERHASIL” adalah sebuah kata yang pendek
tapi mengandung makna yang sangat luar biasa kalau kita dalami. Berani mencoba
dan memulai, adalah awal dari kesuksesan. Tidak berani mencoba dan takut
memulai adalah kegagalan yang tiada akhir.
Memulai Bisnis dari Emperan Teras Rumah
Meski dipandang sebelah mata, bisnis dari teras depan
rumah atau garasi sering menjadi alternatif pilihan para pengusaha berkantong
cekak. Uniknya, tak sedikit perusahaan berkelas dunia yang lahir dari tempat
sederhana semacam ini. Banyak sekali cara yang dilakukan dalam menyiasati
keterbatasan modal dari ruang tamu yang digunakan untuk ruang administrasi,
kamar yang tidak dipakai digunakan untuk ruang kerja bahkan garasi digunakan
sebagai workshop dan gilanya lagi teras dan halaman depan yng udah bersentuhan
dengan jalan raya masih dimanfaatkan untuk area kerja ketika udah keppepet
harus menyelesaikan orderan. Bahkan ada yg boleh dikatakan kelewat nekat dimana
tanah tetangga / developer yg kosong di manfaatkan juga untuk tempat kerja dg
membuat tenda ( tentunya ijin dulu).
Sekian artikel dari saya.....
Nama : Soleh Hakim Ansori
NIM : 41615010015
Fakultas : Teknik
(Teknik Industri)
Kelas : Kewirausahaan 1 (16.00)
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar