Maret 12, 2015

Pengalaman Bisnis Sepeda Fixie

Hendra Abdul Rachman

Semua berawal pada saat saya melakukan olahraga, lalu pada saat itu saya terpikir untuk melakukan gowes Car Free Day beberapa bulan yang lalu, dikarenakan teman saya yang selalu mengajak gowes setiap hari minggu pagi.


            Pada saat itu saya belum memiliki sepeda fixie, dan secara tidak kebetulan ada seseorang kenalan dari teman, ingin menjual sepeda fixienya waktu itu saya membeli dengan harga Rp 450.000 berikut adalah sepeda pertama saya :

Setelah saya mempunyai sepeda fixie lalu saya rutin melakukan olahraga besepeda (gowes) start dari Rumah (Tangerang) – Bunderan HI Jakarta setiap weekend Car Free Day Jakarta. Namun tidak bertahan lama, kami mulai malas-malasan melakukan olahraga bersepeda.

Ketika saya menonton tv selalu melihat iklan Toko Bagus yang kini menjadi OLX.co.id lalu terpikir dalam pikiran saya untuk menjual sepeda fixie yang sudah tidak terpakai, tak lama setelah itu saya lamhsumh memasang iklan di web tersebut dan ternyata setelah saya memasang iklan di OLX.co.id ternyata banyak respon dari para pecinta fixie (pembeli). Pada waktu itu saya mendapatkan keuntungan Rp 50.000. dan wah lumayan menguntungkan menurut saya dengan memanfaatkan peluang bisnis sampingan atau iseng-iseng untuk menambah uang jajan hingga saat ini.

Berikut adalah Transaksi Jual-Beli yang pernah saya lakukan :
1.        Harga Beli 450rb >> Jual 500rb = Keuntungan 50rb
2.        Harga Beli 480rb >> Jual 725rb = Keuntungan 245rb
3.        Harga Beli 480rb >> Jual 630rb = Keuntungan 150rb
4.        Harga Beli 400rb >> Jual 590rb = Keuntungan 190rb
5.        Harga Beii 380rb >> Jual 500rb = Keuntungan 120rb
6.        Harga Beli 400rb >> Jual 590rb = Keuntungan 190rb
7.        Harga Beli 400rb >> Jual 630rb = Keuntungan 230rb
8.        Harga Beli 420rb >> Jual 550rb = Keuntungan 130rb
9.        Harga Beli 300rb >> Jual 540rb = Keuntungan 240rb
10.    Harga Beli 400rb >> Jual 650rb = Keuntungan 250rb
11.    Harga Beli 425rb >> Jual 600rb = Keuntungan 175rb
12.    Harga Beli 420rb >> Jual 550rb = Keuntungan 130rb
13.    Harga Beli 350rb >> Jual 530rb = Keuntungan 180rb

Berikut adalah beberapa contoh/bukti gambar dan link sepeda yang pernah saya jual :




 
             


 




Kendala yang saya alami dalam Jual-beli sepeda :
1.   Barang yang kita ingin jual tidak selalu ada (sulit)
2.   Cukup merepotkan pada saat membawa sepeda untuk COD (Cash On Delivery)
3.   Cuaca Tidak mendukung (hujan)


Berdasarkan survei atau fakta yang pernah saya alami, ternyata dominan peminat sepeda fixie berasal dari Jakarta dibandingkan dari Tangerang.

Sekian & Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar