Maret 12, 2015

Pengalaman Bisnis Macarons

Riska Retnosari

Pengalaman bisnis saya dimulai sejak 3 tahun yang lalu yaitu saat saya berada dikelas 11 SMA. berawal dari hobi saya yaitu gemar mencari makanan-makanan yang unik terlebih lagidengan harga yang terjangkau. hobi  saya tersebut membawa saya ke kota bogor dimana di bogor tersebut banyak sekali jajanan ataupun makanan dengan berbagai jenis dan dengan harga yang terjangkau.

Salah satu tempat yang saya kunjungi adalah sebuah toko yang menjual kue-kue dan desert khas dari luar negeri. Disitu saya membeli sekotak macarons. Macarons merupakan sebuah makanan ringan yang rasanya manis dengan berbagai varian rasa dan warna yang menarik. macarons biasanya dapat dijumpai di mall-mall besar. Harga yng ditawarkan untuk membeli macarons di mall adalah sekitar 12 ribu sampai 40 ribu. namun harga yang ditawarkan oleh toko kue di bogor tersebut jauh lebih murah yaitu 7 ribu rupiah dan satu kotaknya harganya 42 ribu rupiah dengan isi 6 macarons. Harga yang sangat murah untuk kualitas rasa yang sama dengan yang dijual di mall-mall besar.

Mulai dari situ, teman-teman saya mulai tertarik ingin mencicipi macarons yang sebelumnya telah saya ceritakan kepada mereka. setelah itu, mereka mulai menitip kepada saya untuk membeli macarons tersebut. saya mulai menjual kepada teman-teman saya dengan harga 1 kotak yaitu 70 ribu rupiah.

Dengan kata lain, saya mendapatkan keuntungan dari menjual macarons tersebut sebesar 28 ribu rupiah. Sebuah keuntungan yang lumayan besar menurut saya sebagai awal dari usaha berjualan.

Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlanjut. dikarenakan stok macarons tidak tersedia banyak serta lokasi tempat menjual macarons tersebut yang cukup jauh dan tidak sering dikunjungi. Walaupun begitu, itu saya jadikan suatu pengalaman bagaimana rasanya menawarkan barang yang kemudian mendapatkan hasil yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar