Oktober 02, 2014

Bisnis Plan Foresize Cloth

A30-Afrisal Pratama

I.                                          LATAR BELAKANG

Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam produksi dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga yang mahal. Dalam sehari-hari pasti kita membutuhkan pakaian terutama baju untuk melindungi diri kita dari dingin maupun panasnya cuaca karena pakaian adalah kebutuhan pokok kita yang harus kita penuhi.
 Pakaian memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi pakaian yang kami produksi ini sangat sederhana dan baik dari segi kualitas maupun design yang kami buat, walaupun begitu produksi pakaian yang kami buat ini terlihat berkelas dibanding produksi pakaian ditempat - tempat lain.
Pakaian yang kami produksi ini dilakukan dengan cara yang sederhana karena kami hanya membuat design yang kami inginkan kemudian menentukan bahan yang akan kita pilih untuk produksi pakaian tersebut lalu kita oper ke tempat penyablonan yang Profesional dalam bidang tersebut , walaupun begitu harga produksi kami tetap terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya dengan berbagai macam design yang mereka inginkan maupun design yang kami buat sendiri, keuntungan kami yaitu mempunyai banyak link, link tempat produksi maupun link konsumen.

TUJUAN :

Tujuan saya memilih usaha ini yaitu :

1.      Mencari keuntungan.
2.      Menjaga dan menjalin Silaturahmi antara konsumen dan produsen.
3.      Menarik minat konsumen untuk membeli dan memproduksi pakaian di tempat kami.
4.      Memproduksi sebanyak – banyaknya dan menjual produksi pakaian kami sehingga Produk kami laku dan mencapai target penjualan.

KEUNGGULAN PRODUK 

Keunggulan dari produk ini yaitu:

1.      Memiliki berbagai macam design yang diinginkan konsumen.
2.      Memiliki berbagai macam bahan yang akan di produksi sehingga konsumen bisa memilih sesuai selera dan kualitas bahan.
3.      Memiliki kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

ANALISA SWOT

Setiap kegiatan untuk memulai usaha, saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT :

1. Strength (kekuatan)Kekuatan dari produk ini ialah : 1) Menjual produk untuk semua kalangan. 2) produk terdiri dari beberapa macam bahan dan design. 3) Kualitas design dan bahan yang baik.

2. Weakness (kelemahan)Kelemahan dari produk ini ialah : 1. Kebanyakan kami memproduksi pakaian dengan warna yang gelap. 2. Bahannya kebanyakan sama dengan produksi di tempat lain.

3. Opportunity (peluang)Peluangnya ialah :1. Link banyak. 2. Pemasaran yang luas melalui dunia maya dan social media.

4. Threath (ancaman): Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal dan design yang lebih menarik.

ANALISA 4P

1.      Product (produk)Produk yang dijual adalah Pakaian yang merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sehari - hari.

2.      Price (harga)Harga Beli Rp 80.000 kalau Produksi RP 60.000 karena harga ini sangat terjangkau.

3.      Promotion (promosi)Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan melalui Sosial media dan dunia maya.

Konsumen dengan pembelian atau produksi lebih dari 3 lusin akan mendapatkan bonus pakaian yang dibeli atau produksi.

4.      Place (tempat)Tempat yang dipilih yaitu dimana ada event saja kami menggelar stand, karena dana yang kami punya tidak mencakup tempat.

ASPEK KEUANGAN
1. Modal
-          Bahan :
Membeli Bahan          = Rp 38.000,- x 24       = Rp    912.000,-
Sablon / Cetak                        = Rp 12.000,- x 24       = Rp    288.000,-
Stiker                           = Rp   1.000,- x 24       = Rp      24.000,-
Ongkos Sablon / Cetak                                    = Rp    250.000,-   +
Total                                                                = Rp 1.474.000,-

2. Keuntungan
-          Produksi
Harga Jual                   @60.000 - @51.000    = Rp 9.000,- x 24         = Rp 216.000,-
-          Penjualan
Harga Jual                   @80.000 - @51.000    = Rp 29.000,- x 24       = Rp 696.000,-

Jadi harga Jual Produksi dengan Harga Jual Penjualan berbeda karena kalau Produksi lebih memesan banyak dengan keinginan design yang diinginkan, kalau Penjualan hanya membeli satuan dengan design yang kita buat.

PENUTUP
Harapan saya untuk produk “Clothingan Baju” ialah supaya produk ini
 bisa lebih berkembang, maju, menciptakan produk – produk yang baik dan berkualitas, membuka Toko sendiri dan yang paling penting kami membutuhkan kritik dan saran karena saya dan teman – teman masih baru dalam melakukan bisnis. Yang terakhir Selalu cintai produk anak bangsa .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar