Buatlah sebuah artikel bisnis
dengan judul untuk setiap peserta (pebisnis) yang sudah ditetapkan di
bawah, dengan ketentuan :
1. Panjang
tulisan 1.000 – 2.000 kata.
2. Dilengkapi : Abstrak, Kata Kunci,
Pendahuluan, Permasalahan, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, serta Daftar
Pustaka.
3. Wajib dilengkapi mind map yang dibuat
sendiri (untuk bahan presentasi di kelas)
4. Diposting di Web Blog https://kewirausahaan123.blogspot.com,
gunakan label/kode pebisnis (AC01, AD02, dan seterusnya).
5. Posting/submit mulai : 15
– 21 April 2025.
6. Presentasi mulai 22 April 2025.
Judul Artikel dan Kode Pebisnis :
KODE PEBISNIS
|
JUDUL ARTIKEL
|
Lihat pada setiap judul
artikel
|
M01. IDENTIFIKASI MASALAH
DALAM MEMULAI BISNIS
Judul Edukatif & Informatif
- Cara
Identifikasi Masalah Sebelum Memulai Bisnis: Panduan untuk Pemula (AC01)
- Pentingnya
Mengidentifikasi Masalah Pasar Sebelum Meluncurkan Produk (AD01)
- Langkah
Efektif Menggali Masalah Konsumen untuk Ide Bisnis yang Tepat (AC02)
- Mengapa
Banyak Bisnis Gagal? Kurangnya Identifikasi Masalah Jadi Penyebab Utama
(AD02)
- Teknik
Observasi dan Riset Pasar untuk Mengidentifikasi Masalah Bisnis (AC03)
Judul Praktis & Strategis
- Kesalahan
Umum dalam Mengidentifikasi Masalah Saat Memulai Usaha (AD03)
- Tools dan
Metode Terbaik untuk Identifikasi Masalah dalam Bisnis Startup (AC04)
- Identifikasi
Masalah Pelanggan: Kunci Menemukan Solusi yang Dibutuhkan Pasar (AD04)
- Studi
Kasus: Bagaimana Startup Sukses Berawal dari Identifikasi Masalah
Sederhana (AC05)
- Validasi
Masalah: Langkah Awal Menyusun Model Bisnis yang Relevan dan
Berkelanjutan (AD05)
M02. IDENTIFIKASI
KONSUMEN & VALIDASI KEBUTUHAN
Judul Edukatif & Informatif
- Apa Itu
Identifikasi Konsumen dan Validasi Kebutuhan? Panduan Lengkap untuk
Pemula (AC06)
- Mengapa
Identifikasi Konsumen Penting Sebelum Meluncurkan Produk? (AD06)
- Langkah
Mudah Mengidentifikasi Konsumen Potensial untuk Bisnismu (AC07)
- Cara
Efektif Memvalidasi Kebutuhan Pasar Sebelum Memulai Usaha (AD07)
- Perbedaan
Target Market dan Buyer Persona: Kunci Akurat Identifikasi Konsumen
(AC08)
Judul Praktis & Aplikatif
- Teknik
Wawancara dan Survei untuk Validasi Kebutuhan Konsumen (AD08)
- Validasi
Masalah vs Validasi Solusi: Tahapan Penting dalam Membangun Produk
(AC09)
- Studi
Kasus: Bagaimana Identifikasi Konsumen yang Tepat Mengubah Arah Bisnis
(AD09)
- Tools
Gratis untuk Membantu Validasi Kebutuhan Konsumen di Awal Bisnis (AC10)
- Kesalahan
Umum dalam Identifikasi Konsumen dan Cara Menghindarinya (AD10)
M03. MEMBANGUN IDE SOLUSI
DALAM MEMULAI BISNIS
Judul Edukatif & Inspiratif
- Cara
Membangun Ide Solusi yang Tepat Sebelum Memulai Bisnis (AC11)
- Dari
Masalah ke Peluang: Strategi Menciptakan Solusi Bisnis yang Relevan
(AD11)
- Teknik
Kreatif untuk Menghasilkan Ide Solusi dalam Wirausaha (AC12)
- Inovasi
Solusi Bisnis: Bagaimana Mengubah Masalah Jadi Ide Menguntungkan (AD12)
- Memulai
Bisnis dari Nol: Kunci Membangun Solusi yang Dibutuhkan Pasar (AC13)
Judul Praktis & Aplikatif
- Brainstorming
hingga Prototyping: Langkah-Langkah Membangun Solusi Bisnis (AD13)
- Studi
Kasus: Bagaimana Solusi Sederhana Menjadi Bisnis Besar (AC14)
- Validasi
Ide Solusi: Uji Coba Sebelum Produk Diluncurkan (AD14)
- Solusi
Berbasis Teknologi: Cara Modern Menjawab Masalah Konsumen (AC15)
- Kesalahan
Umum dalam Membangun Ide Solusi dan Cara Menghindarinya (AD15)
M04. PEMETAAN PERSAINGAN
DAN KESEMPATAN DALAM MEMULAI BISNIS
Judul Edukatif & Informatif
- Cara
Melakukan Pemetaan Persaingan Sebelum Memulai Bisnis (AC16)
- Pemetaan
Persaingan: Langkah Awal Mengenali Kekuatan dan Ancaman Pasar (AD16)
- Analisis
Kompetitor: Strategi Jitu Menemukan Celah Pasar yang Menguntungkan
(AC17)
- Mengidentifikasi
Peluang Bisnis dari Kelemahan Kompetitor (AD17)
- Mengapa
Pemetaan Persaingan Penting dalam Rencana Bisnis Anda? (AC18)
Judul Praktis & Aplikatif
- Tools
Gratis untuk Menganalisis Persaingan dan Peluang Pasar (AD18)
- SWOT dan
Pemetaan Persaingan: Kombinasi Tepat Menentukan Arah Bisnis (AC19)
- Studi
Kasus: Menangkap Peluang Bisnis dari Persaingan yang Ketat (AD19)
- Cara
Menemukan Unique Selling Proposition (USP) di Tengah Persaingan (AC20)
- Langkah
Cerdas Mengubah Persaingan Menjadi Peluang Kolaborasi Bisnis (AD20)
M05. PENGEMBANGAN
PROTOTIPE & MVP
Judul Umum dan Edukatif
- Apa Itu
Prototipe dan MVP? Panduan Lengkap untuk Pemula (AC21)
- Perbedaan
Prototipe dan MVP: Mana yang Harus Anda Buat Lebih Dulu? (AD21)
- Tahapan
Penting dalam Pengembangan MVP yang Efektif (AC22)
- Cara
Membuat Prototipe Produk Digital dalam Beberapa Langkah Sederhana (AD22)
- MVP vs
Full Product: Strategi Cerdas Menghemat Biaya dan Waktu (AC23)
Judul dengan Fokus Startup dan Bisnis
- Mengapa
Startup Wajib Memulai dari MVP: Studi Kasus & Tips Praktis (AD23)
- Prototipe
untuk Pitching Investor: Tips Membuat Kesan Pertama yang Kuat (AC24)
- Bagaimana
MVP Membantu Startup Gagal Lebih Cepat (dan Belajar Lebih Cepat) (AD24)
- Strategi
MVP untuk UMKM: Uji Pasar Tanpa Harus Bangun Produk Sempurna (AC25)
- Contoh MVP
Sukses dari Startup Terkenal: Pelajaran Penting untuk Founder (AD25)
Judul Berbasis Teknikal dan Praktikal
- Tools
Terbaik untuk Mendesain Prototipe dan MVP (AC26)
- UX Design
dalam Prototipe: Kunci Meningkatkan Retensi Pengguna Awal (AD26)
- Cara
Validasi Ide Produk dengan Prototipe Interaktif (AC27)
- Framework
Populer untuk Membangun MVP dengan Cepat dan Efisien (AD27)
- Low-Fidelity
vs High-Fidelity Prototyping: Kapan Menggunakannya? (AC28)
Judul Eksperiensial dan Inspiratif
- Belajar
dari Kegagalan MVP: Beberapa Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari (AD28)
- Dari
Sketsa ke Produk Nyata: Perjalanan Membangun MVP Pertama Saya (AC29)
- Bagaimana
Umpan Balik Pengguna Awal Mengubah Arah MVP Anda (AD29)
- Validasi
Ide dalam 1 Minggu: Studi Kasus MVP dengan Metode Lean Startup (AC30)
- MVP Bukan
Produk Murahan: Seni Menemukan Nilai Inti bagi Pengguna (AD30)
|
|
M06. PENILAIAN KELAYAKAN
PELUANG USAHA
Judul Umum & Informatif
- Apa Itu
Penilaian Kelayakan Usaha? Panduan Lengkap untuk Pemula (AC31)
- Langkah-Langkah
Menilai Kelayakan Peluang Usaha Secara Sistematis (AD31)
- Pentingnya
Analisis Kelayakan dalam Memulai Usaha Baru (AC32)
- Beberapa
Aspek Utama Penilaian Kelayakan Usaha yang Wajib Anda Ketahui (AD32)
- Cara
Menilai Peluang Usaha: Apakah Ide Bisnismu Layak Dijalankan? (AC33)
Judul Berbasis Studi Kasus & Tips Praktis
- Contoh
Penilaian Kelayakan Usaha Kuliner: Studi Kasus UMKM Sukses (AD33)
- Tips
Menilai Peluang Usaha di Era Digital: Apa yang Harus Diperhatikan?
(AC34)
- Penilaian
Kelayakan Peluang Usaha dengan Analisis SWOT (AD34)
- Cara Mudah
Menyusun Laporan Studi Kelayakan Bisnis (AC35)
- Beberapa Kesalahan
Umum dalam Menilai Kelayakan Usaha dan Cara Menghindarinya (AD35)
Judul untuk Pelaku UMKM & Startup
- Menilai
Peluang Usaha bagi UMKM: Strategi Efektif Sebelum Investasi (AC36)
- Panduan
Kelayakan Usaha untuk Startup: Uji Coba Sebelum Produk Launching (AD36)
- Analisis
Finansial dalam Studi Kelayakan Usaha: Apa Saja yang Dinilai? (AC37)
- Validasi
Pasar dalam Penilaian Kelayakan Peluang Usaha (AD37)
- Studi
Kelayakan Bisnis untuk Pemula: Kapan Harus Dilakukan? (AC38)
Judul Edukatif & Berbasis Akademik
- Aspek
Pasar, Teknis, dan Hukum dalam Penilaian Kelayakan Usaha (AD38)
- Penilaian
Kelayakan Usaha: Perspektif Teori dan Praktik (AC39)
- Bagaimana
Menyusun Proposal Kelayakan Usaha yang Meyakinkan? (AD39)
- Penilaian
Peluang Usaha Berkelanjutan: Faktor Lingkungan dan Sosial (AC40)
- Metode
Penilaian Kelayakan Usaha: Kuantitatif vs Kualitatif (AD40)
|
|
M07. PERMODELAN BISNIS
Judul Edukatif & Dasar
- Apa Itu
Permodelan Bisnis? Panduan Lengkap untuk Pemula (AC41)
- Mengenal
Business Model Canvas: Alat Ampuh Merancang Bisnis Anda (AD41)
- Beberapa
Komponen Utama dalam Business Model Canvas dan Cara Mengisinya (AC42)
- Perbedaan
Business Plan dan Business Model: Jangan Sampai Keliru! (AC43)
- Mengapa
Permodelan Bisnis Penting untuk Kesuksesan Usaha? (AC44)
Judul Praktis & Aplikatif
- Cara
Membuat Model Bisnis yang Efektif dalam Beberapa Langkah Mudah (AC45)
- Contoh
Business Model dari Startup Sukses: Inspirasi untuk Pemula (AC46)
- Tips
Menyusun Model Bisnis yang Inovatif dan Berkelanjutan (AC47)
- Business
Model untuk UMKM: Sederhana Tapi Efektif (AC48)
- Permodelan
Bisnis untuk Produk Digital: Strategi di Era Teknologi
Judul Strategis & Analitis
- Menentukan
Model Bisnis yang Tepat: B2B, B2C, atau Hybrid?
- Evolusi
Permodelan Bisnis: Dari Tradisional ke Digital
- Validasi
Model Bisnis dengan Uji Pasar: Langkah Penting Sebelum Launching
- Bagaimana
Pivot Model Bisnis Bisa Menyelamatkan Startup Anda?
- Permodelan
Bisnis Berbasis Nilai: Fokus pada Solusi, Bukan Produk
Judul Studi Kasus & Inspiratif
- Studi
Kasus: Transformasi Model Bisnis Gojek dari MVP ke Super App
- Dari Ide
ke Model Bisnis: Cerita Sukses UMKM di Indonesia
- Bagaimana
Netflix Mengubah Model Bisnis Industri Hiburan Dunia
- Analisis
Model Bisnis Tokopedia: Pelajaran untuk Startup Marketplace
- Inovasi
dalam Permodelan Bisnis Sosial: Menggabungkan Profit dan Dampak
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar