Oktober 12, 2023

REVIEW 3 TIGA VIDIO YANG MEMBAHAS START-UP

Nama: Putri Khana

Kode pembisnis: AD20-Khana


VIDIO 1 (TAHAPAN MARKETING DALAM START-UP)

              start up dirintis dengan beberapa tahapan, diawali dengan bagaimana menumbuhkan ide dan bagaimana mengembangkan produk atau jasa pelayanan. Marketing adalah memperkenalkan produk atau jasa kita kepada pengguna atau konsumen.

Media yang dapat digunakan dalam marketing

1.      Iklan

2.      Internet (digital) marketing

3.      Search engine optimization (SEO)

Tahapan marketing

Pirate metric, ini merupakan bagaimana ukuran keberhasilan kita dalam mendapatkan pelanggan. Dalam tahapan ini kita diberitahu bahwa Pirate metric terdiri dari 5 tahapan yaitu:

1.      Acquisition, tahap ini adalah bagaimana pelaku start up atau penjual berusaha agar orang mengenal produknya atau layanannya.

2.      Activation, tahap setelah orang mengenal atau mendengar dan mengetahui produk kita, pada tahap ini yang dilihat itu seberapa banyak orang yang akhirnya mau mencoba dan tertarik kepada produk kita.

3.      Retention, pada tahap ini yang dilihat yaitu berapa banyak orang atau costumer yang terus menggunakan dan membeli produk kita.

4.      Referal, pada tahap ini yang dilihat adalah seberapa banyak orang yang bukan hanya menggunakan produk kita tetapi dia juga menganjurkan orang lain untuk membeli/menggunnakannya.

5.      Revenue, tahap terakhir ini merupakan seberapa besar pemasukan atas Upaya yang telah dilakukan.


VIDIO 2 (MODEL PEMBAYARAN DAN LAYANAN START-UP)

Model bisnis

              Bagaimana sebuah bisnis dijalani dan bagaimana bisbis itu bisa menghasilkan keuntungan dan bisa menyakinkan bahwa yang dijalankan itu merupakan hal yang positif serta hal-hal yang mempunyai nilai tambah.

Selain model bisnis didalam video tersebut juga diberi tahu jenis-jenis model pembayaran yaitu:

1.      one time

2.      subscripton

3.      pay by advertisement

4.      pas as you go

5.      barter

6.      freemium (gratis)


VIDIO 3 (CARA MENDIRIKAN DAN MENGEMBANGKAN START-UP)

Start-up adalah organisasi temporer yang dirancang untuk suatu model bisnis yang bisa diulang dan diukur, pengembangannya relatif lebih terarah.

Sejarah Start-up

Start-up muncul sekitar tahun 1998-2000 pada awal krisis ekonomi global. Awal mulanya startup hanyalah sebuah badan usaha untuk jasa dan produk yang saat itu banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang dengan jangkauan pasar yang masih kecil. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan internet, maka bisnis pun ikut berubah ke arah yang lebih cepat dan strategis. Start-up booming di Indonesia pada tahun 2010-an, ditandai dengan banyaknya Perusahaan yang baru berdiri dan masuk kriteria start-up.

Cara mendirikan start-up

1.      temukan ide yang bisa dieksekusi

2.      kembangkan rencana bisnis

3.      pastikan memiliki cukup modal

4.      pilih tim yang tepat

5.      cari lokasi usaha

6.      tentukan strategi pemassaran

7.      buat basis pelanggan

Cara mengembangankan start-up

1.      memecahkan masalah

2.      pengembangan

3.      memasuki pasar

4.      scaling

5.      matang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar