Nama: Putri Khana
Kode pembisnis: AD20-Khana
VIDIO 1 (TAHAPAN MARKETING DALAM START-UP)
start up
dirintis dengan beberapa tahapan, diawali dengan bagaimana menumbuhkan ide dan
bagaimana mengembangkan produk atau jasa pelayanan. Marketing adalah
memperkenalkan produk atau jasa kita kepada pengguna atau konsumen.
Media yang dapat digunakan dalam
marketing
1. Iklan
2. Internet
(digital) marketing
3. Search
engine optimization (SEO)
Tahapan marketing
Pirate
metric, ini merupakan bagaimana ukuran keberhasilan kita dalam
mendapatkan pelanggan. Dalam tahapan ini kita diberitahu bahwa Pirate metric
terdiri dari 5 tahapan yaitu:
1. Acquisition,
tahap ini adalah bagaimana pelaku start up atau penjual berusaha agar orang
mengenal produknya atau layanannya.
2. Activation,
tahap setelah orang mengenal atau mendengar dan mengetahui produk kita, pada
tahap ini yang dilihat itu seberapa banyak orang yang akhirnya mau mencoba dan
tertarik kepada produk kita.
3. Retention, pada
tahap ini yang dilihat yaitu berapa banyak orang atau costumer yang terus
menggunakan dan membeli produk kita.
4. Referal, pada
tahap ini yang dilihat adalah seberapa banyak orang yang bukan hanya
menggunakan produk kita tetapi dia juga menganjurkan orang lain untuk
membeli/menggunnakannya.
5. Revenue,
tahap terakhir ini merupakan seberapa besar pemasukan atas Upaya yang telah
dilakukan.
VIDIO 2 (MODEL PEMBAYARAN DAN
LAYANAN START-UP)
Model bisnis
Bagaimana
sebuah bisnis dijalani dan bagaimana bisbis itu bisa menghasilkan keuntungan
dan bisa menyakinkan bahwa yang dijalankan itu merupakan hal yang positif serta
hal-hal yang mempunyai nilai tambah.
Selain model bisnis didalam video
tersebut juga diberi tahu jenis-jenis model pembayaran yaitu:
1. one time
2. subscripton
3. pay by
advertisement
4. pas as you
go
5. barter
6. freemium (gratis)
VIDIO 3 (CARA MENDIRIKAN DAN
MENGEMBANGKAN START-UP)
Start-up
adalah organisasi temporer yang dirancang untuk suatu model bisnis yang bisa
diulang dan diukur, pengembangannya relatif lebih terarah.
Sejarah Start-up
Start-up
muncul sekitar tahun 1998-2000 pada awal krisis ekonomi global. Awal mulanya
startup hanyalah sebuah badan usaha untuk jasa dan produk yang saat itu banyak
dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang dengan jangkauan pasar yang masih
kecil. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan internet, maka bisnis pun ikut
berubah ke arah yang lebih cepat dan strategis. Start-up booming di
Indonesia pada tahun 2010-an, ditandai dengan banyaknya Perusahaan yang baru
berdiri dan masuk kriteria start-up.
Cara mendirikan start-up
1. temukan ide
yang bisa dieksekusi
2. kembangkan
rencana bisnis
3. pastikan
memiliki cukup modal
4. pilih tim
yang tepat
5. cari lokasi
usaha
6. tentukan
strategi pemassaran
7. buat basis
pelanggan
Cara mengembangankan start-up
1. memecahkan
masalah
2. pengembangan
3. memasuki
pasar
4. scaling
5. matang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar