“PENTINGNYA KRETIVITAS DAN INOVASI DALAM
MENJALANKAN BISNIS”
I.PENDAHULUAN
Kreativitas selalu dikaitkan dengan mengeluarkan ide-ide baru dan inovasi yaitu menerapkan ide-ide tersebut dalam produk yang dihasilkan maupun cara kerja yang lebih
efisien. Seorang wirausaha dituntut untuk kreatif dan inovatif, sehingga apa yang dihasilkan akan diterima oleh
masyarakat luas.
II. PEMBAHASAN
Kreativitas
dan inovasi mempunyai peranan yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis.
Seringnya banyak kesuksesan yang didapat oleh pebisnis diawali dengan
kreativitasnya menemukan inovasi pengembangan produk bisnisnya. Daya
kreativitas tersebut selayaknya dilandasi dengan cara berpikir yang maju, ide
baru, dan berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada. Jika pebisnis
mampu memaksimalkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka bisnis
yang dikelola akan mampu pula tampil berbeda dibandingkan dengan bisnis serupa
lainnya
Dua
hal ini cukup berbeda walau saling berkaitan. Kreativitas adalah kemampuan
untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam
melihat masalah dan peluang. Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk
menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau
untuk memperkaya kehidupan orang-orang. Jadi kreatif adalah sifat yang selalu
mencari cara-cara baru dan inovatif adalah sifat yang menerapkan solusi
kreatif. Kreatif tapi tidak inovatif menjadi sia-sia karena ide hanya
sebatas pemikiran tanpa ada tindakan nyata.
ada proses kreatif yang harus dilakukan, yaitu:
1.
Tahap Persiapan
Ini adalah mempersiapkan diri
untuk memecahkan masalah dengan mengumpulkan data atau informasi, mempelajari
pola berpikir dari orang lain, dan bertanya pada orang lain.
2.
Tahap Inkubasi
Pada tahap ini pengumpulan
informasi dihentikan, individu melepaskan diri untuk sementara dari masalah
tersebut. Masalah tersebut diendapkan dulu.
3.
Tahap Iluminasi
Tahap ini merupakan tahap
munculnya inspirasi atau gagasan baru.
4.
Tahap Verifikasi
Ini adalah tahap pengujian ide
atau kreasi baru tersebut terhadap realitas. Di sini diperlukan pemikiran yang
meliputi proses divergensi (pemikiran kreatif) dan proses konvergensi
(pemikiran kritis).
Para pebisnis dituntut untuk terus mengembangkan
kreativitas dan berinovasi antara lain untuk:
1.Meningkatkan Efisiensi Produk
Inovasi pada sebuah produk bertujuan untuk meningkatkan
efisiensinya. Barang yang mengalami inovasi akan dapat melakukan tugasnya dengan tepat sasaran tanpa perlu membuang waktu lebih
banyak.
Contohnya pada jasa layanan pengiriman makanan di sebuah
rumah makan. Bila dulunya hanya bisa melayani makan di tempat, maka inovasinya
bisa dengan memberikan layanan jasa antar/delivery.
Contoh lainnya, jika dahulu semua transaksi dicatat
secara manual, kamu bisa membuat inovasi untuk meningkatkan efisiensi
operasional usahamu dengan mengimplementasikan aplikasi
kasir online.
2. Sebagai Pembeda atau Ciri Khas Bisnis
Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau
menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama. Jika
ingin berinovasi pada produk, maka kembangkan produk itu hingga memiliki
keunggulan atau spesifikasi khusus yang tidak ada di pasaran. Dengan begitu,
suatu bisnis bisa memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri, baik dalam hal
produk maupun identitas.
Contohnya produk kue brownies. Bila biasanya brownies
menggunakan bahan baku standar yaitu tepung terigu, maka kali ini diciptakan
brownies dengan bahan baku wortel atau ubi.
3. Menarik Lebih Banyak Konsumen
Setelah melakukan inovasi dalam bisnis, kamu nantinya berpeluang besar
untuk menarik banyak konsumen lebih banyak dari sebelumnya. Konsumen memang
menyukai hal-hal yang baru dan cenderung lebih unik dan yang memang mereka
sukai.
Contohnya pada bisnis alat tulis. Pulpen berwarna-warni
dengan bentuk yang menarik akan lebih disukai oleh konsumen daripada pulpen
dengan model standar.
4. Menciptakan Pasar Baru di Tengah Masyarakat
Tujuan lain inovasi dalam bisnis adalah untuk menciptakan
pasar baru di masyarakat. Produk yang diberi inovasi memberikan fitur dan
perkembangan terbaru yang akan menarik minat masyarakat. Sehingga masyarakat
tertarik untuk membeli produk tersebut. Inovasi tidak selamanya memberikan
perkembangan tetapi kadang juga melakukan pengurangan fitur.
Contohnya produk telepon pintar. Beberapa fitur seperti
kualitas kamera atau kapasitas memori dikurangi sehingga hadirlah sebuah produk
baru dengan harga yang lebih murah. Produk baru ini nantinya akan menciptakan
pasar baru yang mengincar harga yang lebih murah dengan produk yang tidak jauh
berbeda kualitasnya.
III. KESIMPULAN
Inti dari semuanya adalah sebagai pebisnis kamu memang
sepatutnya selalu tahu dan paham apa yang sedang terjadi di pasar, agar bisa
menentukan kreativitas dan inovasi apa yang cocok untuk bisnismu dalam upaya
untuk terus mampu memenuhi kebutuhan pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar