KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA
Oleh : Bayoe Aditya Dwi Prasetya (@S09-BAYOE)
PENDAHULUAN
Pada awal tahun 2020 ini semua negara di dunia disibukkan oleh pandemi Covid 19. Hal tersebut menyebabkan banyak negara fokus pada bagaimana caranya untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga masalah ekonomi dan masalah lainnya menjadi prioritas kesekian. Pada sektor ekonomi akan mengalami resesi. Ekonomi Indonesia mengalami kontraksi hingga minus 5,3% pada kuartai II -2020, begitu pula negara-negara lainnya. Di sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) terdampak pula adanya pandemi tersebut. Apalagi setelah diterapkan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Basar) di perbagai kota di Indonesia omzet penjualan mengalami penurunan yang sangat drastis. Sehingga hal ini menuntut pelaku usaha (wirausaha) untuk membuat cara-cara baru dalam menjual hasil produknya, seperti penjualan dengan online dan sebagainya. Jadi wirausaha harus lebih kreatif dan inovatif dalam membuat produk dan atau jasanya untuk memenuhi kebutuhan dan keingnan konsumen. Pengusaha dapat bekerja lebih efektif dan efisien berkat adanya kreativitas dan inovasi. Dengan demikian diharapkan akan terus ada pengembangan produk dan jasa yang baru. Sehingga pengusaha itu dapat menemukan peluang baru dalam menjalankan bisnisnya. Terutama dalam masa-masa sulit seperti sekarang ini dibutuhkan kretavitas dan inovasi untuk menunjang usahanya
A. PENGERTIAN KREATIFITAS
Kreatifitas Rhodes (Munandar:2012), mengatakan kreativitas dapat di definisikan ke dalam empat jenis dimensi sebagai ) yaitu dimensi Person, Proces, Press dan Product sebagai berikut;
a. Definisi kreativitas dalam Dimensi Person. Definisi pada dimensi person adalah upaya mendifinisikan kreativitas yang berfokus pada individu atau person dari individu yang dapat disebut kreatif.
b. Definisi kreativitas dalam Dimensi Proces. Definisi pada dimensi proses adalah upaya mendefinisikan kreativitas yang berfokus pada proses berfikir sehingga memunculkan ide±ide unik dan kreatif.
c. Definisi kreativitas dalam Dimensi Product.
Definisi pada dimensi produk merupakan upaya mendefinisikan kreativitas yang
berfokus pada produk atau apa yang di hasilkan oleh individu baik sesuatu yang
baru/original atau sebuah elaborasi atau penggabungan yang inovatif.
d. Definisi kreativitas dalam Dimensi Press.
Definisi dan pendekatan kreativitas yang menekankan faktor press atau dorongan,
baik dorongan internal (diri sendiri berupa keinginan dan hasrat untuk mencipta
atau bersibuk diri secara kreatif), maupun dorongan eksternal dan lingkungan
sosial dan psikologis.
A. PENGERTIAN INOVASI
Inovasi adalah kreativitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat di implementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki. Jadi untuk senantiasa dapat berinovasi memerlukan kecerdasan kreatif (Creative Intelligence). Inovasi menurut Goman (Rusdiana, 2014) adalah penerapan secara praktis ide kreatif. Inovasi dapat diwujudkan dengan adanya kreativitas yang cukup tinggi. Kreativitas adalah kemampuan untuk menerapkan sesuatu yang baru ke dalam kehidupan kita. Banyak perusahaan yang maju dan berkembang sampai detik ini karena melakukan kreativitas dan inovasi. Banyak waralaba dari luar negeri yang telah menerapkan hal ini dalam bisnisnya bertahan sampai hari ini,
HASIL DAN PEMBAHASAN
Beberapa dari hasil penelitan menguatkan bahwa
kreativitas dan inovasi mempunyai
hubungan atau korelasi
yang kuat ditunjukan
dengan beberapa penelitian
dibawah:
Kreativitas
menurut (Rusdiana, 2014)
adalah sebagai keahlian
untuk membuat ide-ide baru dan menemukan metode-metode baru dalam
melihat suatu masalah dan peluang. Jadi
kreativitas merupakan keahlian
seseorang dalam membuat ide-ide
atau gagasan-gagasan dengan
berpikir kreatif untuk membuatsesuatu yang
baru. Sehingga ide
yang ditemukan tersebut
dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat dan
menciptakan peluang untuk menghasilkan laba dari usahanya tersebut. Wirausaha
yang kreatif akan dapat membuat peluang menjadi sesuatau yang menghasilkan dan
juga akan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru
Inovasi
menurut Goman (Rusdiana, 2014) adalah penerapan secara praktis ide kreatif.
Inovasi dapat diwujudkan dengan adanya kreativitas yang cukup tinggi.
Kreativitas adalah kemampuan untuk menerapkan sesuatu yang baru ke dalam
kehidupan kita. Banyak perusahaan yang maju dan berkembang sampai detik ini
karena melakukan kreativitas dan inovasi. Banyak waralaba dari luar negeri yang
telah menerapkan hal ini dalam bisnisnya bertahan sampai hari ini.
Contoh sederhana adalah seorang wirausaha menjual
singkong keju, setelah tes pasar pelanggan begitu menyukainya, sehingga terjual
habis.
Menurut Hadiyati (2011) wirausaha atau entrepreneur
adalah berasal dari kata wira dan usaha. Wira artinya kesatria, gagah berani,
luhur, sedangkan usaha adalah suatu kegiatan yang produktif.. Umumnya wirausaha
tidak bekerja di sektor pemerintah, tetapi
bekerja di perusahaan
sendiri. Jadi wirausaha menciptakan usaha sendiri yang baru
yang inovatif dengan risiko yang ada dan memanfaatkan peluang-peluang, serta
menghadapi persaingan, sehingga usahanya tumbuh menjadi besar. Untuk
mendapatkan peluang wirausaha harus mempunyai berbagai skill dan ilmu pengetahuan yaitu kemampuan untuk
menghasilkan produk dan jasa baru, menghasilkan nilai tambah baru, merintis
usaha baru atau teknik baru dan mengembangkan perusahaan baru (Rusdiana,
2014).
Menurut Saragih, (2017) kewirausahaan adalah
merupakan kemampuan kreatif dan inovatif dan teliti melihat peluang serta
selalu terbuka untuk menerima setiap masukan dan perubahan yang positif yang
mampu membawa usahanya terus berkembang.
Mustikawati (2014) memberikan kesimpulan bahwa,
melalui proses inovasi UKM (Usaha Kecil
dan Menengah) Sentra
Malang, terbukti mampu mengembangkan produk
baru serta melakukan
pengembangan pada pasar sehingga dapat
bertahan hidup. Inovasi
yang telah dilakukan
dipergunakan sebagai dasar dalam berbisnis untuk meningkatkan keunggulan
kompetif dalam jangka panjang.
Penelitian Hadiyati (2011) menyimpulkan bahwa
kreativitas dan inovasi berpengaruh secara simultan terhadap kewirausahaan
dengan variabel inovasi yang mempunyai pengaruh yang lebih besar.
Kesimpulan
Dua kata
yang selalu bergandengan
dalam dunia bisnis
yaitu kata kreativitas dan
inovasi. Kreativitas yaitu berkaitan dengan ditemukannya ide-ide baru tentang
suatu produk dan
inovasi adalah bagaimana
cara mengimplementasikan kreativitas tersebut. Sebuah produk akan di
beli oleh pelanggan tergantung dari produk itu
dapat memenuhi selera pelanggannya atau tidak. Misalnya bentuknya,
warnanya, ukurannya, fitur-fiturnya juga harga dan pelayanannya disesuaikan
dengan selera pelanggannya, Produk harus diciptakan dengan berbagai
perbedaan (diferensiasi) dengan
usaha sejenis, sehingga konsumen dapat memilih dan memilah
mana produk yang baik menurutnya
REFERENSI
Saragih, R.
(2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan
Kewirausahaan Sosial,. Jurnal Kewirausahaan, 3(2)
Alma, B. (2017).
Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum. Bandung: Alfabeta.
Hadiyati, E.
(2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil.
Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar