Permasalahan yang di hadapi oleh industri kecil banyak dialami, antara lain masalah
dari dalam
setiap unit usaha, masalah eksternal dalam hubungannya dengan supplier, buyer
atau konsumen dan pesaing, serta kemajuan
teknologi informasi yang erat berhubungan dengan era globalisasi.
Rendahnya tingkat pendidikan pada
pelaku industri kecil menjadikan wawasan bisnis mereka menjadi sangat sempit,
semangat kewirausahaan yang rendah, dan tidak mempunyai manajemen usaha. Para pengusaha besar menggunakan
teknologi produksi yang lebih canggih sehingga mampu menghasilkan barang dengan
kualitas yang lebih tinggi dan dengan volume produksi yang lebih banyak. Kondisi
ini menyebabkan produksi
dari usaha-usaha produksi kecil kalah dalam persaingan, yang mengakibatkan satu
persatu mengalami kebangkrutan.Oleh karena
itu pelaku industry kecil harus mempunyai motivasi untuk mengambangkan
usahanya.
Motivasi Usaha
Menurut Hasibuan (2000:85) motivasi
adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang,
agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala
daya dan upaya untuk mencapai kepuasan.
Setiap
orang mempunyai motivasi yang berbeda-beda dalam berwirausaha, Seseorang yang
mempunyai motivasi tinggi ia akan terus berusaha melakukan yang terbaik untuk
memulai usaha, Percaya diri akan kemampuan untuk optimis dan mandiri, tidak
cepat puas atas hasil yang diperoleh sehingga dapat menemukan inovasi baru dan
berkembang serta mempunyai tanggung jawab yang tinggi untuk mempertimbangkan
konsekuensi yang ada, merupakan perbuatan yang dilakukan para pengusaha sukses.
Menurut
Wiratmo (1996) dalam Sinarasri,dkk (2012)
mengatakan bahwa individu yang
berminat berwirausaha tidak
hanya ingin mengejar
keuntungan saja, kepuasan utama adalah
keinginan untuk berprestasi. sedangkan menurut Mc Clelland (1987) dalam sinasari,dkk (2012) mengatakan
bahwa orang-orang yang
motif berprestasinya tinggi memang
seharusnya tertarik pada
dunia bisnis dan
dapat melakukannya dengan baik. Karena dunia bisnis membutuhkan
orang-orang yang berani mengambil resiko sedang, mau memikul tanggungjawab pribadi
dan selalu membuka
diri terhadap umpan
balik orang lain
yang berkaitan dengan usaha-usaha dalam menggunakan cara-cara baru atau
inovatif.
Berikut
adalah cara agar dapat termotivasi untuk menjadi pengusaha yang hebat
- Mengubah pola pikir
Bukanlah hal yang mudah merubah
kebiasaan kita sehari-hari namun perubahan bukanlah hal yang mustahil dilakukan
jika kita berani dalam mengambil tindakan.
ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha
menurut McGrath dan MacMillan (2000) dalam Sari (2017):
Ø Pengusaha sangat bersemangat dalam
melihat atau mencari peluang-peluang baru
Ø Pengusaha mengejar peluang dengan
disiplin yang ketat
Ø Pengusaha hanya mengejar peluang
yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang laun yang belum jelas
Ø Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
Ø Pengusaha mengikutsertakan energy
setiap orang yang berbeda dalam jangkauan mereka
- Motivasi berprestasi
Seseorang
yang meyakini bahwa dirinya mampu mengengelola kelebihan dan kelemahanya dengan
baik, maka semakin yakin bahwa dirinya dapat berprestasi. Seseorang minat
berwirausaha karena adanya sesuatu motif, yaitu motif berprestasi. David C.
McClelland (1987) mengelompokan motivasi menjadi tiga motif social yaitu:
kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan afisiliasi.
dalam sari (2017).
- Memanfaatkan kekuatan pikiran bawah sadar
Dengan
menghayal atau berimajinasi dapat memotivasi seseorang dengan menggunakan
kekuatan yang terfokus pada keinginan untuk merasakan sesuatu kesenangan yang
mampu menimbulkan energy positif dalam hidup
Keberhasilan Usaha
Menurut Luk (1996) berkaitan dengan faktor penentu keberhasilan
usaha industri kecil, hasil penelitiannya menemukan bahwa keberhasilan usaha
kecil ditandai oleh inovasi, perilaku mau mengambil resiko. Begitu juga hasil
penelitian Murphy dalam sumber yang sama menemukan bahwa keberhasilan usaha
kecil disumbangkan oleh kerja keras, dedikasi, dan komitmen terhadap pelayanan
dan kualitas.
Contoh pengusaha yang telah sukses dari 0
Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang nyentrik dan tegas. Kesuksesannya
merintis bisnis dari nol di bidang perikanan dan penerbangan membuatnya
dianggap layak menjabat
Susi hanya mengantongi ijazah SMP lantaran drop out saat SMA. Dia lebih
memilih berbisnis sebagai pedagang pengepul ikan di Pangandaran ketimbang
sekolah. Perhiasannya dia jual untuk memodali bisnis itu.
Bisnis perikanan Susi kian maju dari tahun ke tahun. Akhirnya, dengan
meminjam dari bank, dia membeli sebuah pesawat untuk mempermudah pengangkutan
produk lautnya. Kemudian dia menambah satu demi satu pesawat dan mendirikan
maskapai Susi Air yang melayani carteran serta rute di pedalaman
Kesimpulan
siapapun dapat menjadi pengusaha yang sukses
dengan menciptakan peluang sekecil apapun terus berinovasi untuk
bersaing dengan pengusaha lain serta berani mengambil resiko merupakan
hal yang dilakukan oleh pengusaha sukses
Daftar Pustaka
Sari,ika.2017.motivasi
menjadi pengusaha sukses, mengalahkan mitos.modul kewirausahaan 1. Universitas
Mercubuana. 2018
Sinarasri, Andwiani dkk.2012.pengaruh
latar belakang pendidikan terhadap motivasi kewirausahaan mahasiswa.Jurnal
Unimus. 2012[N1]
Chamdan Purnama. 2010. Motivasi dan Kemampuan
Usaha Dalam meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Kecil. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
(STIE) Al-Anwar Mojokerto. 2010
Suryanto.2010. Motivasi dan
Kemampuan Usaha Dalam meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Kecil. Fakultas
Ekonomi, Unievrsitas Dr. Soetomo Surabaya. 2010
Ernani Hadiyati.2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Fakultas
Ekonomi Universitas Gajayana Malang , JURNAL
MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL.13, NO. 1, MARET 2011: 8-16. 2011
https://blog.duitpintar.com/5-kisah-pengusaha-ukm-yang-sukses-memulai-bisnis-dari-nol/
@K01-Richa @Startup K01
BalasHapusPenjelasan yg sangat jelas dan memberi banyak informasi!
@k36-Cintya @startup-k07 informasinya sangat menarik
BalasHapus