BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Adanya banyak peluang yang tersedia untuk membuka suatu usaha atau bisnis
baru, dengan memunculkan suatu gagasan atau ide, keyakinan dan niat untuk
merintis usaha baru untuk ditekuni.
Salah satu peluang usaha yang memunculkan ide baru dengan membuat inovasi baru serta menguntungkan berbagai pihak yaitu dengan membuka usaha Ayam Goreng Kremes. Keuntungan yang menguntungkan berbagai pihak dengan membuat Ayam Goreng Kremes terutama bagi wirausaha sendiri adalah dapat mengetahui biaya sehingga dapat memperoleh keuntungan atau laba yang lebih besar.
Salah satu peluang usaha yang memunculkan ide baru dengan membuat inovasi baru serta menguntungkan berbagai pihak yaitu dengan membuka usaha Ayam Goreng Kremes. Keuntungan yang menguntungkan berbagai pihak dengan membuat Ayam Goreng Kremes terutama bagi wirausaha sendiri adalah dapat mengetahui biaya sehingga dapat memperoleh keuntungan atau laba yang lebih besar.
Peluang usaha untuk merintis usaha masih terbuka lebar yaitu suatu usaha
dalam hal makanan berat yaitu Ayam Kremes. Hal ini disebabkan karena terjadinya
peluang yang masih terbuka luas, adanya bahan-bahan yang mudah didapatkan,
mudah dalam pengerjaannya serta harga yang relatif terjangkau.
Ayam Kremes ini dapat disebut makanan utama/berat karena setiap orang pasti
menyukai ayam sebagai lauk makan. Oleh karena itu banyak sekali yang
menyukai Ayam Goreng Kremes ini. Dengan merintis usaha yang dikenal banyak
orang tetapi dengan rasa yang lebih lezat ditambah sambal terasinya yang banyak
disukai orang, merupakan suatu pilihan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan
keuntungan yang cukup besar bagi pemiliknya.
Berdasarkan adanya faktor-faktor di atas seperti adanya peluang,
tersedianya bahan-bahan, sedikit pesaing dan banyak diminati, maka merintis
suatu usaha Ayam Goreng Kremes merupakan suatu pilihan usaha yang cukup kuat
dan tepat.
1.2 Tujuan
1. Mengembangkan inovasi terbaru yaitu
ayam kremes sambel jablay
2. Memanfaatkan peluang kerja yang ada
1.3 Manfaat
Agar masyarakat indonesia mampu mencicipi olahan makanan dengan inovasi yag
baru dan memiliki gizi yang baik yang ada di dalamnya.
BAB II
TARGET PASAR
2.1 Konsumen
Target pasar
yang diingin kan yaitu mahasiswa, maupun
orang dewasa. Karena menu yang ditawarkan sangatlah terjangkau bagi kalangan
menegah kebawah
BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skil Dan Pengetahuan
Awalnya
saya mempunyai planning atau kemauan untuk membuka usaha kuliner ayam kremes
sambel jablay yaitu ibu saya dulu pernah membuka usaha warung ayam bakar yang
berlokasi di rumah sendiri maka saya membuat inovasi terbaru dari usaha ibu
saya yaitu membuat sambel yang berbeda dari segi rasa dan beberapa cabai yang
dipakai pada umumnya dibuat cabai.
3.2 Kerja sama atau Jaringan
Ayam
yang kita produksi adalah ayam yang masih hidup dan mempunyai patner kerja dengan rumah potong
ayam. Jadi ayam dipotong dengan keadaan hidup dan disaksikan langsung dengan
pembeli maka ayam tersebut sangat fresh.
3.3 Tenaga
kerja
Untuk
saat ini tenaga kerja yang dibutuhkan masih 1 orang maka biaya yang harus dikeluarkan lebih
sedikit . maka di saat ada pesanan maka saya bantu agar lebih cepet dan tepat
waktu.
3.4 Kualitas
Kualitas
yang kami punya banyak masyrakat yang menyukai dan memberi saran yang baik
untuk kuliner ayam kremes sambal jablay ini karena mempunyai rasa yang berbeda
dari sambal yang biasanya.
BAB IV
Keuntungan
Bisnis
Keuntungan
bisnis yang dapat dari usaha ini
adalah untuk mengembangkan usaha kuliner
dan mengembangkan inovasi terbaru di zaman modern sekarang.
BAB V
Kendala Bisnis
Kendala bisnis
disaat pasokan bahan baku lagi mahal dan labilnya harga ayam.
BAB VI
Strategi
Pemasaran
Dalam
hal strategi Penjualan akan lebih banyak berkaitan dengan Masalah
Distribusi,Penyajian,dan tempat Penjualan. Strategi yang biasanya dianut untuk
Pemasaran produk dengan skala kecil,bersifat home industri,berupa makanan
biasanya adalah menganut penjualan langsung tanpa perantara,hal ini sangat
berlainan sekali dengan Produk produk food maupun Produk non food yang sudah
berskala industri menengah atas yang suka atau tidak suka harus menggunakan
jasa Distributor untuk memasarkannya. Namun demikian guna mengantisipasi
penjualan mungkin dapat dilakukan dengan cara cara baru dimana kita tidak
menunggu Konsumen namun justru kita yang mendatanginya.
BAB VII
Kunci Sukses
Kunci
kesuksesan dalam menajlani usaha kuliner ini adalah jujur, tkesabaran dalam
menghadapi kesulitan yang di hadapi, teliti dalam bekerja, konsisten dalam
menjalani usaha, memberikan dan melayani konsumen dengan baik dan ramah.
BAB VIII
PERINCIAN BIAYA KEUANGAN
Adapun biaya-biaya keuangan yang akan dilampirkan untuk melengkapi proposal
ini ialah rincian biaya bahan baku, biaya perlengkapan dan peralatan, biaya
promosi, biaya gaji dan makan karyawan, biaya listrik dan air.
A. Biaya bahan baku,
No.
|
Bahan
|
Volume
|
Satuan
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Ayam
|
6
|
Ekor
|
Rp. 40.000,00
|
Rp. 240.000,00
|
2.
|
Beras
|
3
|
Kg
|
Rp. 10.000,00
|
Rp. 30.000,00
|
3.
|
Cabe
|
1
|
Kg
|
Rp. 30.000,00
|
Rp. 30.000,00
|
4.
|
Terasi
|
5
|
Bungkus
|
Rp. 500,00
|
Rp. 2.500,00
|
5.
|
Gula putih
|
½
|
Kg
|
Rp. 6.000,00
|
Rp. 6.000,00
|
6.
|
Tomat
|
½
|
Kg
|
Rp. 8.000,00
|
Rp. 8.000,00
|
7.
|
Garam
|
1
|
Bungkus
|
Rp. 1.500,00
|
Rp. 1.500,00
|
8.
|
Bawang Putih
|
½
|
Kg
|
Rp. 8.000,00
|
Rp. 8.000,00
|
9.
|
Telur
|
5
|
Butir
|
Rp. 1.500,00
|
Rp. 7.500,00
|
10.
|
Tepung Beras
|
1
|
Kg
|
Rp. 10.000,00
|
Rp. 10.000,00
|
11.
|
Ketumbar
|
1
|
Bungkus
|
Rp. 1.000,00
|
Rp. 1.000,00
|
12.
|
Timun
|
1
|
Kg
|
Rp. 8.000,00
|
Rp. 8.000,00
|
13.
|
Kemangi
|
3
|
Ikat
|
Rp. 4.000,00
|
Rp 12.000,00
|
TOTAL
|
Rp. 367.500,00
|
B. Biaya
peralatan dan perlengkapan,
No.
|
Bahan
|
Volume
|
Satuan
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Booth
|
1
|
Unit
|
Rp.
2.000.000,00
|
Rp. 2.000.000,00
|
2.
|
Meja Kompor
|
1
|
Unit
|
Rp. 750.000,00
|
Rp. 750.000,00
|
3.
|
Kompor Gas
Kecil
|
1
|
Unit
|
Rp. 500.000,00
|
Rp. 500.000,00
|
4.
|
Gas Kecil
|
4
|
Buah
|
Rp. 20.000,00
|
Rp. 80.000,00
|
5.
|
Wajan
|
1
|
Buah
|
Rp. 100.000,00
|
Rp. 100.000,00
|
6.
|
Sutil
|
1
|
Buah
|
Rp. 20.000,00
|
Rp. 20.000,00
|
7.
|
Jepitan
|
1
|
Buah
|
Rp. 25.000,00
|
Rp. 25.000,00
|
8.
|
Saringan
minyak
|
1
|
Buah
|
Rp. 25.000,00
|
Rp. 25.000,00
|
9.
|
Baskom
|
1
|
Buah
|
Rp. 25.000,00
|
Rp. 25.000,00
|
10.
|
Toples besar
untuk ayam
|
3
|
Buah
|
Rp. 100.000,00
|
Rp. 300.000,00
|
11.
|
Toples bumbu
|
2
|
Buah
|
Rp. 40.000,00
|
Rp. 80.000,00
|
12.
|
Mangkok besar
|
1
|
Buah
|
Rp. 30.000,00
|
Rp. 30.000,00
|
13.
|
Sendok besar
|
3
|
Buah
|
Rp. 15.000,00
|
Rp. 45.000,00
|
14.
|
Sendok sedang
|
6
|
Buah
|
Rp. 5.000,00
|
Rp. 30.000,00
|
15.
|
Staples
|
1
|
Buah
|
Rp. 18.000,00
|
Rp. 18.000,00
|
16.
|
Kursi
|
3
|
Buah
|
Rp. 75.000,00
|
Rp. 225.000,00
|
17.
|
Kotak nasi
|
100
|
Buah
|
Rp. 1.000,00
|
Rp. 100.000,00
|
18.
|
Rice cooker
|
1
|
Buah
|
Rp.300.000,00
|
Rp. 300.000,00
|
19.
|
Tabung gas
|
1
|
Buah
|
Rp.150.000,00
|
Rp.150.000,00
|
20.
|
Mangkok kecil
|
2
|
Buah
|
Rp. 10.000,00
|
Rp. 20.000,00
|
TOTAL
|
Rp. 4.823.000,00
|
C. Biaya
Promosi
No.
|
Keterangan
|
Volume
|
Satuan
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Spanduk usaha
|
3x2,5
|
M
|
Rp. 25.000
|
Rp. 200.000,00
|
2.
|
Brosur
|
200
|
Lembar
|
Rp. 1.000
|
Rp.200.000,00
|
TOTAL
|
Rp. 400.000,00
|
D. Biaya
gaji dan makan karyawan
No.
|
Keterangan
|
Biaya /hari
|
Biaya / bulan
|
1.
|
1 orang
|
Rp. 50.000,00
|
Rp.
1.300.000,00
|
TOTAL
|
Rp.
1.300.000,00
|
E. Biaya
listrik dan air
No.
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1.
|
Biaya Listrik
& Air & Sewa tempat
|
Rp. 300.000,00
|
F. Menghitung
Harga Jual
No.
|
Keterangan
|
Kapasitas
Produksi
|
Harga/ Unit
|
Jumlah ( Rp )
|
1.
|
Ayam Goreng
Kremes + nasi
|
10
|
Rp. 17.000,00
|
Rp. 170.000,00
|
2.
|
Ayam goreng sambel jablay+ nasi
|
10
|
Rp. 15.000,00
|
Rp. 150.000,00
|
3.
|
Ayam Penyet sambel jablay
|
10
|
Rp. 17.000,00
|
Rp. 170.000,00
|
Total / Hari
|
30
|
Rp. 490.000,00
|
||
Total / Bulan
|
900
|
Rp. 14.700.000,00
|
G. Margin
Keuntungan yang Diharapkan 30 %
Harga Jual
Produk Perbulan
|
Margin
Keuntungan yang Diharapkan 30 %
|
Rp. 14.700.000,00
|
Rp. 4.410.000,00
|
Dan
dari penjelasan diatas biaya yang di keluarkan untuk anggaran ialah :
1. Biaya bahan
baku :
Rp. 367.500,00
2. Biaya peralatan &
promosi :
Rp. 4.823.000,00
3. Biaya gaji & makan
karyawan :
Rp. 1.300.000,00
4. Biaya
Gas :
Rp 500.000,00
5. Biaya listrik & air & sewa
tempat :
Rp 300.000,00
6. Biaya
Lain-lain : Rp 200.000,00
Rp. 7.523.500,00
BAB XI
KESIMPULAN
Dari pembahasan yang telah dijelaskan di atas dapat diambil kesimpulan
bahwa usaha Ayam goreng kremes ini dapat membuka peluang usaha yang cukup besar
dengan memperkuat konsep dan pemasaran yang akan dilakukan agar usaha ini lebih
maju dan lebih besar lagi. Dan dengan konsep pemasaran yang saya jelaskan
diatas jelas konsumen akan menjadi sangat merasa penasaran dengan usaha saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar