BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Haus
Nasionalisme, merupakan bisnis distro online yang menawarkan pakaian dengan
desain gambar dan teks unik yang dapat menunjukkan identitas kita sebagai warga
Indonesia serta mengobarkan rasa nasionalisme kita. Pemilihan nama dan
kepanjangan Lest Look & Wear
(L2&W) memiliki maksud yang pertama, ditijau dari kepanjangannya,
adalah desain yang khas tentang Indonesia yang dapat mengobati rasa haus
nasionalisme warga Indonesia.
Maksud kedua, ditinjau dari singkatannya yang artinya “lakukan di rumah” ini merujuk pada cara pemesanan yang sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah masing-masing konsumen, yaitu dengan mengakses web blog dan memesannya secara online. Selain kemudahan untuk mengakses Lest Look & Wear (L2&W) juga menawarkan pakaian dengan desain menarik bagi para konsumen yang ingin mengenakan pakaian dengan menunjukkan ke-Indonesia-annya dan rasa cinta tanah airnya. Sebagai upaya memperluas jangkauan konsumen maka Lest Look & Wear (L2&W) akan bekerjasama dengan distro-distro di daerah Indonesia untuk menitipkan produk.
Maksud kedua, ditinjau dari singkatannya yang artinya “lakukan di rumah” ini merujuk pada cara pemesanan yang sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah masing-masing konsumen, yaitu dengan mengakses web blog dan memesannya secara online. Selain kemudahan untuk mengakses Lest Look & Wear (L2&W) juga menawarkan pakaian dengan desain menarik bagi para konsumen yang ingin mengenakan pakaian dengan menunjukkan ke-Indonesia-annya dan rasa cinta tanah airnya. Sebagai upaya memperluas jangkauan konsumen maka Lest Look & Wear (L2&W) akan bekerjasama dengan distro-distro di daerah Indonesia untuk menitipkan produk.
Keunggulan produk-produk Lest Look &
Wear (L2&W) dengan menjaga elemen-elemen utama yang di tawarkan di Lest Look & Wear (L2&W), antara
lain:
·
Bahan
pakaian yang berkualitas tinggi dan nyaman dipakai.
·
Jahitan
pakaian yang rapi.
·
Metode
pemasaran yang unik.
·
Desain
kaos yang bagus dan dibuat dalam jumlah terbatas.
·
Jaminan
mutu dan kejujuran bisnis online.
Tahap awal dari bisnis ini adalah membuka tempat utama produksi dan penyimpanan
dalam rumah sendiri di Jl.Jeruk purut Jakarta Selatan dan menjualnya dengan
online dan dari mulut ke mulut.
Identifikasi Peluang Bisnis
Kaos
merupakan barang-barang produk distro yang menjadi menu wajib untuk memunuhi
style sandang rakyat Indonesia, para pemuda khususnya. Trend tingkat
perekonomian Indonesia yang semakin baik menjadikan daya beli masyarakat
semakin meningkat pula, sehingga masyarakat mulai beranjak memilih barang
dengan desain dan style yang menarik.
Pakaian yang
bertuliskan dan bergambar tentang tempat serta sesuatu yang khas negara lain
sering dijumpai di pasar dalam negeri, seperti kaos dan topi dengan
tulisan New York, LA, Sydney, Texas, dan lain-lain. Warga Indonesia
sangat sulit untuk mencari pakaian dengan desain gambar dan teks mengenai
negara sendiri, Indonesia, kecuali di tempat wisata dan stadion olahraga. Maka
dari itu terobosan pakaian Lest Look
& Wear (L2&W) dengan desain gambar dan teks mengenai sesuatu yang
khas dari Indonesia akan sangat laku di negerinya sendiri dan dapat mengobati
rasa “haus nasionalisme” warga Indonesia.
Penjelasan Produk
Produk yang
akan ditawarkan oleh Lest Look &
Wear (L2&W) adalah pakaian dengan desain gambar dan teks mengenai
Indonesia. Sebagai awal berdirinya akan diproduksi adalah Kaos dan Sweter
hodie.
Kaos adalah
jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut.
Kaus oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Bahan yang
digunakan untuk membuat kaus oblong Lest
Look & Wear (L2&W)adalah cotton combed yang nyaman
digunakan. Kaos akan diproduksi dengan ukuran S, M, L, dan XL, untuk ukuran HS,
XXL, serta XXXL dapat dipesan khusus dan menunggu pemesanan hingga 10 unit
dengan desain yang sama.
Tujuan
Tujuan
dalam membangun bisnis terbagi menjadi dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan
khusus, antara lain sebagai berikut:
Tujuan umum :
·
Membuat
pakaian dengan tema Indonesia yang unik dan menarik
·
Mendapatkan
keuntungan dari bisnis ini
Tujuan Khusus :
·
Meningkatkan
rasa kecintaan para masyarakat pada Indonesia
·
Menarik
perhatian masyarakat dengan desain unik serta teks yang menambah rasa
nasionalisme yang terdapat pada kaos
·
Memberikan
pilihan kaos dengan desain yang kental akan budaya khas Indonesia
·
Mengobati
rasa haus nasionalisme yang selama ini semakin terasa menurun dari masyarakat
Indonesia
Manfaat
Manfaat
yang diharapkan dari bisnis Lest Look
& Wear (L2&W)ini adalah sebagai berikut:
·
Sebagai
ajang promosi tempat-tempat serta budaya khas Indonesia pada masyarakat lewat
desain kaos ini
·
Menjadi
ajang menunjukkan nasionalisme dengan memakai kaos yang berdesain khas budaya
Indonesia
·
Sebagai
penawar dominasi pakaian dengan desain yang khas luar negeri
BAB II
ANALISA SWOT
Keunggulan
produk (Strength)
·
Desain
yang unik
·
Terbuat
dari bahan yang
nyaman
·
Teks
dengan kata-kata yang menarik tentang
Indonesia
·
Gaya
jaman sekarang
Kelemahan
(Weakness)
·
Modal
yang dibutuhkan cukup
besar
·
Tempat
pemasaran
·
Peralatan
yang kurang
memadai
·
Pengalaman
bisnis yang
kurang
Opportunities
·
Bahan-bahanya
mudah di
dapatkan
·
Cara
pemesanan yang mudah dilakukan lewat
internet
·
Banyaknya
konsumen karena cocok untuk semua usia
·
Banyak
distro dan tempat pemasaran yang bisa diajak berkerja sama
·
Banyak
anak muda yang mencari kaos dengan desai
unik dan menarik
Threat
·
Adanya
pesaing usaha
serupa
·
Ketidakpercayaan
konsumen akan bisnis online
·
Produk
baru yang belum dipatenkan, ada tindakan plagiat
BAB III
PERENCANAAN BISNIS
DISTRIBUSI
PRODUK
Dikarenakan
masih tahap awal memulai bisnis ini serta sifat bisnisnya online, saya belum
berencana untuk membuka sebuah kios khusus untuk pemasaran produk. Saya
berencana membuka pusat Lest Look &
Wear (L2&W) di Jeruk Purut Jakarta Selatan untuk proses produksi dan
penyimpanan. Pemasaran akan dilakukan dengan cara menjual ataupun dari mulut ke
mulut Selain itu produk Lest Look &
Wear (L2&W)juga bisa dipesan secara online, dan untuk melihat
produk-produknya dapat dilakukan di web blog resmi yang akan segera di-release dan
dipublikasikan sejalan dengan produk awal.
PENGEMASAN
Produk
ini akan dikemas dengan plastik pembungkus kaos agar tetap rapi dan teratur
sampai di rumah serta dibungkus lagi kresek yang bergambarkan logo Lest Look & Wear (L2&W)
LOKASI USAHA
Lokasi usaha
direncanakan di rumah yang beralamatkan Jl. Jeruk Purut Jakarta Selatan sebagai
tempat proses produksi dan penyimpanan produk. Tempat pemasaran dibagi menjadi
dua, yang pertama di dunia maya, yaitu terpusat pada web blog resmi Lest Look & Wear (L2&W). Untuk
tempat pemasaran yang kedua adalah dari mulut ke mulut dari orang ke orang.
Pasar yang
dituju
:
1.
Segmen1: Pasrah/introvert Wall Flower
2.
Segmen2: Gaul Glam/ The Networking Pleasure Seeker
3.
Segmen3: Orang Alim/ Confident establish.
4.
Segmen4: Anak Nongkrong/ The change expect Lad
Pelaku konsumen
sasaran:
Majunya
teknologi, terutama IT (information technology) yang mempunyai indikasi
meningkatnya aktivitas manusia di dunia maya/internet. Begitu pula dengan
sasaran konsumen Lest Look & Wear
(L2&W)yang sering beraktivitas di jejaring sosial sampai melakukan
transaksi secara online
Salah satu
periaku konsumen di Indonesia khususnya anak muda sekarang adalah berbelanja
mengikuti perkembangan model masa kini. Tempat berbelanja umumnya adalal di
Mall, Distro, dan Pasar. Perilaku konsumtif masyarakat indonesia merupakan
salah satu cirri masyarakat Indonesia yang mudah menerima produk baru yang
dikeluarkan.
Berbelanja di
Distro sudah merupakan kebiasaan dari anak muda baik di daerah perkotaan maupun
daerah pedesaan. Salah satu kebiasaan anak muda untuk mengikuti perkembangan
jaman dengan membeli barang bermerk.
BAB IV
Tingkat
persaingan
Tingkat
pesaing yang ada cukup banyak mengingat banyaknya produsen kaos di daerah
Indonesia, selain itu bisnis online semakin berkembang dan pengusaha bisnis
online juga semakin banyak.
MODAL
Untuk spesifikasi harga yang
disurvei :
- Kaos reglan :
1
kaos reglan M katun Combed : Rp 29.500
1 kaos reglan L katun combed : Rp.34.000
1 kaos reglan XL katun combed : Rp.36.000
1 kaos reglan XXL katun combed : Rp.40.000
- Jaket Hoody :
1 jaket bahan hoody L: Rp 80.000
1 jaket bahan hoody M : Rp 80.000
KEUNTUNGAN
Perkirann dalam satu barang kaos reglan maupun
sweater hoody lumayan buat sehari-hari Dalam
baju reglan dari harga : reglan Rp29.500 – Rp 40.000 bisa menjual Rp 70.000 per
barang maka dapat Rp 30,000 - Rp 40.000.
Dan dalam sweater hoody dari harga Rp 80.000 bisa
menjual Rp100.000 hingga Rp110.000 maka keuntungan yang diperoleh Rp20.000 -
Rp30.000
BAB V
KESIMPULAN
Dari pembahasan
yang telah dijelaskan diats dapat diambil kesimpulan bahwa usaha baju Lest Look & Wear (L2&W) ini dapat
membuka peluang usaha yang cukup besar dengan memperkuat konsep dan pemasaran
yang akan dilakukan agar usaha ini lebih maju dan lebih besar lagi. Dan dengan
konsep pemasaran yang saya jelaskan diatas akan menjadi konsumen merasa puas
dan pensaran dengan barang-barang yang terbaru lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar