Yang
biasa disingkat PGN adalah sebuah BUMN yang bergerak di bidang transmisi dan
distribusi gas bumi.
Semula perusahaan gas di Indonesia adalah perusahaan gas swasta Belanda yang bernama I.J.N Eindhoven & Co yang berdiri sejak tahun 1859 dengan memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara.
Semula perusahaan gas di Indonesia adalah perusahaan gas swasta Belanda yang bernama I.J.N Eindhoven & Co yang berdiri sejak tahun 1859 dengan memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara.
Proses
peralihan kekuasaan terjadi di akhir Perang Dunia II pada Agustus 1945, saat
jepang menyerah kepada sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pemuda dan
buruh listrik melalui delegasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas yang bersama-sama
dengan pimpinan KNI Pusat berinisiatif menghadap Soekarno untuk menyerahkan
perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Indonesia.
Perusahaan
ini yang pada awalnya mengalirkan gas buatan dari batu bara dan minyak dengan
terknik catalytic reforming yang tidak ekonomis lalu diganti dengan mengalirkan
gas alam pada 1974 di Cirebon. Konsumennya adalah sektor rumah tangga,
komersial dan industri. Setelah Cirebon kemudian di susul wilayah Jakarta pada
tahun 1979, Bogor tahun 1980, Medan tahun 1985, Surabaya pada 1994, dan
Palembang pada tahun 1996. Berdasarkan kinerja yang terus mengalami peningkatan,
pada 1984 statusnya berubah menjadi Perusahaan Umum Gas Negara dan kemudian
pada tahun 1994 statusnya ditingkatkan lagi menjadi PT Perusahaan Gas Negara
(Persero).
Distribusi Gas Bumi
PGN
mengoperasikan jalur pipa distribusi gas sepanjang lebih dari 3.750 Km,
menyuplai gas bumi ke pembangkit listrik, industri, usaha komersial, serta
rumah tangga yang pandat penduduknya di Indonesia.
Unit Bisnis Strategi
PGN
membagi area bisnisnya menjadi empat Unit Bisnis Strategi dengan fokus
geografis masing-masing:
· SBU Distribusi Wilayah I, mencakup area
Sumatera Selatan, Lamung, hingga Jawa Barat
· SBU Distribusi Wilayah II, mencakup area Jawa
Timur, Semarang, Tarakan dan Sorong.
· SBU Distribusi Wilayah III, mecakup Sumatera
Utara, Riau (Pekanbaru), dan Kepulauan Riau (Batam).
·
SBU Transmisi, mecakup jaringan transmisi di
Sumatera Selatan dan Jawa.
PROFIL PT PERUSAHAAN GAS NEGARA
(PERSERO)
Komitmen Yang Kuat Untuk Memberikan
Solusi Energi Baik
Pertumbuhan
berkelanjutan dan pengembangan bergantung pada aman, cukup dan handal pasokan
energi bersih, harga terjangkau.
Indonesia
beruntung memiliki cadangan gas alam signifikan, yang terbesar di wilayah Asia
Pasifik, meskipun hal ini tidak selalu terletak di tempat yang paling
membutuhkan. PGN telah mengangkut dan mendistribusikan gas di Indonesia untuk lebih
dari satu setengah abad, membawa energi vital untuk kekuatan generasi, dan
industri, penggunaan komersial dan rumah tangga.
Hari
ini, PGN membangun pada dasar-dasar begitu kokoh berdiri selama beberapa dekade
dan berkembang dari sebuah perusahaan transmisi dan distribusi gas menjadi
penyedia solusi energi terpadu, memaksimalkan pemanfaatan gas alam untuk
memenuhi semakin meningkat dan semakin menantang tuntutan industri modern dan
masyarakat.
PGN
adalah pemimpin, spesialis dan pemain dominan di pasar berkembang yang memiliki
potensi besar untuk pertumbuhan di masa depan. Gas alam adalah sumber energi
'bersih' yang akan mendorong pembangunan Indonesia dan yang mempengaruhi
kehidupan orang-orang di mana-mana, sehari-hari. PGN adalah perusahaan yang
menyediakan energi, sekarang dan di masa depan. PGN terus mendorong amplifikasi
rantai industri gas alam sebagai solusi energi berkelanjutan baik.
Visi
Menjadi
perusahaan energi kelas dunia pemanfaatan gas alam.
Misi
Untuk
meningkatkan nilai organisasi pemangku kepentingan oleh:
- Memperkuat bisnis inti dalam gas alam transportasi dan perdagangan
- Mengembangkan bisnis gas manufaktur
- Mengembangkan operasional, pemeliharaan dan teknik bisnis yang terkait dengan industri
- Minyak dan gas keuntungan dari sumber daya dan aset perusahaan dengan mengembangkan bisnis lainnya
Budaya PGN
Budaya
korporasi mewakili nilai-nilai dan filosofi bahwa semua orang di perusahaan
telah setuju, membentuk dasar kita harus membangun pada, dan arah kita harus
mengikuti, jika PGN adalah untuk mencapai tujuannya. Budaya korporasi
didefinisikan dalam lima nilai, disingkat ProCISE, yang menggabungkan 10 kunci
perilaku:
Ø Profesionalisme
Memiliki
tingkat kompetensi yang tepat untuk memberikan hasil yang bagus dan bertanggung
jawab atas semua keputusan dan tindakan.
Ø Continuous
Peningkatan,
selalu mencari untuk berbuat lebih baik melalui inovasi, dan menjadi
beradaptasi untuk mengubah.
Ø Integrity
Bersikap
jujur dengan diri sendiri dan orang lain, dan etika dan konsisten dalam
pikiran, perkataan dan perbuatan.
Ø Safety
Memaksimalkan
kesehatan dan keselamatan melalui disiplin dan konsistensi dan merawat
lingkungan sosial maupun alam.
Ø Excellent
Layanan
mencapai kepuasan maksimal untuk pelanggan internal dan eksternal dengan
menanggapi dengan cepat, proaktif dan memberikan layanan prima.
Liputan6.com,
Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus mengembangkan
jaringan distribusi gas bumi di berbagai wilayah Indonesia. Baru saja, PGN
menyelesaikan pembangunan jaringan di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur.
Sales
Head Area Sidoarjo PT PGN, Andaya Saputra mengatakan, sebanyak 228 rumah tangga
di perumahan Tropodo Indah, desa Tropodo, Kecamatan Waru, Sidoarjo, siap untuk
mendapatkan pasokan gas bumi yang bersih, efisien, aman serta mudah dari PGN.
“Di
Perumahan Tropodo ini total ada 550 rumah, sebagian sudah kita pasok gas bumi,
sisanya ada 228 rumah agi yang secepatnya akan kita alirkan gas bumi” kata
Andaya, Andaya, keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (23/8/2016).
PGN
juga melakukan sosialisasi penggunaan gas bumi untuk rumah tangga, seperti
kegiatan bertemu langsung dengan pelanggan PGN dalam rangka menyambut HUT RI ke
71 dengan acara bertajuk Melangkah Sehat Bersama Energi baik, berlokasi di
Perumahan Tropodo Indah.
“Kegiatan
tersebut selain sosialisasi gas bumi efisien, bersih dan aman, juga
mensosisalisasikan manfaat gas bumi tak hanya untuk memasak, tapi juga
digunakan untuk pemanas air, jadi bisa mandi tiap hari pakai air panas,” ungkap
Andaya.
Seperti
diketahui, hingga saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi
mencapai lebih dari 7.100 Km. Jumlah ini setara 76% dari total pipa gas bumi
nasional. Sampai dengan kuartal I 2016, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih
dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 UKM, mall, hotel, rumah sakit,
restoran, serta 1.576 industri skala besar dan pembangkit listrik.
Pelanggan
PGN tersebut tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan
Riau, Riau, Sumatra Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa
Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara sampai Papua. (Pew/Gdn)
Sumber:
m.liputan6.com/bisnis/read/2583772/pgn-perluas-jaringan-gas-di-sidoarjo
@A45-PUTRI
BalasHapusIsi mindmap terlalu banyak dan sebaiknya jangan menggunakan sumber Wikipedia lebih baik dari web perusahaan nya saja :)
@A38-TIANA
BalasHapussumbernya terlalu sedikit, keterangannya terlalu meluas,
Sebaiknya menulis dengan mempertimbangkan sumber lainnya juga.terimakasih
A47-MOZA
BalasHapusMenurut saya artikel ini sudah keren Namun seharusnya bisa lebih dikembangkan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami lagi dan lebih spesifik lagi penjelasannya.
A48-NITA
BalasHapusMenurut saya artikel ini sudah baik. Namun lebih baik mind map nya dibuat lebih menarik agar pembaca tertarik untuk membaca artikel ini.
@A10-Siti: artikel sudah bagus. Hanya saja di maindmap sebaiknya mencantumkan point saja.
BalasHapus