Keunggulan PT Mayora Indah Menarik Konsumen Sampai Pasar Global
PT Mayora kini tidak hanya memasarkan produknya di Indonesia saja ,
namun sudah mampu untuk bersaing di Pasar Global. Terbukti dengan beberapa
produknya yang terkenal dantara lain Biskuit dengan pabrik biskuit terbesar di
Asia Tenggara (Marie Roma, Slai O’lai, Better, Danisa dan Sari Gandum), Permen
yang menjadi salah satu pelopor permen kopi dan menjadi merek permen nomor 1 di
dunia (Kopiko, Kis, dan Tamarin), Wafer & Chocolate yang menjadi pelopor
hadir-nya wafer roll dan coklat pasta dengan kualitas tinggi (Astor, Beng-beng,
Superstar, Zuperr Keju, dan Choki-choki), Kopi yang merupakan produsen kopi
instan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara (Torabika Brown Coffe, Torabika
3inOne, Torabika Cappucino), Mayora Nutrition (Energen Oat Milk), Bubur (Super
BUbur), Mie Instan (Mie Gelas), Minuman (Vitazone, Teh Pucuk Harum & Kopiko
78°C) dan beberapa varian produk lainnya. Saat ini produk-produk tersebut telah
didistribusikan ke lebih dari 52 negara di dunia seperti Amerika Serikat,
Australia, Belanda, Jerman, Jepang, Iran, Italia, Inggris, Spanyol, Korea
Selatan, Saudi Arabia, Portugal dan beberapa negara lainnya.
Dibalik
kesuksesannya dalam memproduksi produk yang berkualitas dan disukai banyak
orang serta sampai di ekspor ke Luar Negeri dan merajai pasar di tujuan Negara tersebut.
Ada beberapa keunggulan yang dimiliki PT Mayora Indah Tbk. PT Mayora Indah
memmiliki keunggulan dalam kualitas, diferensiasi dan inovasi produk yang
didukung dengan strategi pemasaran yang berfokus kepada konsumen yang menjadi
andalan untuk dapat bersaing di Luar Negeri. PT Mayora berpedoman terhadap kualitas,
diferensiasi dan inovasi produk karena tidak hanya dapat untuk menarik konsumen
untuk membeli produk yang ditawarkan namun dapat meningkatkan produk yang
dihasilkan agar tetap dapat bersaing di pasar Luar Negeri. Selain itu, Sumber
Daya manusia juga sangat berperan penting dalam perkembangan perusahaan ini
yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis. Adanya Proses,
karena dengan proses yang terstruktur membuat Mayora lebih cepat dan efektif
dalam mengambil suatu keputusan agar produknya tepat sasaran dan cepat sampai
ke konsumen. Dan tak lupa juga dengan brand, merek-merek
andalan nya seperti seperti Roma, Torabika, Beng-Beng, Astor, Kopiko dan masih
banyak lagi, adalah merek yang memiliki unsur heritage yang
kuat, yang mampu membuat ikatan emosional di hati konsumen sehingga dapat
bertahan di top of mind konsumen sampai saat ini.
Dalam meningkatkan ekspor adapun manajemen yang dilakukan oleh PT Mayora Indah seperti Pertama,
fokus geografis, dalam hal ini memetakan negara-negara yang memiliki
potensi pasar besar, yang dapat memberikan dorongan pertumbuhan
secara signifikan. Kedua, investasi dalam penelitian konsumen, guna
memahami secara mendalam sikap dan perilaku konsumen untuk mengidentifikasi
kebutuhan yang berbeda di setiap negara. Ketiga, investasi sumber daya
manusia, high profile local talent recruitment. Keempat, investasi infrastruktur seperti
membangun sistem jaringan distribusi di negara bersangkutan
untuk mencapai more effective route to market.
Dengan
Inovasi- inovasi terbaru yang selalu ditingkatkan dan dikembangkan oleh PT
Mayora yang mampu memperkuat perusahaan tersebut tidak hanya untuk menarik konsumen
di pasar dalam negeri namun di luar negeri juga. Hal tersebut membuktilan bahwa
visi & misi yang menjadi acuan PT Mayora berhasil untuk diimplementasikan
dalam perusahaannya, berikut Visi & Misi PT Mayora Indah :
- Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas
dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan
menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
- Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata
industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders
Perseroan.
- Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.
PT Mayora Indah juga mendapat penghargaan :
- Top 100 Exporter Companies in Indonesia dari Majalah SWA
- Top Five Best Managed Companies in Indonesia dari Asia Money
- Top 100 public listed companies (2009-2010) oleh Investor Magazine Indonesia
- Best Manufacturer of Halal Products (2004) Majelis Ulama Indonesia
- Sertifikat SNI ISO 9001:2008
- Sertifikat ISO 22000:2005
Sumber :
http://profil.merdeka.com/indonesia/m/mayora-indah/
http://swa.co.id/swa/trends/marketing/mayora-indah-produknya-merajai-pasar-dunia
http://www.mayoraindah.co.id/profil/
Informasi mengenai pt mayora ada yang kurang seperti apa saja produk yang pt mayora pasarkan dan juga harga saham pt mayora tidak disebutkan . @B04-PRIMA
BalasHapus@B10-YUNITA
BalasHapusUntuk desain mindmap sudah bagus, namun masih ada yang kurang seperti produk mayora ini sudah dipasarkan kemana saja di Indonesia dan juga luar Indonesia (jika ada) dan juga makna dari logo mayoranya belum ada kenapa pt mayora memilih logo tersebut untuk identitas perusahaannya, dan juga struktur organisasinya juga belum ada. Saran untuk simbol2 seperti tangan, gedung, dan sub2 mindmap dibuat seperti yangbagian manajemen dan divisi, karena menggurangi keindahan mindmap karena menutupi shape dialog
@b01-vinny
BalasHapusdesain mindmap yang dibuat sudah sangat bagus dan lengkap tetapi tidak terdapat motto dari pt mayora sendiri dan di dalam mindmap tidak terdapat produk-produk apa saja yang di jual oleh pt mayora
@B02-RAUDA
BalasHapusArtikel ini sudah cukup bagus, namun masih kurang diinformasikan nama yang mendirikan PT Mayora tersebut. dan juga tidak dijelaskan PT Mayora ini bekerjasama dengan perusahaan mana saja.
@B11-NINGSIH
BalasHapusArtikel ini sudah bagus dan cukup lengkap. kekurangannya cuma di penjelasan sama siapa pt mayora bekerja sama dan apa saja produk-produknya. sedangkan mind mepp-nya sudah cukup bagus.
@B05-YAP
BalasHapusmind mapping pada artikel ini sudah cukup bagus tetapi penjelasannya untuk hal yang sedikit penting dari informasi perusahaan PT MAYORA masih kurang.
B41- Diaz
BalasHapusMainmaping nya sudah bagus dan lengkap beegitupun penjelasannya